Studi Penggunaan Jejaring Sosial Edmodo Sebagai Media E-Learning Oleh Dosen Senior Yang Tidak Terbiasa Bekerja Dengan Komputer

Authors

  • Jefri Marzal

DOI:

https://doi.org/10.22437/edumatica.v4i01.1587

Abstract

Abstrak

Munculnya internet dan teknologi komunikasi online telah merubah cara orang bekerja, berkomunikasi, bersosialisasi dan belajar. Akan tetapi, sebuah penelitian menunjukan bahwa sepertiga dari 1000 pengajar mengalami kesulitan menggunakan teknologi yang disediakan oleh sekolah. Dengan demikian, sebuah tantangan untuk mendorong pengajar untuk dapat berinteraksi dengan peserta didik  melalui pembelajaran online. Salah satu media pembelajaran online yang telah digunakan  digunakan diberbagai negara maju adalah Edmodo. Edmodo adalah sebuah Learning Management System (LMS) yang dapat memfasilitasi dosen untuk membuat dan mengatur kelas online mereka secara mudah. Penelitian ini menginvesitigasi bagaimana seorang dosen senior tapi tidak terbiasa bekerja dengan komputer, dapat menggunakan Edmodo sebagai media e-learning untuk mahasiswanya, dan selanjutnya mengungkap persepsi dosen dan mahasiswa tentang Edmodo. Penelitian yang dilakukan di Program Studi Pendidikan Matematika FKIP Univeristas Jambi ini menunjukkan bahwa Dosen senior yang tak terbiasa bekerja dengan komputer tersebut dapat menggunakan Edmodo sebagai media e-learning. Hasil penelitin ini juga menunjukan bahwa dosen tersebut bersama mahasiswanya  mempunyai persepsi yang positif terhadap Edmodo untuk pembelajaran dimana dosen dan mahasiswa menyatakan bahwa aspek teknis dan sebagian fitur Edmodo mudah untuk dipahami dan digunakan untuk pembelajaran berbantuan e-learning.

Kata Kunci: E-learning, Jejaring Sosial, Edmodo

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2014-04-15 — Updated on 2014-04-15

Versions

How to Cite

Marzal, J. (2014). Studi Penggunaan Jejaring Sosial Edmodo Sebagai Media E-Learning Oleh Dosen Senior Yang Tidak Terbiasa Bekerja Dengan Komputer. Edumatica : Jurnal Pendidikan Matematika, 4(01). https://doi.org/10.22437/edumatica.v4i01.1587