Kesalahan Siswa pada Soal Cerita Fungsi Kuadrat Berdasarkan Teori Nolting
DOI:
https://doi.org/10.22437/edumatica.v13i03.26254Kata Kunci:
fungsi kuadrat, kesalahan siswa, soal cerita, teori noltingAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan jenis-jenis kesalahan yang dilakukan oleh siswa dalam menyelesaikan soal cerita pada materi fungsi kuadrat dan mengetahui faktor penyebabnya. Jenis penelitian yang dilakukan yaitu penelitian deskriptif kualitatif. Penelitian dilakukan disalah satu SMP di Kalimantan Selatan dengan subjek 5 orang siswa kelas IX. Instrumen yang digunakan dalam penelitian adalah soal cerita materi fungsi kuadrat berupa 3 soal esai. Teknik pengumpulan data berasal dari hasil jawaban tes uraian dan wawancara. Keabsahan data yang digunakan peneliti adalah triangulasi teknik yaitu membandingkan hasil tes matematika siswa dengan hasil wawancara. Berdasarkan hasil analisis yang telah dilakukan peneliti, jenis kesalahan yang dilakukan subjek adalah 1) Misread-direction errors (30%) siswa tidak membaca petunjuk pada soal dikarenakan terburu-buru dan tidak terbiasa membaca petunjuk soal serta rendahnya penalaran siswa, 2) Careless errors (40%) siswa salah dalam melakukan perhitungan dikarenakan kurang teliti, 3) Consept errors (20%) siswa tidak memahami konsep eliminasi dan substitusi dikarenakan kurangnya belajar, 4) Aplication errors (33,33%) siswa tidak dapat mengoperasikan konsep eleminasi dan subsitusi dalam menyelesaikan soal dikarenakan kurang memahami materi, 5) Test-taking errors (66,67%,) siswa tidak menuliskan kembali informasi pada soal dikarenakan tergesa-gesa dan tidak terbiasa dalam menyelesaikan soal secara sistematis.
Unduhan
Referensi
Anggraini, D., & S. (2014). Errors of linguistics components found in the background of the study of the S1 students' thesis. E-Journal Unesa, 1(1), 1-15.
Buton, S., Loilatu, S. H., & Wagola, W. K. (2023). Analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal pemecahan masalah matematis berdasarkan Teori Nolting siswa kelas VIII SMP Negeri 25 Buru. Journal On Education, 05(02), 4701-4707. https://doi.org/10.31004/joe.v5i2.1045.
Farida, N. (2015). Analisis Kesalahan Siswa SMP Kelas VIII dalam Menyelesaikan Masalah Soal Cerita Matematika. 4(2), 42-52. http://dx.doi.org/10.24127/ajpm.v4i2.306.
Fathiyah, I. (2020). Analisis Kualitatif Kesalahan Pengerjaan Soal Matematika Tipe Hots Berdasarkan Teori Nolting Pada Siswa SMP. Thesis. Universitas Pendidikan Indonesia.
Faturrochmah, H., Sary, R. M., & Azizah, M. (2021). Kesalahan Siswa dalam Mengerjakan Soal Materi Bangun Datar Berdasarkan Teori Nolting Pada Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Elementary School: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Ke-SD-An, 8(2), 310-321. https://doi.org/10.31316/esjurnal.v8i2.1404
Gulvara, M. A., Suryadi, D., & Kurniawan, S. (2023). Kesalahan Siswa Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Berdasarkan Skema Fong : Systematic Literature Review. 6(2), 607-618. https://doi.org/10.22460/jpmi.v6i2.17141.
Hasibuan, E. K. (2018). Analisis Kesulitan Belajar Matematika Siswa Pada Pokok Bahasan Bangun Ruang Sisi Datar Di Smp Negeri 12 Bandung. AXIOM : Jurnal Pendidikan Dan Matematika, 7(1), 18-30. https://doi.org/10.30821/axiom.v7i1.1766.
Hiltrimartin, C., & Pratiwi, Y. (2019). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Fungsi Kuadrat Melalui Penerapan Model Inkuiri Terbimbing Di Kelas Ix.4 Smp Negeri 1 Palembang. Lentera Sriwijaya : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 1(2), 46-54. https://doi.org/10.36706/jls.v1i2.10099
Khatimah, K. (2021). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Persamaan Kuadrat pada Siswa Kelas IX MTS. Babul Khaer Bulukumba. Skripsi. Universitas muhammadiyah makassar.
Kurniasari, Y., Sugandi, A. I., & Sariningsih, R. (2021). Analisis Kesalahan Siswa Kelas X dalam Menyelesaikan Soal Materi Fungsi Kuadrat berdasarkan Prosedur Kastolan. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 4(6), 1561-1568. https://doi.org/10.22460/jpmi.v4i6.1561-1568.
Labibah, N., Damayani, A. T., & Sary, R. M. (2021). Analisis Kesalahan Siswa Berdasarkan Teori Newman dalam Menyelesaikan Soal Cerita pada Materi Pecahan Kelas V Madrasah Ibtidaiyah. Journal for Lesson and Learning Studies, 4(2), 208-216. https://doi.org/10.23887/jlls.v4i2.33265.
Nolting, P. D. (2012). Math study skills workbook: Your guide to reducing text anxiety and improving study strategies. Cengage Learning.
Oktafia, R., & Sutama. (2019). Analisis Kesalahan Dalam Menyelesaikan Soal Geometri Berorientasi Pisa Ditinjau Dari Gender Pada Siswa Kelas VIII Smp Muhammadiyah 2 Masaran. Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Priyati, P., & Lygia Mampouw, H. (2018). Pemberian Scaffolding Untuk Siswa Yang Mengalami Kesalahan Dalam Menggambar Grafik Fungsi Kuadrat. JTAM | Jurnal Teori Dan Aplikasi Matematika, 2(1), 87. https://doi.org/10.31764/jtam.v2i1.293.
Rahmawati, D., & Permata, L. D. (2018). Analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita program linear dengan prosedur Newman. Jurnal Pembelajaran Matematika, 5(2), 173-185.
Resky, M., Wahab A, A., & Buhaerah, B. (2022). Analisis Kesalahan Peserta Didik Dalam Menyelesaikan Soal Persamaan Kuadrat Pada Siswa Kelas Ix UPTD SMP Negeri 4 Parepare. Jurnal Equation: Teori Dan Penelitian Pendidikan Matematika, 5(2), 45. https://doi.org/10.29300/equation.v5i2.7126.
Suciati, I., & Wahyuni, D. S. (2018). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Matematika Pada Operasi Hitung Pecahan Pada Siswa Kelas V SDN Pengawu. Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran Matematika, 11(2). https://doi.org/10.30870/jppm.v11i2.3760.
Sukmawati, S., & Amelia, R. (2020). Analisis Kesalahan Siswa SMP dalam Menyelesaikan Soal Materi Segiempat Berdasarkan Teori Nolting. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 3(2), 223. https://doi.org/10.22460/jpmi.v3i5.423-432.
Tastbita, Z., L, E. N., & Nugraha, A. (2020). Analisis Hambatan Pembelajaran (Learning Obstacle) Siswa Pada Materi Luas Daerah Persegi Panjang. PEDADIDAKTIKA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(2), 138-147. https://doi.org/10.17509/pedadidaktika.v7i2.25323.
Ulpa, F., Marifah, S., Maharani, S. A., & Ratnaningsih, N. (2021). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Kontekstual pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar Ditinjau dari Teori Nolting. Square : Journal of Mathematics and Mathematics Education, 3(2), 67-80. https://doi.org/10.21580/square.2021.3.2.8651.
Yunia, N., & Zanthy, L. S. (2020). Kesalahan Siswa SMP Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Pada Materi Aritmatika Sosial. Teorema: Teori Dan Riset Matematika, 5(1), 105. https://doi.org/10.25157/teorema.v5i1.3206.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Wafa Islamiyah, Didi Suryadi, M Akbar Gulvara

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.