Upaya Meningkatkan Aktivitas Belajar Matematika Pokok Bahasan Bangun Datar Melalui Model Kooperatif Stad Pada Siswa Kelas III SDN 144/I Biring Kuning

Authors

  • Giyanto Giyanto mahasiswa

DOI:

https://doi.org/10.22437/gentala.v7i2.9292

Keywords:

Hasil Belajar, Bangun Datar, Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk memperbaiki dan memperbaiki proses pembelajaran yang mengarah pada perbaikan proses pembelajaran matematika karena hasil belajar siswa kelas III SDN No.144/I Biring Kuning masih belum mencapai KKM yang ditetapkan. 65, sedangkan rata-rata siswa hanya mencapai 50. Hal ini disebabkan guru kurang efektif dalam memilih model pembelajaran sehingga siswa merasa jenuh dalam pembelajaran. Untuk mengatasi hal tersebut peneliti memilih model pembelajaran kooperatif tipe STAD untuk meningkatkan proses pembelajaran matematika siswa III SDN No.144/I Biring Kuning. Penelitian dilaksanakan pada siswa kelas 16 SDN No.144/I Biring Kuning yang berjumlah 16 siswa pada semester ganjil tahun 2012. Penelitian dilaksanakan dalam 2 siklus, setiap siklus dilaksanakan dua kali pertemuan pembelajaran. Data kuantitatif diperoleh melalui tes hasil belajar dan data kualitatif tentang aktivitas guru dan siswa melalui lembar observasi. Hasil analisis kuantitatif menunjukkan bahwa rata-rata skor hasil belajar matematika siswa kelas III SDNNo.144/I Biring Kuning mengalami peningkatan. Pada siklus I rata-rata skor hasil belajar matematika berada pada kategori “cukup†dan pada siklus II terjadi peningkatan hasil belajar pada kategori “baikâ€. Secara kualitatif terjadi peningkatan motivasi, minat, dan keaktifan siswa, serta aktivitas guru dalam proses pembelajaran Matematika Bangun Datar melalui pembelajaran kooperatif tipe STAD. STAD (Student Teams-Achievement Division) efektif untuk meningkatkan motivasi siswa, karena STAD (Student Teams-Achievement Division) mementingkan struktur penghargaan sebagai bentuk penguatan atas apa yang telah dilakukan siswa. Penghargaan merupakan salah satu hal yang dapat meningkatkan motivasi. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa dengan penerapan pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan proses pembelajaran matematika siswa kelas III SDN No.144/I Biring Kuning.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

— Updated on 2022-12-31

How to Cite

Giyanto, G. (2022). Upaya Meningkatkan Aktivitas Belajar Matematika Pokok Bahasan Bangun Datar Melalui Model Kooperatif Stad Pada Siswa Kelas III SDN 144/I Biring Kuning. Jurnal Gentala Pendidikan Dasar, 7(2), 234-245. https://doi.org/10.22437/gentala.v7i2.9292