Penggunaan LKS Buatan Guru Untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Mencipta Cerita Imajinasi Siswa Kelas VII SMP

Authors

  • Ilman Zeid Ilman SMP Negeri 42 Muaro Jambi
  • Rohilawati SMPN 46 Muaro Jambi
  • Imadona MPBSI Universitas Jambi3

DOI:

https://doi.org/10.22437/dikbastra.v2i2.9717

Abstract

Abstrak

Keterampilan mencipta teks cerita imajinasi tergolong dalam keterampilan berbahasa yang sulit dikuasai siswa, karena membutuhkan daya kreativitas. Dengan menggunakan LKS buatan guru dalam pembelajaran dapat memberikan kesempatan kepada siswa untuk mengembangkan ide-ide kreatifnya. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Maret, April dan Mei hingga awal Juni 2019 berupa penelitian tindakan kelas. Adapun subjek penelitian yaitu siswa kelas VII berjumlah 22 peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses dan hasil pembelajaran mencipta cerita imajinasi menggunakan LKS buatan guru di kelas VII SMP Negeri 46 Muaro Jambi. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi, wawancara, dan prosedur tes teks tertulis. Analisis lebih lanjut mengenai proses kualitas data dilakukan dengan arus reduksi data, penyajian data, dan diakhiri dengan kesimpulan, sedangkan kualitas penulisan data menggunakan prosedur analisis dengan rumus rata-rata. Hasil penelitian awal menunjukkan bahwa hanya 31,81% dibulatkan menjadi 32% yang tuntas KKM. Setelah proses siklus 1 dan Siklus 2 dengan menggunakan variabel bebas berupa LKS buatan guru, hasil akhir menunjukkan bahwa terjadi peningkatan hasil pada siklus 1 sebesar 71,10% dan 78,73% pada siklus 2. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan LKS buatan guru dapat meningkatkan kualitas proses dan hasil pembelajaran mencipta cerita imajinasi kelas VII SMP Negeri 46 Muaro Jambi. 

 

Kata kunci: Lks buatan guru, mencipta, cerita imajinasi

Abstract

The skills to create imagination story text are classified in language skills that are difficult for students to master, because they require creativity. Using teacher-made worksheets in learning can provide opportunities for students to develop their creative ideas. This research was conducted in March, April and May until early June 2019 in the form of classroom action research. The research subjects are students in class VII totaling 22 students. This study aims to determine the process and learning outcomes of creating stories of imagination using teacher-generated worksheets in class VII SMP Negeri 46 Muaro Jambi. The instruments used in this study were observation sheets, interviews, and written text test procedures. Further analysis of the data quality process is carried out with data reduction flow, data presentation, and concludes with a conclusion, while the quality of data writing uses an analysis procedure with an average formula. Preliminary research results indicate that only 31.81% is rounded up to 32% which is complete KKM. After the process of cycle 1 and cycle 2 using the independent variables in the form of teacher-made worksheets, the final results showed that an increase in results in cycle 1 amounted to 71.10% and 78.73% in cycle 2. Based on the results of the study it could be concluded that the use of teacher-made worksheets can improve the quality of the process and learning outcomes to create a class VII imagination story in SMP Negeri 46 Muaro Jambi.

 

Keywords: teacher-created worksheets, creating, imagination stories

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2020-06-23

How to Cite

Ilman, I. Z., Rohilawati, & Imadona. (2020). Penggunaan LKS Buatan Guru Untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Mencipta Cerita Imajinasi Siswa Kelas VII SMP. DIKBASTRA: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 2(2), 1-14. https://doi.org/10.22437/dikbastra.v2i2.9717