This is an outdated version published on 2014-10-01. Read the most recent version.

Meningkatkan Keaktifan Mahasiswa Pendidikan Matematika Dalam Diskusi Kelompok Dengan Pengaturan Tempat Duduk Dan Penilaian Antar Teman Pada Mata Kuliah Telaah Kurikulum Matematika

DOI:

https://doi.org/10.22437/edumatica.v4i02.2071

Abstract

Diskusi kelompok sangat sering sekali digunakan dosen sebagai metode dalam proses pembelajaran. Tetapi dalam diskusi kelompoMENINGKATKAN KEAKTIFAN MAHASISWA PENDIDIKAN MATEMATIKA DALAM DISKUSI KELOMPOK DENGAN PENGATURAN TEMPAT DUDUK DAN PENILAIAN ANTAR TEMAN PADA MATA KULIAH TELAAH KURIKULUM MATEMATIKA

Meningkatkan Keaktifan Mahasiswa Pendidikan Matematika  Dalam Diskusi Kelompok Dengan Pengaturan Tempat Duduk Dan Penilaian  Antar Teman Pada Mata Kuliah  Telaah Kurikulum Matematikak yang terjadi hanya mahasiswa yang pintar saja yang aktif, sedangkan mahasiswa yang lain hanya mengikuti saja apa yang telah dikerjakan teman kelompoknya. Untuk itu kita sebagai dosen harus mencari solusi mengatasi permasalahan ini. Dalam penelitian ini peneliti mencoba diskusi kelompok dengan pengaturan tempat duduk dan penilaian antar teman pada mata kuliah Telaah Kurikulum Matematika.

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Sumber data adalah Mahasiswa Kelas B program studi pendidikan matematika yang mengontrak mata kuliah Telaah Kurikulum Matematika pada semester genap tahun ajaran 2013/2014.

Pelaksanaan tindakan dalam penelitian ini dilaksanakan 2 siklus. Persentase penilaian antar teman masing-masing kelompok pada siklus I dan II > 90%, sedangkan persentase penilaian antar teman seluruh mahasiswa pada siklus I 96,9% dan siklus II 99,3%. Persentase  aktifitas mahasiswa dalam diskusi masing-masing kelompok > 90%, sedangkan persentase aktifitas mahasiswa dalam diskusi secara keseluruhan pada pada siklus I 98,6% dan sikuls II 99,5%. Hal ini menunjukkan bahwa penerapan diskusi kelompok dengan menggunakan penilaian antar teman dan pengaturan tempat duduk dapat membuat masing-masing mahasiswa berperan dalam diskusi kelompok, sehingga mereka aktif dalam proses pembelajaran.

Kata Kunci: Diskusi Kelompok, Penilaian antar Teman, Pengaturan Tempat Duduk

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2014-10-01

Versions

How to Cite

Meningkatkan Keaktifan Mahasiswa Pendidikan Matematika Dalam Diskusi Kelompok Dengan Pengaturan Tempat Duduk Dan Penilaian Antar Teman Pada Mata Kuliah Telaah Kurikulum Matematika. (2014). Edumatica : Jurnal Pendidikan Matematika, 4(02). https://doi.org/10.22437/edumatica.v4i02.2071