Kontribusi Pendekatan Scientific Dalam Proses Pembelajaran Terhadap Keaktifan Belajar Siswa Sekolah Dasar

Authors

  • N Nelyahardi Jambi University
  • A Romi Wahyudin Universitas Jambi

DOI:

https://doi.org/10.22437/gentala.v3i2.6762

Abstract

Abstrak. Tujuan penelian ini adalah untuk mengetahui kontribusi pendekatan scientific terhadap keaktifan belajar siswa sekolah dasar. Jenis penelitian deskriptif kuantitatif. Tempat diadakan penelitian ini adalah SDN No.156/ I Bulian Baru, dengan  alamat di Desa Bulian Baru, Kab. Batanghari, Provinsi Jambi. penelitian ini telah  dilaksanakan pada tanggal 07-28 September tahun ajaran 2016/2017. sampel penelitian adalah seluruh siswa kelas IV  yang berjumlah 27 orang siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan terdapat kontribusi pendekatan scientific dalam pembelajaran terhadap keaktifan belajar siswa diperoleh hasil r hitung = 0,704  dan r table = 0,381. Yang artinya ada kontribusi pendekatan scientific terhadap keaktifan belajar siswa karena t hitung > r tabel (0,704 > 0,381) sehingga memiliki kategori kontribusi yang kuat. Sedangkan untuk uji signifikan diperoleh t hitung  = 2,0595 pada taraf signifikan α = 5%, n = 27, dk = n – 2 = 27 – 2 = 25. Hal  ini berarti t hitung > t tabel Jadi dapat disimpulkan bahwa terdapat kontribusi yang signifikan antara pendekatan scientific dengan keaktifan belajar siswa kelas IV SDN No.156/I Bulian Baru, Batanghari, Jambi.

Kata kunci : pendekatan saintifik, aktifitas pembelajaran

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2018-12-26 — Updated on 2018-12-26

Versions

How to Cite

Nelyahardi, N., & Wahyudin, A. R. (2018). Kontribusi Pendekatan Scientific Dalam Proses Pembelajaran Terhadap Keaktifan Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Gentala Pendidikan Dasar, 3(2), 276-295. https://doi.org/10.22437/gentala.v3i2.6762