Pengelolaan Perpustakaan Sekolah Sebagai Sumber Belajar Siswa Sekolah Dasar

Authors

  • Irma Suryani Universitas Jambi

DOI:

https://doi.org/10.22437/gentala.v2i2.6812

Abstract

Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan pengelolaan perpustakaan sebagai sumber belajar siswa di SDN 13/I Muara Bulian. Metode penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif dengan subjek 1 kepala sekolah, dan 1 pegawai perpustakaan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan langkah-langkah reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan pengelolaan perpustakaan sebagai sumber belajar belum berjalan secara optimal karena masih memiliki banyak kekurangan, seperti 1) gedung yang belum memenuhi syarat, 2) peralatan dan perlengkapan yang belum lengkap, 3) tata ruang perpustakaan, 4) koleksi bahan pustaka masih sedikit, 5) kurangnya tenaga pustakawan, 6) pelayanan yang masih belum diawasi, 7) dan belum adanya tata tertib perpustakaan yang jelas. Hal-hal tersebut membuat siswa kurang terdorong untuk menjadikan perpustakaan sebagai sumber belajar. 

 

Kata Kunci : Pengelolaan, Perpustakaan

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2017-12-08 — Updated on 2017-12-08

Versions

How to Cite

Suryani, I. (2017). Pengelolaan Perpustakaan Sekolah Sebagai Sumber Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Gentala Pendidikan Dasar, 2(2), 292-309. https://doi.org/10.22437/gentala.v2i2.6812