Kreativitas Guru Dalam Menggunakan Media Pembelajaran Di Kelas V Sekolah Dasar

Authors

  • Panut Setiono Universitas Jambi
  • Intan Rami Universitas Jambi

DOI:

https://doi.org/10.22437/gentala.v2i2.6808

Abstract

Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kreativitas guru dalam menggunakan media pembelajaran di kelas V SDN No.34/I Teratai. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan informan penelitian yaitu guru dan siswa kelas VB SDN No. 34/I Teratai. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui tiga cara yaitu dengan melakukan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru sudah menggunakan media saat dalam pembelajaran, guru menggunakan lebih dari satu media, guru juga memperoleh media dari internet, dari sekolah dan media lingkungan. guru menggunakan media untuk mempermudah siswa belajar dalam upaya memahami materi pelajaran, media juga sesuai dengan materi dan diarahkan untuk mencpai tujuan pembelajaran. Selanjutnya guru melakukan evalusai dan tindak lanjut kepada siswa tentang pembelajaran tersebut. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa dalam pelaksanaan pembelajaran guru telah menggunakan media pembelajaran seperti media gambar, media powerpoint, dan media lingkungan. Sebagian kecil media yang di buat melalui sumber internet. Namun guru belum optimal dalam melaksanakannya, hal ini dapat terlihat saat guru menggunakan media powerpoint masih belom sempurna, dan tidak setiap hari guru menggunakan media pembelajaran untuk mencapai tujuan pembelajaran.

Kata Kunci : Kreatifitas, Media Pembelajaran

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2017-12-08 — Updated on 2017-12-08

Versions

How to Cite

Setiono, P., & Rami, I. (2017). Kreativitas Guru Dalam Menggunakan Media Pembelajaran Di Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Gentala Pendidikan Dasar, 2(2), 219-236. https://doi.org/10.22437/gentala.v2i2.6808