Penggunaan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ipas Pada Peserta Didik Kelas 4 di SD Negeri Mronjo 02

Authors

  • Istawa Badru Zaman Badru Universitas Negeri Malang
  • Hidayatul Mukaromah 2SD Negeri Mronjo 02

DOI:

https://doi.org/10.22437/gentala.v7i2.26191

Keywords:

PBL, Problem Based Learning

Abstract

Peserta didik kelas IV SD Negeri Mronjo 02 Kecamatan Selopuro Kabupaten Blitar menghadapi kesulitan dalam memahami materi pembelajaran dalam bidang IPAS, yang mengakibatkan rendahnya prestasi belajar. Kesulitan ini disebabkan oleh penggunaan metode pembelajaran yang monoton dan kurangnya minat peserta didik dalam mempelajari materi-materi IPAS. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar peserta didik dalam hal pengetahuan dengan menerapkan model pembelajaran berbasis masalah (PBL). Penelitian ini menggunakan pendekatan gabungan kualitatif dan kuantitatif serta metode penelitian tindakan kelas kolaboratif (PTKK) yang dilaksanakan selama dua siklus. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan dari siklus pertama hingga siklus kedua. Persentase ketuntasan pengetahuan pada siklus pertama sebesar 59,37%, yang kemudian meningkat menjadi 93,75% pada siklus kedua.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arikunto, S. (2013). Prosedur penelitian : Suatu Pendekatan Praktik. PT. Rineka Cipta.

Ariyani, B., & Kristin, F. (2021). Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa SD. Jurnal Imiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 5(3), 353. https://doi.org/10.23887/jipp.v5i3.36230

Cahyo, R. N., Wasitohadi, W., & Rahayu, T. S. (2018). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Ips Melalui Model Problem Based Learning (Pbl) Berbantuan Media Audio Visual Pada Siswa Kelas 4 Sd. Jurnal Basicedu, 2(1), 28–32. https://doi.org/10.31004/basicedu.v2i1.23

Febriani, M. (2021). IPS Dalam Pendekatan Konstruktivisme (Studi Kasus Budaya Melayu Jambi). Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 7(1), 61. https://doi.org/10.37905/aksara.7.1.61-66.2021

Karatas, I., & Baki, A. (2013). The effect of learning environments based on problem solving on students’ achievements of problem solving. International Electronic Journal of Elementary Education, 5(3), 249–267.

Nuraini, F. (2017). PENGGUNAAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS 5 SD. E-Jurnalmitrapendidikan, 1(4), 1–23.

Padmavathy, R. D. (2013). Effectiveness of Problem Based Learning In Mathematics. International Multidisciplinary E-Journal, II(1), 45–51. www.shreeprakashan.com

Pemerintah Republik Indonesia. (1945). Undang-Undang Dasar 1945 Pendidikan dan Kebudayaan (UUD 1945 Pasal 31 ayat 1 ).

Rahmat, E. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa. Jurnal Penelitian Pendidikan, 18(2), 144–159. https://doi.org/10.17509/jpp.v18i2.12955

Sudjana, N. (2011). Hasil Proses Belajar Mengajar. Remaja Rosyadakarya.

Susilowati, D. (2018). Penelitian Tindakan Kelas (Ptk) Solusi Alternatif Problematika Pembelajaran. Jurnal Ilmiah Edunomika, 2(01), 36–46. https://doi.org/10.29040/jie.v2i01.175

Zumbach, J., Kumpf, D., & Koch, S. C. (2004). Using Multimedia to Enhance Problem-Based Learning in Elementary School. Information Technology in Childhood Education Annual, 1(2004), 25–37.

Downloads

Published

2022-12-30

How to Cite

Badru, I. B. Z., & Mukaromah, H. (2022). Penggunaan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ipas Pada Peserta Didik Kelas 4 di SD Negeri Mronjo 02. Jurnal Gentala Pendidikan Dasar, 7(2), 225-233. https://doi.org/10.22437/gentala.v7i2.26191