PENGARUH PEMBELAJARAN BERBASIS PETA KONSEP TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS PERSUASI SISWA SMP

Authors

  • Sesi Risanti Universitas Jambi

DOI:

https://doi.org/10.22437/dikbastra.v4i1.11761

Keywords:

artikel sesi risanti

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan mendeskripsikan perbedaan antara kelas kontrol dan kelas eksperimen dalam pembelajaran menulis teks persuasi dan pengaruh pembelajaran berbasis peta konsep terhadap kemampuan siswa menulis teks persuasi.

Metode yang digunakan dalam penelitian ini ialah metode kuasi eksperimen. Desain penelitian menggunakan nonequivalent control grup design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 23 Kota Jambi, dengan sampel kelas VIII A sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII B sebagai kelas control.

Hasil pemerolehan gain skor menunjukkan bahwa terdapat 19 siswa dengan gain skor berkategori tidak efektif, yakni 5  siswa dari kelas eksperimen dan 14  siswa dari kelas kontrol. Gain skor dengan kategori kurang efektif diperoleh oleh 9  siswa, yakni 6  dari kelas eksperimen dan 3  dari kelas kontrol. Data selanjutnya, 15  siswa memperoleh gain skor dengan kategori cukup efektif, yakni 9  siswa dri kelas eksprimen dan 6  siswa dari kelas kontrol. Gain skor kategori efektif diperoleh oleh 6  siswa hanya dari kelas eksperimen. Selain itu, hasil uji-t menunjukkan bahwa nilai thitung = 3.851 > ttabel = 2.01290 pada taraf signifikansi 0.005 yang membuktikan adanya pengaruh penerapan pembelajaran berbasis peta konsep terhadap kemampuan menulis teks persuasi siswa.

 

Kata kunci: Pembelajaran berbasis peta konsep, menulis teks persuasi

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2022-02-02

How to Cite

Risanti, S. (2022). PENGARUH PEMBELAJARAN BERBASIS PETA KONSEP TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS PERSUASI SISWA SMP. DIKBASTRA: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 4(1). https://doi.org/10.22437/dikbastra.v4i1.11761