Analisis Strategi Guru Dalam Pelaksanaan Pengelolaan Kelas Di Sekolah Dasar

Penulis

  • Budi Purnomo Universitas Jambi

DOI:

https://doi.org/10.22437/gentala.v2i2.6809

Abstrak

Abstrak. Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi  guru dalam melaksanakan pengelolaan kelas  pada pembelajaran IPS kelas SDN.186/I Sridadi Muara Bulian. Jenis penelitian deskriptif qualitative. Teknik pengumpulan data observasi dan wawancara. Hasil penelitian yaitu strategi guru dalam pelaksanaan pengelolaan kelas antara lain adalah guru melaksanaan pengorganisasian kelas dengan membentuk organisasi kelas, daftar piket dan tata tertib kelas yang memilki tujuan agar kelas lebih terorganisir dan siswa memiliki arah dalam bertanggung jawab atas kelasnya. Dalam penataan tempat duduk, guru meletakkan siswa sesuai dengan kondisi fisik, fsikologis, dan model pembelajaran yang diterapkan di dalam kelas. Alat-alat pelajaran tetata rapi, ruang kelas terpelihara dengan baik, bersih dan nyaman, pencahayaan cukup, ventilasi berfungsi, serta dinding kelas diberi warna yang menarik utnuk siswa.

Kata Kunci : Analisis, Pengelolaan Kelas

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2017-12-08 — Diperbaharui pada 2017-12-08

Versi

Cara Mengutip

Purnomo, B. (2017). Analisis Strategi Guru Dalam Pelaksanaan Pengelolaan Kelas Di Sekolah Dasar. Jurnal Gentala Pendidikan Dasar, 2(2), 237-255. https://doi.org/10.22437/gentala.v2i2.6809