Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Karakteristik Saintifik

Authors

  • Andi Suhandi Universitas Jambi
  • Rajib Umar Ham Universitas Jambi

DOI:

https://doi.org/10.22437/gentala.v3i2.6752

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan model pembelajaran problem based learning pada mata pelajaran sains di kelas V SD Negeri 187/I Teratai, serta untuk mengetahui peningkatan Karakteristik saintifik siswa kelas V SD Negeri 187/I Teratai.  Jenis penelitian yaitu peneltitan tindakan kelas. Teknik pengumpulan data observasi. Siklus pertama dengan menggunakan model problem based learning rata-rata hanya mencapai 29% dan untuk karakteristik saintifik yang dilakukan hanya mencapai 30% dengan hasil tersebut masih dinyatakan rendah. Pada siklus II dengan menggunakan model problem based learning rata-rata mencapai 57% dan untuk karakteristik saintifik yang dilakukan mencapai 50% dengan hasil ini peningkatan pada siklus II sudah nampak perubahan dari hasil siklus I. Pada siklus III dengan menggunakan model problem based learning rata-rata telah mencapai 94% dan untuk karakteristik saintifik yang dilakukan telah mencapai 92%. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa penerapan model pembelajaran Problem Based Learning pada mata pelajaran sains untuk meningkatkan karakteristik saintifik kelas V SD Negeri 187/I Teratai telah berhasil.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2018-12-26 — Updated on 2018-12-26

Versions

How to Cite

Suhandi, A., & Umar Ham, R. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Karakteristik Saintifik. Jurnal Gentala Pendidikan Dasar, 3(2), 334-352. https://doi.org/10.22437/gentala.v3i2.6752