Penerapan Prinsip Kesantunan dalam Percakapan antara Pegawai Bank dengan Nasabah: Kajian Analisis Pragmatik
DOI:
https://doi.org/10.22437/dikbastra.v3i2.9118Abstract
Penelitian ini mengkaji penerapan prinsip kesantunan dalam percakapan antara pegawai
bank dengan nasabah. Fokus penelitian adalah penerapan maksim-maksim kesantunan yang
dilihat dari adanya ketaklangsungan, pilihan, untung rugi, status sosial, jarak sosial, dan basabasi dalam percakapan. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik
rekam, simak, dan catat. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa maksim kearifan
diterapkan dalam tuturan impositif atau direktif dan komisif. maksim kedermawanan
diterapkan dalam tuturan komisif, maksim pujian dan kerendahan hati diterapkan
dalam tuturan ekspresif, maksim kesepakatan diterapkan dalam tuturan asertif, dan
maksim simpati diterapkan dalam tuturan asertif dan ekspresif. Wujud penerapan
maksim-maksim kesantunan dilatarbelakangi oleh ketaklangsungan, pilihan, untung-rugi, status sosial, jarak sosial, dan basa-basi sebagai indikator penerapan maksim kesantunan.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Selviani Junika

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.