Variasi Bahasa Pedagang Dalam Interaksi Penjual dan Pembeli di Pasar Sitimang Kota Jambi; Kajian Sosiolinguistik

Authors

  • Rian Bromanggara Universitas Jambi

DOI:

https://doi.org/10.22437/dikbastra.v3i2.9945

Abstract

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan variasi bahasa pedagang dalam interaksi penjual dan pembeli di Pasar Sitimang Kota Jambi dan fungsi bahasa yang digunakan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Data penelitian ini adalah tuturan yang diambil dari percakapan antara penjual dan pembeli di Pasar Sitimang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Berdasarkan data yang didapat, penjual dan pembeli sudah tahu apa yang harus dilakukan jika mereka berhadapan dengan lawan tutur dengan latar belakang sosial, geografis, aliran, usia, jenis kelamin, dan suku yang berbeda-beda. Temuan pada penelitian ini berdasarkan fungsi bahasa menurut teori berjumlah 4 fungsi yaitu fungsi personal, regulator, interaksional dan heuristik. Dalam interaksi penjual dan pembeli  di Pasar Sitimang Kota Jambi, ada hal lain yang bisa dilihat saat melakukan transaksi ditempat perbelanjaan, ada banyak cara dan trik agar komunikasi bisa berlangsung baik dan nyaman.

Kata Kunci: Variasi bahasa, dialek sosial, Interaksi Penjual dan Pembeli

 

ABSTRACT

The purpose of this study was to describe the variation of the language of the traders in the Buyer and Seller interaction in Pasar Sitimang Jambi and the language function used. This study used a qualitative approach, descriptive research. The data of this research were quotes taken from a conversation between sellers and a buyers in the Sitimang Market. Based on the data analysis, the result shows that sellers and buyers have already known what to do if they come across people with different background, social geography, genre, genders, tribe, and ages. The result of these research based on the language function is according to 4 theory , that is fungsi personal, regulator , interactional and heuristic. In the interaction of sellers and buyers in the Sitimang Market in Jambi City, there are other things that can be seen when making transactions in shopping places. There are many ways and tricks for comfortable communication.

Keywords: Language variations, social dialects, Buyer and Seller Interactions

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2022-08-04

How to Cite

Bromanggara, R. (2022). Variasi Bahasa Pedagang Dalam Interaksi Penjual dan Pembeli di Pasar Sitimang Kota Jambi; Kajian Sosiolinguistik. DIKBASTRA: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 3(2). https://doi.org/10.22437/dikbastra.v3i2.9945