This is an outdated version published on 2020-06-01. Read the most recent version.

Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Roundtable Berbantuan Media Gambar Seri Dalam Meningkatkan Kemampuan Menulis Cerita Pendek Pada Siswa Sekolah Dasar

DOI:

https://doi.org/10.22437/gentala.v5i1.9424

Keywords:

model roundtable, media gambar seri, kemampuan menulis, cerita pendek

Abstract

Penelitian ini di laksanakan berdasarkan pada pelaksanaan proses pembelajaran yang dilakukan guru di sekolah. Permasalahan yang ditemui masih banyak siswa yang kesulitan dalam menulis, khususnya menulis suatu cerita pendek. Hal ini terbukti dari rendahnya perolehan nilai siswa dalam evaluasi menulis cerita pendek. Penelitian ini merupakan penilitian tindakan kelas ( PTK ) yang bertujuan untuk mengetahui penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe roundtable berbantuan media gambar seri dalam meningkatkan kemampuan menulis cerita pendek pada siswa SD. Penelitian dilaksanakan dalam tiga siklus. Subjek penelitian adalah siswa kelas VI SDN No. 93/I Lopak Aur yang berjumlah 26 siswa, dimana data yang diambil yaitu berupa data observasi melalui lembar observasi kinerja guru dan aktivitas siswa yang dilakukan pada setiap proses pembelajaran Penilitian ini dilakukan 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan,observasi dan refleksi.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Roundtable berbantuan media gambar seri dapat meningkatkan kemampuan menulis cerita pendek siswa kelas VI  di SD Negeri 93/I Lopak Aur.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aqib, Z. (2013). Model-Model, Media, dan Strategi Pembelajaran Kontekstual. Bandung: Yrama Widya.
Aruan, L. (2015). Model Pembelajaran Kooperatif Roundtable Terhadap Kemampuan Menulis Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Jerman.
Audina,M & Idham, M. (2018). Penggunaan Media Gambar Seri pada Pembelajaran Menulis Teks Negoisasi di Kelas X SMAN Unggul Tunas Bangsa Aceh Barat Daya, Jurnal Bahasa dan Sastra 12(1)
Budayani, I. (2015). Penerapan Metode Pembelajaran Roundtable Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Inggris Pada Siswa Kelas VIII-5 SMP Negeri 30 Pekanbaru Tahun Ajaran 2015-2016. Jurnal Ilmu Pendidikan Sosial, Sains, dan Humaniora 1(1).
Fahlevi, M.R. (2019). Peningkatan Kerja Sama dan Hasil Belajar Siswa Kelas VI pada Pembelajaran IPS Melalui Model Make A Match di SDN 117/X Muara Sabak Timur.
Hendarini, A. D. (2016).Peningkatan Keterampilan Menulis Cerita Pendek dengan Menggunakan Model Pembelajaran Berbasis Pengalaman pada Sisa Kelas X SMA.
Huda, T. P. (2016). Penerapan Model Kooperatif Tipe Roundtable dalam Pembelajaran Menulis Teks Eksposisi Pada Siswa Kelas X SMA. Riksa Bahasa 2(2).
Imamsyah, Suhartono, Warsiti. (2013). Penggunaan Media Gambar Seri dalam Peningkatan Keterampilan Menulis Karangan bagi Siswa Kelas V SD
Mahanurani, I., Setiawan, T.B., Oktavianingtyas, E. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Roundtable Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Pada Pokok Bahasan Segitiga Kelas VII SMP Negeri 2 Pasirian Tahun Ajaran 2015/2016.Jurnal Kadikma 7(1).
Mastini, Suwandi, S., Sumarwati. (2016). Peningkatan Keterampilan Menulis Cerpen Melalui Metode Pembelajaran Berbasis Pengalaman dan Media Audio Visual Pada Sekolah Menengah Pertama. Jurnal S2 Pendidikan Bahasa Indonesia 1(1).
Muliantara, I.K., Tastra, I.D.K., Arini, N.W. (2014). Penerapan Media Gambar Seri Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Narasi Pada Siswa Kelas III Sekolah Dasar Negeri 5 Sudaji Kecamatan Sawan. Jurnal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha 2(1).
Noviasari. F. (2017). Penerapan Model Kooperatif Teknik Roundtable untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Sejarah Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 1 Punggur Tahun Ajaran 2016/2017.
Nutabonis, S. (2017). Peningkatan Keterampilan Menulis Karangan Narasi Melalui Penggunaan Media Gambar Seri. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar 7(6).
Tambak, S. (2017). Metode Cooperative Learning dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Jurnal Al-hikmah 14(1).
Yulmaliza. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Roundtable dapat Meningkatkan Hasil Belajar pada Pokok Bahasan Aritmatika Sosial di Kelas VII 8 SMP Negeri 10 Pekanbaru. Jurnal Pendidikan dan Keguruan 9(2).

Downloads

Published

2020-06-01

Versions

How to Cite

Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Roundtable Berbantuan Media Gambar Seri Dalam Meningkatkan Kemampuan Menulis Cerita Pendek Pada Siswa Sekolah Dasar. (2020). Jurnal Gentala Pendidikan Dasar, 5(1), 78-90. https://doi.org/10.22437/gentala.v5i1.9424