This is an outdated version published on 2017-11-28. Read the most recent version.

Kolaborasi Budaya Matematika Berpantun Dan Metode Nht (Number Head Together) Dalam Meningkatkan Minat dan Aktivitas Belajar Matematika Siswa Kelas XII PBK SMK Negeri 1 Singkep Kabupaten Lingga Tahun Pelajaran 2017/2018

DOI:

https://doi.org/10.22437/edumatica.v7i02.4216

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahuiefektifitas  implementasi kolaborasi budaya matematika berpantun dan  metode NHT dalam meningkatkan minat dan aktivitas belajar belajar  siswa kelas XII PBK SMK Negeri 1 Singkep. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan kelas (PTK) dengan dua siklus, setiap siklus terdiri dari tiga  pertemuan. Hasi penelitian menunjukkan terjadi kenaikan aktivitas belajar siswa dari siklus I ke siklus II. Prosentase keberhasilan aktivitas belajar pada siklus I berturut-turut 71,72%,  74,48% dan 75,86%. Pada siklus II prosentase keberhasilan aktivitas belajar meningkat berturut-turut 78,96% dan  81,72% .Skor rata-rata minat belajar matematika  pada siklus I  adalah 70,55 ; 72,94  dan 75,06 kategori cukup. Pada siklus II berturut-berturut 78,78 dan 81,69 kategori baik. Dengan demikian terjadi peningkatan pada aktivitas belajar dan minat belajar.Berdasarkan hasil analisis data respon siswa terhadap penerapan kolaborasi matematika berpantun dan NHT , maka metode ini efektif untuk dilaksanakan di kelas sebagai model pembelajaran matematika di kelas., karena lebih dari 80% pertanyaan yang diajukan dalam angket, direspon positif (sangat setuju, dan setuju) oleh lebih dari 60% dari jumlah seluruh siswa.

Kata Kunci: budaya matematika berpantun, NHT, aktivitas belajar, minat belajar

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2017-11-28

Versions

How to Cite

Kolaborasi Budaya Matematika Berpantun Dan Metode Nht (Number Head Together) Dalam Meningkatkan Minat dan Aktivitas Belajar Matematika Siswa Kelas XII PBK SMK Negeri 1 Singkep Kabupaten Lingga Tahun Pelajaran 2017/2018. (2017). Edumatica : Jurnal Pendidikan Matematika, 7(2), 39-50. https://doi.org/10.22437/edumatica.v7i02.4216