Analisis Efektivitas Pembelajaran Daring Di Masa Pandemi Covid-19 Di Sd Alazhar Syifabudi Bogor Tahun Ajaran 2021/2022

Authors

  • RESTI FAUJIYAH UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA

DOI:

https://doi.org/10.22437/gentala.v7i2.16336

Keywords:

online, learning

Abstract

This research intended to find out the effectiveness of online learning during the pandemic at Al-Azhar Syifabudi Bogor Elementary School in 2021/2022. The sample in this study was a 6th grader of Al-Azhar Syifabudi Elementary School Bogor. This research is qualitative research with class action methods conducted online on Mathematics subjects. The study was conducted from the 2nd of August to the 2nd of October  2021. The results showed that online learning at Al Azhar Syifabudi Elementary School Bogor runs effectively because all teachers and students have facilities such as computers and smartphones connected to the internet. Evidenced by the learning results of students in cycle 1 that achieve the completion of minimum criteria as much as 80% and in cycle 2 as much as 100%. As well as the presentation of student attendance and liveliness in cycle 1 as much as 90% and in cycle 2 as much as 95%.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Briliannur, Amelia A, dkk. (2020). Analisis Kefektivan Pembelajaran Online di Masa Pandemi Covid-19. Mahaguru : Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar. https://ummaspul.e-journal.id

Aas AFH, Robiah Ad, Prima ARM. (2020). Efektivitas Pembelajaran Daring Di Masa Pandemi Covid-19. Sosial : Jurnal Penelitian Ilmu-Ilmu Sosial. Volume 21 Nomor 2 September 2020. http://sosial.unmermadiun.ac.id/index.php/sosial

Anggraeni, P., & Akbar, A. (2018). Kesesuaian rencana pelaksanaan pembelajaran dan proses pembelajaran. Jurnal Pesona Dasar, 6(2).

Dadang. (2021). Efektivitas Pembelajarn Online Learning pada Masa Pandemi Covid-19 di Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pamulang. Eduka : Jurnal Pendidikan, Hukum dan Bisnis. http://openjournal.unpam.ac.id/index.php/Eduka/index

Damayanthi, A (2020). Efektivitas Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19 pada Perguruan Tinggi Keagamaan Katolik. Edutech 19(3), 2020 : http://ejournal.upi.edu/index.php/edutech/index

DD Dermawan & Sumarni woro. (2020). Efektivitas Pembelajaran Daring Selama Adanya Pandemic Covid 19. Jurnal Seminar Nasional Pascasarjana 2020. Unnes. https://proceeding.unnes.ac.id/index.php/snpasca/article/download/586/504.

Dhoni Z, Subyantoro, dkk. (2021). efektivitas pembelajaran daring masa pandemi covid-19 mata kuliah evaluasi pembelajaran prodi pendidikan bahasa dan sastra jawa FBS UNNES. Piwulang 9 (2) (2021). http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/piwulang

Farida K, Salzabela A, dan Afif A. (2021). upaya peningkatan keaktifan siswa melalui pembelajaran daring dengan menggunakan media google classroom. Jurnal Pendidikan. Vol. 30. No.1, Maret 2021. http://journal.univetbantara.ac.id/index.php/jp

Feryda Indriyanti Putri. (2020). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Dalam Pembelajaran Daring Mata Pelajaran Sosiologi Materi Permasalahan Sosial Yang Disebabkan Oleh Perubahan Sosial Dengan Model Problem Based Learning Melalui Aplikasi Lms “Smaba-El†Di Kelas Xii Ips 1 Sma Negeri 1 Bandongan Tahun Pelajaran 2020/2021. Habitus: Jurnal Pendidikan Sosiologi dan Antropologi. Vol. 4 No. 1 Tahun 2020 hal. 187-201

Franciska AR. (2020). Strategi Meningkatkan Hasil Belajar Selama Pandemi Dengan Aplikasi Google Classroom Pada Materi Usaha Dan Energi. Ideguru : Jurnal Karya Ilmiah Guru. Vol. 5, No.1 Edisi Khusus KBM Pandemi COVID-19.

Hikmat, Endang H, dkk. (2020). Efektivitas pembelajaran daring selama masa pandemi covid-19: sebuah survey online. UIN Sunan Gunung Jati Bandung 2020. http://digilib.uinsgd.ac.id/30625/1/FISIP%20Kelompok%207.pdf

Husain, M. N., & Anggraini, D. (2020). Kampanye Pemasaran Sosial Gemar Membaca Berbasis Media Sosial di Masa Pandemi Covid-19. Prosiding Nasional Covid-19, 1-14

Husain, M. N., & Anggraini, D. (2020). Kampanye Pemasaran Sosial Gemar Membaca Berbasis Media Sosial di Masa Pandemi Covid-19. Prosiding Nasional Covid-19, 1-14.

Kemmis & Mc. Taggart. (2009). The Action Research Planne. Geelong: Dekain University.

Mustakim. (2020). Efektivitas Pembelajaran daring Menggunakan Media Online Selama Pandemi Covid-19 Pada Mata Pelajaran Matematika. Al Asma: Journal of Islamic Education Vol. 2, No.1, May 2020. http://journal.uin-alauddin.ac.id/index.php/alasma/article/viewFile/13646/8447

Nova Is, Sri RIS, dkk. (2020). Efektivitas Pelaksanaan Pengajaran Online Pada Masa Pandemic Covid-19 Dengan Metode Survey Sederhana. Jurnal Dinamika Pendidikan Vol.13, No.2, Juli 2020, pp. 197-203. http://ejournal.uki.ac.id/index.php/jdp

Nur Hasanah dan Mudiono. (2020). Aktifitas Dan Hasil Belajar Daring Melalui Whatsapp Pada Pembelajaran Tematik Muatan Ipa. Jurnal Lentera Pendidikan Pusat Penelitian Lppm Um Metro Vol. 5. No. 2, Desember 2020.

Nurlatifah, Eeng Ahman dkk. (2021). Efektivitas Pembelajaran Online dan Tatap Muka. Pedagonal : Jurnal Ilmiah Pendidikan. http://journal.unpak.ac.id/index.php/pedagonal.

Pakpahan, R., & Fitriani, Y. (2020). Analisa Pemanfaatan Teknologi Informasi dalam Pembelajaran Jarak Jauh di Tengah Pandemi Virus Corona Covid 19. Journal of Information System, Applied, Management, Accounting and Research, 4(2), 30-36.

Saiyah. (2021). Implementasi Aplikasi Google Classroom Pada Mata Pelajaran Ipa Terpadu Selama Pandemi Covid-19 Di Kelas Vii-1 Smp Negeri 2 Tebing Tinggi. Sej (School Education Journal) Vol. 11 No. 1 Juni 2021

Susilana Rudi dan Riyana Cepi. (2018). Media Pembelajaran. Bandung: Wacana Prima.

Tampubolon, Saur. (2014). Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembangan Profesi Guru dan Keilmuan. Jakarta: Penerbit Erlangga.

Utami Santi dan Utami Pipit. (2020). Peningkatan Partisipasi Belajar dan Hasil Belajar Peserta Didik Teknik Audio Video di Masa Pandemi Covid-19 dengan WhatsApp Group. ELINVO(Electronics, Informatics, and Vocational Education), Mei 2020;5(1): 75-88. https://doi.org/10.21831/elinvo.v5i1.34254

WHO. https://covid19.go.id/ diakses pada 7 Desember 2021 pukul 19.30 WIB.

Winaria Lubis. (2020). analisis efektivitas belajar pada pembelajaran jarak jauh (PJJ) di masa pandemi covid-19. Bahastra: Jurnal Pendidikan Bhasa dan Sastra Indonesia. Vol.5, No.1 September 2020. https://jurnal.uisu.ac.id/index.php/Bahastra

Downloads

Published

2022-12-30

How to Cite

FAUJIYAH, R. (2022). Analisis Efektivitas Pembelajaran Daring Di Masa Pandemi Covid-19 Di Sd Alazhar Syifabudi Bogor Tahun Ajaran 2021/2022. Jurnal Gentala Pendidikan Dasar, 7(2), 215-224. https://doi.org/10.22437/gentala.v7i2.16336