Penilaian Kemampuan Menulis Karangan Deskriptif Siswa Sekolah Dasar

Authors

  • Imam Suwardi Wibowo Universitas Jambi

DOI:

https://doi.org/10.22437/gentala.v2i2.6813

Abstract

Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan menulis karangan deskriptif siswa kelas VA SD Negeri No.55/1 Sridadi Kecamatan Muara Bulian Kabupaten Batanghari. Metode penelitian ini adalah deskriptif kualitatif.Hasil Penelitian kemampuan menulis karangan deskriptif yang meliputi unsur kejelasan penggambaran lengkap objek yang diamati, organisasi isi karangan ide pokok, organisasi isi karangan penyusunan paragraf, tata bahasa, dan ejaan dan tata tulis. Dari hasil pengolahan data, dua puluh tujuh orang siswa yang menjadi subjek penelitian memperoleh nilai rata-rata dengan rincian sebagai berikut : 2 orang siswa dengan nilai rata-rata 77,5, 1 orang siswa dengan nilai rata-rata 72,5, 1 orang siswa dengan rata-rata 70, 3 orang dengan nilai rata-rata 67,5,  5 orang siswa dengan nilai rata-rata 65, 1 orang dengan nilai rata-rata 62,5,  6 orang dengan nilai rata-rata 60, 1 orang dengan nilai rata-rata 57,5 dan 5 orang dengan nilai rata-rata 52,5.  Dari hasil penelitian dan pembahasan penelitian dapat disimpulkan bahwa  kemampuan menulis karangan deskriptif siswa kelas VA SD Negeri NO.55/1 Sridadi Kecamatan Muara Bulian Kabupaten Batanghari tahun pelajaran 2015/2016 tergolong kriteria kualitas kemampuan cukup mampu, dengan nilai rata-rata 62,12.

Kata Kunci : Menulis, Karangan, Deskripsi

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2017-12-08 — Updated on 2017-12-08

Versions

How to Cite

Wibowo, I. S. (2017). Penilaian Kemampuan Menulis Karangan Deskriptif Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Gentala Pendidikan Dasar, 2(2), 310-328. https://doi.org/10.22437/gentala.v2i2.6813