Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Melalui Pendekatan Saintifik Di Sekolah Dasar

Authors

  • R Rusnah SDN 125/IX SIMPANG SELAT
  • Oneng Tri Mulya Universitas Jambi

DOI:

https://doi.org/10.22437/gentala.v3i2.6760

Abstract

Abstrak. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa melalui pendekatan saintifik. Metode penelitian ini adalah metode penelitian tindakan kelas. Pengumpulan data pada penelitian ini melalui observasi, Video Pembelajaran dan dokumentasi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV A SDN 55/1 Sridadi yang berjumlah 21 orang, dimana 9  siswa perempuan dan 12 siswa laki-laki pada semester ganjil Tahun Ajaran 2016/2017. Hasil penelitian menunjukkan pada siklus I keterampilan berpikir kritis siswa dengan kategori cukup kritis yaitu sebanyak 7 orang siswa telah berpikir kritis dan pada siklus II terjadi peningkatan dengan katgori baik yaitu sebanyak 15 orang siswa telah berpikir kritis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan langkah-langkah  pendekatan saintifik diantaranya siswa diminta untuk mengamati media (mengamati), guru mendorong siswa untuk bertanya (menanya),  mendorong siswa untuk menggali informasi(menalar), membimbing siswa untuk mencobakan media, mengerjakan latihan berdiskusi (mencobakan), menyampaikan  hasil diskusi (mengkomunikasikan) terbukti dapat meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa.

 

Kata kunci : keterampilan  berpikir kritis, dan pendekatan saintifik.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2018-12-26 — Updated on 2018-12-26

Versions

How to Cite

Rusnah, R., & Mulya, O. T. (2018). Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Melalui Pendekatan Saintifik Di Sekolah Dasar. Jurnal Gentala Pendidikan Dasar, 3(2), 239-256. https://doi.org/10.22437/gentala.v3i2.6760