Peran Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Implementasi Pendidikan Karakter Di Sekolah Dasar

Authors

  • M Salam Jambi University

DOI:

https://doi.org/10.22437/gentala.v2i2.6814

Abstract

Abstrak. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peran kepemimpinan kepala sekolah dalam implementasi pendidikan karakter. Selain itu juga untuk mengetahui faktor pendukung dan faktor penghambat dalam implementasi pendidikan karakter. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi partisipasi pasif, wawancara terpimpin, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis data model Spradley. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa kepala sekolah menjalankan perannya sebagai leader, tampak dari sikap kepala sekolah yang ramah, bertanggung jawab, mendidik, dan merangkul semua warga sekolahnya. Sebagai manager, kepala sekolah memiliki beberapa strategi dan kepala sekolah melibatkan seluruh warga sekolah bahkan kepala sekolah juga turut melibatkan orang tua siswa. Selanjutnya, sebagai supervisor kepala sekolah secara langsung terjun kelapangan, melakukan mentoring terhadap guru-guru melalui program S.I.G, serta melakukan evaluasi langsung disetiap akhir semester dan dibukukan menjadi laporan tahunan kepala sekolah.

 Kata Kunci : Implementasi, Pendidikan, Karakter

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2017-12-08 — Updated on 2017-12-08

Versions

How to Cite

Salam, M. (2017). Peran Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Implementasi Pendidikan Karakter Di Sekolah Dasar. Jurnal Gentala Pendidikan Dasar, 2(2), 329-345. https://doi.org/10.22437/gentala.v2i2.6814