Penerapan Nilai Cinta Tanah Air Pada Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Di Kelas IV Sekolah Dasar

Authors

  • Irzal Anderson Jambi University
  • Maria Ulfa Jambi University

DOI:

https://doi.org/10.22437/gentala.v3i1.6776

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penerapan nilai cinta tanah air pada pembelajaran Pendidikan dan kewarganegaraan di Kelas IV SD Negeri 13/I Muara Bulian. Metode penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif dengan subjek guru kelas IV dan siswa. Data dalam penelitian ini adalah diperoleh dengan 3 cara; yang pertama dengan melakukan observas, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam penerapan nilai cinta tanah air yang dilakukan oleh guru terhadap siswa telah dilakukan guru dengan terlebih dahulu menyiapkan perencanaan, pelaksanaan, dan penilaian dalam menerapkan pembelajaran. Sehingga siswa dapat melaksanakan dan menampakkan bentuk nilai cinta tanah air dalam pembelajaran PKn. Kegiatan inti guru membahas materi pembelajaran tentang organisasi pemerintahan pusat yang meliputi presiden dan wakil presiden, menteri-menteri, dan sistem pemerintahan pusat. Hanya saja terdapat kendala karna kurangnya nilai cinta tanah air siswa terhadap bangsa Indonesia. Sedangkan pada penilaian sikap dan cukup baik tetapi pada penilain pengetahuan masih ada sebagian anak yang belum mencapai indikator sehingga perlu dukungan lagi dari guru.
Kata kunci : Cinta Tanah Air, Siswa Sekolah Dasar

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2018-06-29 — Updated on 2018-06-29

Versions

How to Cite

Anderson, I., & Ulfa, M. (2018). Penerapan Nilai Cinta Tanah Air Pada Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Di Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Gentala Pendidikan Dasar, 3(1), 145-162. https://doi.org/10.22437/gentala.v3i1.6776