Kontribusi Pendekatan Scientific Dalam Proses Pembelajaran Terhadap Keaktifan Belajar Siswa Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.22437/gentala.v3i2.6762Abstract
Abstrak. Tujuan penelian ini adalah untuk mengetahui kontribusi pendekatan scientific terhadap keaktifan belajar siswa sekolah dasar. Jenis penelitian deskriptif kuantitatif. Tempat diadakan penelitian ini adalah SDN No.156/ I Bulian Baru, dengan alamat di Desa Bulian Baru, Kab. Batanghari, Provinsi Jambi. penelitian ini telah dilaksanakan pada tanggal 07-28 September tahun ajaran 2016/2017. sampel penelitian adalah seluruh siswa kelas IV yang berjumlah 27 orang siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan terdapat kontribusi pendekatan scientific dalam pembelajaran terhadap keaktifan belajar siswa diperoleh hasil r hitung = 0,704 dan r table = 0,381. Yang artinya ada kontribusi pendekatan scientific terhadap keaktifan belajar siswa karena t hitung > r tabel (0,704 > 0,381) sehingga memiliki kategori kontribusi yang kuat. Sedangkan untuk uji signifikan diperoleh t hitung = 2,0595 pada taraf signifikan α = 5%, n = 27, dk = n – 2 = 27 – 2 = 25. Hal ini berarti t hitung > t tabel Jadi dapat disimpulkan bahwa terdapat kontribusi yang signifikan antara pendekatan scientific dengan keaktifan belajar siswa kelas IV SDN No.156/I Bulian Baru, Batanghari, Jambi.
Kata kunci : pendekatan saintifik, aktifitas pembelajaran
Downloads
Downloads
Published
Versions
- 2018-12-26 (1)
- 2018-12-26 (1)