Proses Berpikir Kritis Siswa SMA Tipe Kepribadian Thinking Dalam Memecahkan Masalah Matematika

Authors

  • Yelli Ramalisa

DOI:

https://doi.org/10.22437/edumatica.v3i01.1407

Abstract

Abstrak

 

Berpikir kritis merupakan suatu jenis berpikir yang penting dalam memecahkan masalah matematika dan thinking adalah tipe kepribadian yang terlahir memiliki karakter kritis tinggi. Namun bakat kritis yang dimiliki siswa tipe thinking ini seringkali tidak terlihat oleh guru dalam proses pembelajaran.

Tujuan penelitian ini adalah mengidentifikasi proses berpikir kritis siswa tipe kepribadian thinking dalam memecahkan masalah matematika. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan memberikan lembar soal pemecahan masalah matematika, dan dengan cara wawancara untuk mengunkap proses berpikir kritis siswa. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa yang memiliki tipe kepribadian thinking pada semester genap tahun akademik 2011/2012.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa tipe kepribadian thinking memiliki kemamapuan berpikir kritis karena siswa ini dapat memenuhi semua tahapan berpikir kritis saat memecahkan masalah yang diberikan.

 

Kata kunci : berpikir kritis, tipe kepribadian thinking, memecahkan masalah matematika

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2013-04-15 — Updated on 2013-04-15

Versions

How to Cite

Ramalisa, Y. (2013). Proses Berpikir Kritis Siswa SMA Tipe Kepribadian Thinking Dalam Memecahkan Masalah Matematika. Edumatica : Jurnal Pendidikan Matematika, 3(01). https://doi.org/10.22437/edumatica.v3i01.1407