Penggunaan Media Gambar Untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Poster Siswa Kelas VIII SMP Negeri 49 Merangin

Authors

  • Febri Saputra Nugraha Nugraha

DOI:

https://doi.org/10.22437/dikbastra.v4i2.17082

Abstract

Abstrak

___________________________________________________________________

Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan peningkatan nilai menulis poster siswa setelah menggunakan media gambar, proses pembelajaran menulis menggunakan media gambar, serta perubahan perilaku siswa kelas VIII SMP Negeri 49 Merangin setelah mengikuti pembelajaran menulis poster menggunakan media gambar. Penelitian ini menggunakan desain penelitian tindakan kelas dan berlangsung dalam dua siklus. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes dan teknik nontes. Hasil penelitian menulis poster diketahui bahwa proses pembelajaran menulis poster menggunakan media gambar berlangsung kondusif, intensif, dan menyenangkan. Hal tersebut telihat dari hasil keterampilan menulis poster siswa yang selalu meningkat dari prasiklus sampai siklus II. Pada tahap prasiklus, nilai rata-rata menulis poster sebesar 63,8. Pada siklus I meningkat sebesar 1% menjadi 64,8, pada siklus II meningkat sebesar 8% sehingga nilai menjadi 72,8. Dengan adanya media gambar membuktikan dapat meningkatkan nilai menulis poster.

Kata kunci: Media gambar, keterampilan menulis poster.

 Abstract

___________________________________________________________________

The purpose of this study was to describe the increase in students' poster writing scores after using picture media, the process of learning to write using picture media, and changes in the behavior of eighth grade students of SMP Negeri 49 Merangin after participating in poster writing lessons using picture media. This study uses a classroom action research design and takes place in two cycles. Data collection techniques using test techniques and non-test techniques. The results of the research on writing posters showed that the learning process for writing posters using picture media was conducive, intensive, and fun. This can be seen from the results of students' poster writing skills which always increase from pre-cycle to cycle II. At the pre-cycle stage, the average score for writing posters is 63.8. In the first cycle it increased by 1% to 64.8, in the second cycle it increased by 8% so that the value became 72.8. With the image can increase the value of writing poster.

.Key Words: Picture media, poster writing skills.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2022-02-09

How to Cite

Saputra Nugraha, F. (2022). Penggunaan Media Gambar Untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Poster Siswa Kelas VIII SMP Negeri 49 Merangin. DIKBASTRA: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 4(2). https://doi.org/10.22437/dikbastra.v4i2.17082