Strategi Re-Kreasi dalam Pembelajaran Menulis Puisi untuk SMP Kota Jambi
DOI:
https://doi.org/10.22437/dikbastra.v1i2.9662Abstract
Abstrak
Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan strategi penciptaan kembali dalam pembelajaran menulis puisi untuk menggambarkan: (1) merencanakan pengembangan strategi penciptaan kembali dalam pembelajaran menulis puisi untuk pendidikan menengah; (2) implementasi strategi pengembangan re-kreasi dalam pembelajaran menulis puisi untuk pendidikan menengah; (3) strategi penciptaan kembali yang dikembangkan secara efektif digunakan dalam penulisan puisi untuk SMP. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian ini adalah deskriptif . Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pada uji coba pertama, 28 siswa yang berhasil menulis puisi yang sangat baik adalah 19 siswa yaitu 67,85%. Sementara hasil uji coba kedua dari 28 siswa yang berhasil menulis puisi sangat baik adalah 21 siswa yaitu 75%. Hasil uji coba ke empat dari 28 siswa yang berhasil ditulis sangat bagus dari 28 siswa yang berhasil menulis puisi dengan sangat baik hanya 8. Dengan adanya strategi re-kreasi diharapkan mampu menciptakan proses pembelajaran yang berkualitas serta mengimplementasikan hasil pengembangan strategi pembelajaran menulis puisi melalui re-kreasi.
Kata kunci: Strategi, penulisan, puisi, pengembangan.