This is an outdated version published on 2013-10-15. Read the most recent version.

Gender And Achievement Emotions Of Freshmen Education Students In Math 102 (Fundamental Of Mathematics)

DOI:

https://doi.org/10.22437/edumatica.v3i02.1576

Abstract

ABSTRACT

 

Penelitian ini bertujuan untuk melihat apakah ada hubungan antara gender dengan emosi mahasiswa pada saat belajar mata kuliah matematika dasar. Selain itu, penelitian ini juga mencari apakah ada perbedaan yang signifikan antara emosi laki-laki dan perempuan dalam belajar mata kuliah matematika dasar. Studi ini dilakukan pada semester ganjil tahun akademik 2010-2011 di Fakultas Ilmu Pendidikan (College of Education) di  Central Luzon State University, Philippine. Adapun responden dari penelitian ini adalah mahasiswa semester satu dengan jumlah 211 siswa (47 laki-laki, 164 perempuan) dengan mengunakan random sampling technique.  Adapun instrumen yang digunakan adalah Achievement Emotions Questionnaire – Mathematics (AEQ-M) yang di kembangkan oleh Pekrun (2005). Hasil yang ditemukan dari penelitian ini adalah, dari ketujuh emosi  yang dikaji - senang, bangga, marah, cemas, malu, putus asa, dan bosan – ditemukan bahwa rasa tegang dan malu itu sangat berkaitan dengan gender. Selain itu, selama belajar matematika, perempuan dinyatakan lebih merasa cemas dan malu dibandingkan dengan laki-laki.

Kata Kunci: Gender, Achievement Emotions Of Freshmen

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2013-10-15

Versions

How to Cite

Gender And Achievement Emotions Of Freshmen Education Students In Math 102 (Fundamental Of Mathematics). (2013). Edumatica : Jurnal Pendidikan Matematika, 3(02). https://doi.org/10.22437/edumatica.v3i02.1576