This is an outdated version published on 2016-04-15. Read the most recent version.

Pembelajaran Rumus-Rumus Trigonometri Menggunakan Lembar Kerja Siswa Menurut Prinsip Konstruktivisme Pada Siswa Kelas XI IPA MAN Cendikia Jambi

DOI:

https://doi.org/10.22437/edumatica.v6i01.2995

Abstract

Abstrak

Rumus-rumus trigonometri di kelas XI SMA terlalu banyak untuk dihafal oleh siswa, sehingga masih banyak siswa mengalami kesulitan dalam menghafal rumus-rumus dan mengaplikasinya dalam masalah matematika baik aspek trigonometri maupun aspek lainnya. Hal ini juga terjadi pada siswa kelas XI MAN Cendikia Jambi. Untuk mengatasi masalah tersebut, peneliti memilih merancang Lembar kerja Siswa menurut pripsip Konstruktivisme.  LKS ini membuat siswa aktif dalam pembelajaran untuk mengkonstruksi berbagai macam konsep yang berkaitan dengan materi. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Sumber data adalah siswa Kelas XI IPA MAN Cendikia Jambi Tahun ajaran 2012/2013. Pelaksanaan tindakan dalam penelitian ini dilaksanakan 3 siklus. Penyelesaian LKS menurut prinsip konstruktivime yang dapat memahamkan siswa kelas XI IPA MAN Cendikia pada materi rumus-rumus trigonometri adalah: Penyelesaian LKS secara kelompok, keanggotaan kelompok heterogen terutama kemampuan akademik supaya terjadi interaksi dan pertukaran ide antar siswa, serta pengaturan tempat duduk yang baik, siswa dapat berdiskusi dengan baik antar anggota kelompoknya. guru juga lebih mudah untuk mengamati aktifitas siswa selama diskusi kelompok. Hal ini membuat siswa aktif dalam proses belajar mengajar dan mampu menemukan rumus-rumus trigonometri dan memahami konsep matematika tersebut

Kata Kunci: Lembar Kerja Siswa, Prinsif Konstruktivisme

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2016-04-15

Versions

How to Cite

Pembelajaran Rumus-Rumus Trigonometri Menggunakan Lembar Kerja Siswa Menurut Prinsip Konstruktivisme Pada Siswa Kelas XI IPA MAN Cendikia Jambi. (2016). Edumatica : Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1). https://doi.org/10.22437/edumatica.v6i01.2995

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>