Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Roundtable Berbantuan Media Gambar Seri Dalam Meningkatkan Kemampuan Menulis Cerita Pendek Pada Siswa Sekolah Dasar

Authors

  • Hamelia Agustina Universitas Jambi

DOI:

https://doi.org/10.22437/gentala.v5i1.9424

Abstract

Penelitian ini di laksanakan berdasarkan pada pelaksanaan proses pembelajaran yang dilakukan guru di sekolah. Permasalahan yang ditemui masih banyak siswa yang kesulitan dalam menulis, khususnya menulis suatu cerita pendek. Hal ini terbukti dari rendahnya perolehan nilai siswa dalam evaluasi menulis cerita pendek. Penelitian ini merupakan penilitian tindakan kelas ( PTK ) yang bertujuan untuk mengetahui penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe roundtable berbantuan media gambar seri dalam meningkatkan kemampuan menulis cerita pendek pada siswa SD. Penelitian dilaksanakan dalam tiga siklus. Subjek penelitian adalah siswa kelas VI SDN No. 93/I Lopak Aur yang berjumlah 26 siswa, dimana data yang diambil yaitu berupa data observasi melalui lembar observasi kinerja guru dan aktivitas siswa yang dilakukan pada setiap proses pembelajaran Penilitian ini dilakukan 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan,observasi dan refleksi.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Roundtable berbantuan media gambar seri dapat meningkatkan kemampuan menulis cerita pendek siswa kelas VI  di SD Negeri 93/I Lopak Aur.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2020-06-01 — Updated on 2020-06-01

Versions

How to Cite

Agustina, H. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Roundtable Berbantuan Media Gambar Seri Dalam Meningkatkan Kemampuan Menulis Cerita Pendek Pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Gentala Pendidikan Dasar, 5(1), 78-90. https://doi.org/10.22437/gentala.v5i1.9424