Desain Sintak Model Outdoor Learning Berbasis Modelling Mathematics

Authors

  • Sofnidar
  • Kamid
  • Khairul Anwar

DOI:

https://doi.org/10.22437/edumatica.v7i02.4211

Abstract

Pembelajaran Outdoor adalah kegiatan pembelajaran yang didesain di luar kelas dengan menggunakan konteks real life dan dapat dilakukan dengan banyak cara  serta sifatnya lebih fleksibel tergantung pada konteks dan tujuan pembelajaran (Broda, 2007; Walberg, 1995).Hal ini membutuhkan sebuah role, sekenario, batasan maupun pemilihan konteks outdoorpada dunia nyata, dan juga diperlukan penyesuian terhadap konteks, kontendan kompetensi sesuai kebutuhan serta tujuan pembelajaran. Penyesuaian sekenario/model pembelajaran berupa integrasi dari kegiatan pembelajaran outdoor dan pendekatan modellingmathematics.Penelitian ini bertujuan untuk menghasilakn desain (sintaks dan komponen) pembelajaran outdoor berbasis modellingmathematics. Motode penelitian untuk mendesain model terdiri dari tiga tahap Theoriticalstudy, explorasi, dan design.Hasil penelitian menunjukanprototype model competibel untuk diterapkan dan sintak dari model pembelajaran outdoorlearning-modellingmathematics terdiri dari tahapan (1) Orientasi siswa terhadap Masalah konteks outdoor (2) Membimbing siswa membuat real model masalah dan collect data (3) Membimbing siswa menentukan rencana penyelesaian masalah berdasarkan model matematik yang dibuat (4) Melaksanakan eksperiment berdasarkan modelmathematics (5) Melakukan presentasi hasil (6) Melakukan refleksi hasil berdasarkan konteks outdoor.

Kata Kunci: Sintak, OutdoorLearningModellingMathematics

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2017-11-27 — Updated on 2017-11-27

Versions

How to Cite

Sofnidar, Kamid, & Anwar, K. (2017). Desain Sintak Model Outdoor Learning Berbasis Modelling Mathematics. Edumatica : Jurnal Pendidikan Matematika, 7(2), 1-10. https://doi.org/10.22437/edumatica.v7i02.4211