Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Ditinjau dari Self Confidence Siswa Kelas VIII

Penulis

  • Rohmatin Zukhriya Universitas Negeri Semarang
  • Kartono Kartono Universitas Negeri Semarang
  • Kristina Wijayanti Universitas Negeri Semarang

DOI:

https://doi.org/10.22437/edumatica.v14i3.38204

Kata Kunci:

Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis, Penelitian Kualitatif, Self Confidence

Abstrak

     Kemampuan pemecahan masalah matematis merupakan salah satu kemampuan mendasar yang dapat menunjang siswa memecahkan masalah matematika. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan kemampuan pemecahan masalah matematis berdasarkan tingkat self-confidence. Metode penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Penelitian ini menggunakan instrumen tes dan kuesioner untuk pengumpulan data. Subjek penelitian adalah enam orang siswa yang mewakili kategori self-confidence tinggi, sedang, dan rendah, dengan teknik penentuan sampelnya menggunakan teknik purposive sampling. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa pada kategori self-confidence tinggi mampu memenuhi seluruh indikator kemampuan pemecahan masalah matematis. Siswa pada kategori self-confidence sedang mampu memenuhi tiga indikator kemampuan pemecahan masalah matematis, yaitu membangun pengetahuan baru melalui pemecahan masalah, menerapkan dan menyesuaikan rencana/strategi yang tepat untuk memecahkan masalah, dan menyelesaikan masalah yang muncul dalam matematika dan situasi lainnya. Sedangkan siswa pada kategori self-confidence rendah hanya mampu satu memenuhi indikator kemampuan pemecahan masalah matematis yaitu membangun pengetahuan baru melalui pemecahan masalah. Oleh karena itu, penelitian ini dapat memberikan masukan bagi guru untuk merancang pembelajaran yang dapat membantu siswa dalam mengembangkan kemampuan pemecahan masalah matematisnya.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Agustyaningrum, N., & Widjajanti, D. B. (2013). Pengaruh Pendekatan CTL dengan Setting Kooperatif Tipe Kancing Gemerincing terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis, Kepercayaan Diri, dan Prestasi Belajar Matematika Siswa SMP. PYTHAGORAS: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(2), 171–180. https://doi.org/10.21831/pg.v8i2.8946

Aisyah, P. N., Nurani, N., Akbar, P., & Yuliani, A. (2018). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dan Self-Confidence Siswa SMP. SJME (Supremum Journal of Mathematics Education), 1(1), 58–65. https://doi.org/10.35706/sjme.v2i2.1313

Amaliatunnisa, N., & Hidayati, N. (2023). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP Pada Materi Pola Bilangan. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 6(1), 159–168. https://doi.org/10.22460/jpmi.v6i1.14515

Amam, A. (2017). Penilaian Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Smp. Teorema, 2(1), 39. https://doi.org/10.25157/.v2i1.765

Anditiasari, N. (2020). Mathematics Analysis of Learning Difficulties of Children with Special Needs in Completing Mathematical Story. 5, 183–194.

Anwar, N. T., Budi Waluya, S., & Supriyadi. (2018). Unnes Journal of Mathematics Education Research Abilities of Mathematical Literacy Based on Self-Confidence in Problem-Based Learning with DAPIC Problem-Solving Process. Ujmer, 7(2), 152–160.

Arifin, S., & Hidayah, I. (2019). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah pada Model Problem Based Learning Disertai. EduMa, 8(1).

Arofah, A. J., & Hidayati, N. (2021). Analisis Kepercayaan Diri Siswa SMP Kelas IX Dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 8(2), 328–335.

Askar, Rizal, Muh., & Hamid, Abd. (2016). Profil Pemecahan Masalah Matematika Siswa SMP Kelas VII pada Materi Bangun Datar Ditinjau dari Tingkat Efikasi Diri. Jurnal Elektronik Pendidikan Matematika Tadulako, 4(2), 314–325.

Fardani, Z., Surya, E., & Mulyono. (2021). Analisis Kepercayaan Diri (Self confidence) Siswa dalam Pembelajaran Matematika Melalui Model Problem Based Learning. Paradikma Jurnal Pendidikan Matematika, 14(1), 39–51.

Fauziah, R., Maya, R., & Fitrianna, A. Y. (2018). Hubungan Self Confidence Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Smp. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 1(5), 881. https://doi.org/10.22460/jpmi.v1i5.p881-886

Fitayanti, N., Rahmawati, A., & Asriningsih, T. M. (2022). Pengaruh Self-Confidence Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 5(2), 335. https://doi.org/10.22460/jpmi.v5i2.9678

Harahap, E. R., & Edy, S. (2017). Perbandingan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas Vii Dalam Menyelesaikan Persamaan Linier Satu Variabel. Efumatica, 07(01), 44–54.

Hartono, H., Huda, N. N., & Prihatin, I. (2020). Model Pembelajaran Missouri Mathematics Poject Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Ditinjau dari Self Confidence Siswa. Journal of Education and Learning Mathematics Research (JELMaR), 1(1), 25–32. https://doi.org/10.37303/jelmar.v1i1.4

Latifah, N. I. W., & Sutirna. (2021). Strategi Pemecahan Masalah Matematis Siswa Pada Materi Himpunan Di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 4(3), 541–550. https://doi.org/10.22460/jpmi.v4i3.541-550

Lestari, R., & Fajar, M. (2020). Gratitude, Self-Esteem, and Optimism in People with Physical Disabilities. Prizren Social Science Journal, 4(2), 14–21. https://doi.org/10.32936/pssj.v4i2.150

Lusiana, Armiati, & Yerizon. (2022). Kemandirian Belajar dan Persepsi Siswa Mengenai Guru Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMK. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 11(1), 155–166. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v11i1.695

Nurojab, E. S., & Sari, V. T. A. (2019). Hubungan Self Confidence Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematik Siswa. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 2(5), 329–336.

Purnama, S., & Mertika, M. (2018). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Ditinjau dari Self Confidence. Journal of Educational Review and Research, 1(2), 59–63. https://doi.org/10.26737/jerr.v1i2.1619

Purwasih, R. (2015). Peningkatan Kemampuan Pemahaman Matematis Dan Self Confidence Siswa MTs Di Kota Cimahi Melalui Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing. Jurnal Ilmiah STKIP Siliwangi Bandung, 9(1), 16–25.

Rahmani, W., & Widyasari, N. (2018). Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Melalui Media Tangram. FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 4(1), 17. https://doi.org/10.24853/fbc.4.1.17-23

Ramdan, Z. M., Veralita, L., Rohaeti, E. E. R., & Purwasih, R. (2018). Analisis Self Confidence Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMK Pada Materi Barisan dan Deret. Jurnal AKSIOMA, 7(2), 171–179.

Sadat, A. (2016). Implementasi Model Pembelajaran Missouri Mathematics Project dalam Upaya Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dan Self Confidence Siswa Madrasah Tsanawiyah. 2(1), 1–11.

Sari, L., Maidiyah, E., & Anwar. (2019). Proses Pemecahan Masalah Matematis Siswa Smp Materi Bentuk Aljabar Melalui Model Problem-Based Learning. Jurnal Peluang, 7(2), 77–84. https://doi.org/10.24815/jp.v7i2.15099

Sari, P. (2017). Pemahaman Konsep Matematika Siswa pada Materi Besar Sudut Melalui Pendekatan PMRI. Jurnal Gantang, 2(1), 41–50. https://doi.org/10.31629/jg.v2i1.60

Situmeang, M. S., & Marjuki. (2021). Hubungan Kepercayaan Diri (Self Confidence) Mahasiswa Dengan Hasil Belajar Pengembangan Kurikulum Menggunakan Sistem Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ). Thawalib | Jurnal Kependidikan Islam, 2(2), 103–130.

Subhi, M. S., Nursuprianah, I., & Izzati, N. (2020). Pengaruh Pembelajaran Matematika Al-Qur’an dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa. Jurnal Riset Pendidikan Matematika Jakarta, 2(2), 1–12. https://doi.org/10.21009/jrpmj.v2i1.16207

Susanti, G., & Chairuddin, C. (2021). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Ditinjau Dari Self Confidence Siswa. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 10(4), 2626–2635. https://doi.org/10.24127/ajpm.v10i4.4403

Wahyuda, R., Sari, H. P., & Fitria, N. (2021). JUWARA: Jurnal Wawasan dan Aksara Volume 1 Nomor 2 Tahun 2021. JUWARA: Jurnal Wawasan Dan Aksara, 1(1), 13–22.

Yarmayani, A. (2016). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas XI MIPA SMA Negeri 1 Kota Jambi. Jurnal Ilmiah Dikdaya, 6(2), 12–19.

Yulinawati, A., & Nuraeni, R. (2021). Kemampuan Representasi Matematis ditinjau dari Self-Confidence Siswa pada Materi Statistika di Desa Talagasari. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(3), 519–530. https://doi.org/10.31980/plusminus.v1i3.1448

Zakiyah, S., Hidayat, W., & Setiawan, W. (2019). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah dan Respon Peralihan Matematik dari SMP ke SMA pada Materi SPLTV. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(2), 227–238. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v8i2.555

Diterbitkan

2024-12-31

Cara Mengutip

Zukhriya, R., Kartono , K. ., & Wijayanti, K. (2024). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Ditinjau dari Self Confidence Siswa Kelas VIII. Edumatica : Jurnal Pendidikan Matematika, 14(3), 199–212. https://doi.org/10.22437/edumatica.v14i3.38204