Persepsi Penggunaan Bola Jahit Dan Tempel Pada Atlet SSB Golazo Kota Jambi

Authors

  • Ratu Wiya Permata Pendidikan Olahraga dan Kesehatan, Universitas Jambi
  • Ilham Ilham Pendidikan Olahraga dan Kesehatan, Universitas Jambi
  • Grafitte Dechline Pendidikan Olahraga dan Kesehatan, Universitas Jambi

DOI:

https://doi.org/10.22437/csp.v13i2.32389

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengeksplorasi persepsi para atlet muda terhadap dua jenis bola, yaitu bola jahit dan bola tempel, serta menentukan mana yang lebih nyaman digunakan dalam sesi latihan dan pra-pertandingan bagi atlet SSB Golazo Kota Jambi. Metode yang digunakan adalah Deskriptif Kuantitatif, yang memaparkan suatu peristiwa dengan menguji hipotesis menggunakan sampel dan populasi tertentu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mayoritas responden memiliki persepsi sangat baik dan baik terhadap bola jahit (100%), sementara persepsi terhadap bola tempel cenderung kurang baik, dengan sekitar 28% responden memiliki persepsi buruk. Secara keseluruhan, bola jahit dianggap nyaman dan sangat nyaman digunakan oleh atlet SSB Golazo Kota Jambi, sedangkan bola tempel umumnya dianggap kurang nyaman dan tidak efektif. Meskipun kedua bola dinilai kurang praktis, skor rata-rata praktikalitas penggunaan bola jahit lebih tinggi dibandingkan bola tempel. Dari hasil penelitian, disimpulkan bahwa atlet SSB Golazo Kota Jambi memiliki pandangan yang berbeda terhadap bola jahit dan bola tempel, dengan skor rata-rata persepsi penggunaan bola jahit menunjukkan kualitas "baik" dan bola tempel menunjukkan kualitas "cukup baik".

 Kata Kunci : Persepsi Atlet, Penggunaan Bola Jahit, Bola Tempel

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aguss, R. M., & Yuliandra, R. (2020). Persepsi Atlet Futsal Putra Universitas Teknokrat Indonesia Terhadap Hipnoterapi Dalam Meningkatkan Konsentrasi Saat Bertanding. Jurnal Penjaskesrek, 7(2), 274-288.

Anas Sudijono (2015), Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Arikunto,S (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta:Rineka Cipta.

Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta : Rineka Cipta.

Aryanti, S., Solahuddin, S., & Azhar, S. (2021). Halaman Olahraga Nusantara (Jurnal Ilmu Keolahragaan), 4(2), 305-317.

Bimo Walgito.(2002). Pengantar Psikologi Umum. Yogyakarta : Andi Yogyakarta

Davis, Mark.(2019) “Prinsip dan Bahan Desain dalam Pembuatan Bola Sepak.” Jurnal Teknik Olahraga,

Diana Darmawati, T., Rahayu, A. R & R.C. (2017). Leadership Guru Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan di SMP Ogan Komering Ulu Timur Sumatera Selatan. Journal Of Physial Education and Sports, 6(2), 108-116. https://doi.org/https://doi.org/10.15294/jpes.v6i2.173559

Jalaluddin Rakhmat. (2001). Psikologi Komunikasi.Bandung : PT. Rosda Karya.

Johnson, Mary. (2016). “Sepak Bola : Aspek Teknis dan Taktis.ra” Penerbit Sepak Bola Terbaik.

Kasmawati., St, & Purwaka Hadi,. dan Muhammad Ikhsan Mubaraq (2023). “ Penggunaan Bola Berbunyi dalam Meningkatkan Kemampuan Teknik Dasar Permainan Sepak Bola pada Murid Tunanetra Kelas X di SLB/A Yukartuni Makassar

Lyakrus, I. (2018). Pendidikan Jasmani, Olahraga Dan Prestasi. Altius: Jurnal Ilmu Olahraga dan Kesehatan, 7(2).

Mar’at, S. (2009). Psikologi Perkembangan. Bandung: Remaja Rosdakarya

Muhajir, (2004).Pendidikan Jasmani Teori dan Praktek.Jakarta : Erlangga

Naldi, I. Y., & Irawan, R. (2020) “Kontribusi Kemampuan Motorik Terhadap Kemampuan Teknik Dasar Pada Atlet SSB ( Sekolah Sepak Bola ) Balai Baru Kota Padang”. Jurnal Performa Olahraga,5(1),6-11

Priyambada, G., Rahaja, A. T,.& Putra, F. (2018).Persepsi dan minat pelatih olahraga sekolah khusus olahraga internasional terhadap sport massage. Jurnal Keolahragaan, 6(1), 77-86.

Rismayanthi, C. (2012). Persepsi Atlet Terhadap Macam, Fungsi Cairan, dan Kadar Hidrasi Tubuh di Unit Kegiatan Olahraga UNY. MEDIKORA, IX(1)Oktober.

Smith, John, (2018). “ Teori Sepak Bola Modern : Pendekatan Terhadap Penggunaan Bola dalam Pelatihan dan Pertandingan.” Penerbit Sepak Bola Terbaik.

Sudijono, A (2016) Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada

Sudijono, A. (2016). Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada

Sugiyono,(2011). Metode Penelitian Kuantitatif dan R & D, Bandung: Alfabeta

Sugiyono (2018). Metodologi Penelitian Administrasi, Jakarta : CV:Alfabeta.

Sugiyono, (2019). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta

Published

2024-11-29

How to Cite

Permata, R. W., Ilham, I., & Dechline, G. (2024). Persepsi Penggunaan Bola Jahit Dan Tempel Pada Atlet SSB Golazo Kota Jambi. Cerdas Sifa Pendidikan, 13(2), 130-144. https://doi.org/10.22437/csp.v13i2.32389