Implikatur Percakapan dalam Komunikasi Guru dan Staf Di Sekolah
Main Article Content
Abstract
Abstrak
Penelitian ini untuk mendeskripsikan (1) bentuk lingual implikatur percakapan (2) satuan pragmatis, (3) macam-macam implikasi pragmatis, dan (4) alur implikasi pragmatis yang mendukung implikatur percakapan dalam komunikasi guru dan staf di di SMK PP N Jambi. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Metode dalam penelitian ini menggunakan metode observasi langsung, dengan teknik simak libat cakap (SLC) dan simak bebas libat cakap (SLBC). Hasil penelitian meliputi: a) bentuk lingual implikatur percakapan dalam komunikasi guru dan staf di SMK PP N Jambi, berupa (1) kalimat tanya, (2) kalimat berita, dan (3) kalimat perintah. (b) satuan pragmatis implikatur percakapan ada 9 (sembilan) macam yaitu: (1) menginformasikan fakta, (2) bertanya, (3) menyuruh, (4) meminta, (5) melarang, (6) menawarkan, (7) mengajak, (8) membujuk, (9) menolak. (c) Implikasi pragmatis implikatur percakapannada 6 (enam) macam yaitu: (1) menyuruh, (2) mengajak, (3) menolak, (4) meminta, (5) mengingatkan, (6) menginformasikan fakta. (d) alur implikasi pragmatis ada 5 (lima) macam yaitu: (1) alur sebab-akibat, (2) alur akibat-sebab, (3) alur kebiasaan, (4) alur normatif, dan (5) alur sifat.
Kata-kata kunci: Pragmatik, implikatur, guru, staf