Pengembangan Bahan Ajar berbasis Komik Materi Pteridophyta pada Mahasiswa Pendidikan Biologi UIN Alauddin Makassar
The Development of Teaching Materials of Pteridophyta Based on Comic Design for Biology Education Students at UIN Alauddin Makassar
DOI:
https://doi.org/10.22437/bio.v6i2.8855Abstract
Abstrak
Bahan ajar adalah seperangkat materi pelajaran yang mengacu pada kurikulum yang digunakan dalam rangka mencapai standar kompetensi dan kompetensi dasar yang telah ditentukan. Tujuan dari dilakukannya penelitian ini yaitu untuk mendapatkan bahan ajar berbasis komik pada materi Pteridophyta pada mahasiswa Pendidikan Biologi yang valid, praktis dan efektif.
Jenis penelitian yang akan digunakan dalam penelitian ini yaitu jenis penelitian pengembangan, yang lebih dikenal dengan istilah Research & Development (R & D). Model pengembangan yang dipakai pada peneitian ini adalah model ADDIE. Lokasi penelitian yang dipilih oleh peneliti adalah Jurusan Pendidikan Biologi Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri (UIN) Alauddin Makassar.
Berdasarkan hasil penilaian validator, tingkat kevalidan bahan ajar berbasis komik materi pteridophyta berada pada kategori valid dengan nilai rata-rata total kevalidan komik pembelajaran yaitu Va = 4.45 (4 ≤ Va < 5). Berdasarkan hasil penilaian respon peserta didik maka tingkat kepraktisan bahan ajar berbasis komik materi pteridophyta berada pada kategori praktis dengan nilai rata-rata Va = 4.33 (4≤Va<5) dan nilai rata-rata total kevalidan instrument angket respon Dosen terhadap komik pembelajaran yaitu Va = 4.36 (4≤Va<5). Berdasarkan hasil tes belajar peserta didik tingkat keefektifan bahan ajar berbasis komik materi pteridophyta berada pada kategori sangat baik dengan nilai rata-rata hasil peserta didik yaitu 86.92
Downloads
Downloads
Published
Versions
- 2020-06-04 (1)
- 2020-06-04 (1)
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright Notice
Authors who publish with Biodik : Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi agree to the following terms:
- For all articles published in Biodik : Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi, copyright is retained by the authors and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International Licensethat allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).