PENGARUH PEMBELAJARAN BERBASIS PETA KONSEP TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS PERSUASI SISWA SMP
DOI:
https://doi.org/10.22437/dikbastra.v4i1.11761Keywords:
artikel sesi risantiAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan mendeskripsikan perbedaan antara kelas kontrol dan kelas eksperimen dalam pembelajaran menulis teks persuasi dan pengaruh pembelajaran berbasis peta konsep terhadap kemampuan siswa menulis teks persuasi.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini ialah metode kuasi eksperimen. Desain penelitian menggunakan nonequivalent control grup design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 23 Kota Jambi, dengan sampel kelas VIII A sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII B sebagai kelas control.
Hasil pemerolehan gain skor menunjukkan bahwa terdapat 19 siswa dengan gain skor berkategori tidak efektif, yakni 5 siswa dari kelas eksperimen dan 14 siswa dari kelas kontrol. Gain skor dengan kategori kurang efektif diperoleh oleh 9 siswa, yakni 6 dari kelas eksperimen dan 3 dari kelas kontrol. Data selanjutnya, 15 siswa memperoleh gain skor dengan kategori cukup efektif, yakni 9 siswa dri kelas eksprimen dan 6 siswa dari kelas kontrol. Gain skor kategori efektif diperoleh oleh 6 siswa hanya dari kelas eksperimen. Selain itu, hasil uji-t menunjukkan bahwa nilai thitung = 3.851 > ttabel = 2.01290 pada taraf signifikansi 0.005 yang membuktikan adanya pengaruh penerapan pembelajaran berbasis peta konsep terhadap kemampuan menulis teks persuasi siswa.
Kata kunci: Pembelajaran berbasis peta konsep, menulis teks persuasi