Analisis teknik persuasif pada spanduk iklan di Jambi

Main Article Content

Suci Sri Wahyuni

Abstract

Mengiklankan barang atau jasa menggunakan spanduk dianggap efektif karena dapat membantu mempromosikan barang atau jasa yang sedang ditawarkan. Spanduk hendaknya dikemas dengan teknik persuasif agar manarik. Namun nyatanya, masih terdapat beberapa iklan spanduk di Jambi yang belum menggunakan teknik persuasif, hal ini disebabkan karena kurangnya ilmu pengetahuan akan hal itu. Oleh karena itu, hal ini penting untuk diteliti dengan harapan dapat mengedukasi masyarakat khususnya para pedagang atau pun pelaku usaha tentang pentingnya iklan yang menarik. Maka dari itu, diperlukan solusi untuk meningkatkan kesejahteraan pedagang atau pelaku usaha. Metode yang dapat digunakan untuk menyelesaikan masalah ini adalah dengan memperbaiki spanduk yang ada menjadi lebih baik lagi dengan memperhatikan teknik-teknik persuasif. Jenis pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif yang menghasilkan data deskriptif dokumentasi, yakni iklan spanduk di Jambi yang dikumpulkan dalam bentuk foto. Teknik analisis data pada penelitian ini dilakukan dengan cara melihat, mengamati, memahami, dan menganalisis iklan spanduk di Jambi untuk melihat keterkaitan data dengan permalasahan yang sedang diteliti. Hasil dari penelitian ini terlihat bahwa terdapat beberapa spanduk yang telah menggunakan teknik persuasif di dalamnya, namun masih terdapat beberapa spanduk yang sama sekali belum menggunakan teknik persuasif.


Advertising goods or services using banners is considered effective because it can help promote the goods or services being offered. Banners should be packaged with persuasive techniques to make them attractive. But in fact, there are still some banner advertisements in Jambi that have not used persuasive techniques, this is due to a lack of knowledge about it. Therefore, this is important to study in the hope of educating the public, especially traders or business people about the importance of attractive advertising. Therefore, a solution is needed to improve the welfare of traders or business people. The method that can be used to solve this problem is to improve the existing banners to be even better by paying attention to persuasive techniques. The type of approach used in this research is a qualitative approach that produces descriptive documentation data, namely banner advertisements in Jambi which are collected in the form of photographs. The data analysis technique in this study was carried out by looking at, observing, understanding, and analyzing banner advertisements in Jambi to see the relationship between the data and the problem being studied. The results of this study show that there are some banners that have used persuasive techniques in them, but there are still some banners that have not used persuasive techniques at all.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Wahyuni, S. S. (2024). Analisis teknik persuasif pada spanduk iklan di Jambi. DIKBASTRA: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 6(2). https://doi.org/10.22437/dikbastra.v6i2.33532
Section
Articles

References

Agustin, R. J. P., & Astuti, C. W. (2021). Bahasa Persuasif Pada Iklan Kosmetik Di Televisi. Jurnal Bahasa dan Sastra, 8(1).

Bikalawan, A. A., & Savitri, A. D. (2022). Teknik dan Gaya Bahasa Persuasif Pada Iklan Akun Instagram Merek Lokal Minuman Menantea. Jurnal Bapala, 9(4), 68-78. https://doi.org/10.33059/jsb.v6i1.8660

Kasanova, R. (2016). Penggunaan teknik persuasif dalam iklan. Jurnal Komposisi, 1(2), 101-110.

Keraf Gorys. (1994). Argumentasi dan Narasi. Jakarta: Grammedia.

Martha, M. (2017). Pengaruh Kredibilitas Endorser dan Teknik Persuasi Iklan Terhadap Brand Awareness Iklan TOP Coffee Versi “Bongkar Kebiasaan Lama”. Prologia, 1(1), 226-232.

Moleong, L. J. (2005). metodologi penelitian kualitatif, Bandung: Remaja. Rosdakarya. T. Hani.

Nainggolan, V. Y. B., Yakob, M., & Nucifera, P. (2020). Penggunaan bahasa persuasif dalam iklan niaga bergambar pada surat kabar serambi Indonesia tahun 2019. Jurnal Samudra Bahasa, 3(2), 26-40. https://doi.org/10.33059/jsb.v3i2.2501

Pramesti, A. P., & Martutik, M. (2020). Laras Bahasa Iklan Pada Media Sosial Instagram. Basindo, 4(1), 1-16.http://dx.doi.org/10.17977/um007v4i12020p1-16

Rhamadany, Y., Lanta, J., Aswadi, A. (2023). Bahasa Persuasif dalam Iklan Bisnis Onlinen di Media Sosial. Jurnal Cakrawala Indonesia, 8(1), 87-91.

Sari, Y., & Samaya, D. (2021). Analisis Wacana Persuasif Iklan Produk Kecantikan Pada Media Online Tribun Sumsel dan Implikasinya Terhadap Pembelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Didactique Bahasa Indonesia, 2(2), 59-68.http://dx.doi.org/10.52333%2Fdidactique.v2i2.873

Setyawati, N., & Indrariani, E. A. (2021, October). Kevariasian Bahasa dalam Iklan Kuliner Khas Semarang di Website. In Prosiding Seminar Nasional Pertemuan Ilmiah Bahasa dan Sastra Indonesia (PIBSI) (Vol. 43, No. 1, pp. 238-249).

Sulistriyani & Kuntoro. (2020). Analisis Wacana Persuasif untuk Memotivasi Diri dalam Poster Covid-19 Pembelajaran Daring Siswa Kelas 6 Al Mujib SD Al Irsyad Al Islamiyah 02 Purwokerto. Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra, 7(1), 83-99.

Susanthi, I. G. A. A. D., Umiyati, M., Nurwahyuni, K. (2021). Pelatihan Penulisan Bahasa Iklan dan Strategi Promosi di Masa Pandemi. Postgraduate Community Service Journal, 2(1): 1-9.

Suwandi. (2020). Teknik Persuasif dalam Spanduk Kampanye Calon Kepala Desa Tahun 2019 di Kecamatan Kedamean kabupaten Gresik. Jurnal Ilmiah Bahasa Sastra dan Pembelajarannya, 9(1), 19-29.