“Saya Sangat Mampu”: Pengaruh Pembelajaran Berbasis Masalah Dengan Komputer Pada Matakuliah Analisis Data

Authors

  • Jackson Pasini Mairing

DOI:

https://doi.org/10.22437/edumatica.v5i01.2667

Abstract

Kemampuan menganalisis data diperlukan mahasiswa dalam menyelesaikan skripsinya. Mahasiswa belajar menganalisis data pada matakuliah Statistika Dasar dan Analisis Data. Pembelajaran konvensional belum dapat mendorong mahasiswa untuk memahami makna konsep-konsep Statistika dan memiliki kemampuan menganalisis data. Tujuan dari penelitian ini mendeskripsikan pengaruh Pembelajaran Berbasis Masalah (PBM) yang terintegrasi dengan dua perangkat lunak yaitu Minitab dan Microsoft Excel pada matakuliah Analisis Data. Hasilnya menunjukkan bahwa 81% mahasiswa memiliki motivasi untuk menyelesaikan masalah secara mandiri. Ada 71% mahasiswa yang semula takut belajar menjadi senang dalam belajar setelah mengikuti matakuliah Analisis Data. Selain itu, semua mahasiswa memiliki kemampuan dalam menganalisis data. Salah satu mahasiswa berkata, “saya sangat mampu†pada saat peneliti memintanya untuk menganalisis data dengan komputer di depan kelas.

Kata Kunci: Perangkat lunak komputer, Analisis data, Pembelajaran berbasis masalah, Statistika

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2023-06-01 — Updated on 2023-06-01

Versions

How to Cite

Mairing, J. P. (2023). “Saya Sangat Mampu”: Pengaruh Pembelajaran Berbasis Masalah Dengan Komputer Pada Matakuliah Analisis Data. Edumatica : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(01). https://doi.org/10.22437/edumatica.v5i01.2667