Pengembangan Bahan Ajar berbasis Komik Materi Pteridophyta pada Mahasiswa Pendidikan Biologi UIN Alauddin Makassar

(The Development of Comic-based Teaching Materials on Pteridophyta for Biology Education Students at UIN Alauddin Makassar)

Authors

  • Syahriani Syahriani Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
  • Sofyan Sofyan Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar

DOI:

https://doi.org/10.22437/bio.v6i2.8855

Abstract

Teaching material is a set of material referred to the national curriculum in order to achieve the competence standards.  The purpose of this research is to obtain valid, practical and effective comic-based teaching materials on Pteridophyta for Biology Education students. This research applies the Research and Development method with ADDIE design: Anlysis, Design, Development, Implementation and Evaluation. This research was conducted in the Department of Biology Education at the Tarbiyah and Teaching Faculty of the State Islamic University (UIN) Alauddin Makassar. The instruments used were student and lecturer questionnaires and diagnostic tests consist of multiple choice questions. According to the validation results, the comic-based teaching materials are categorised as valid with the average total of validity value Va = 4.45 (4 ≤ Va <5). Based on the student and lecturer questionnaire results, the practicality of the comic-based teaching materials is categorised as practical with an average value of Va = 4.33 (4aVa <5) and Va = 4.36 (4≤Va <5) respectively. According to the students’ test results, the efficacy of the comic-based teaching materials is categorised as “very goodâ€, indicated by the students’ average score that reached 86.92.

Abstrak. Bahan ajar adalah seperangkat materi pelajaran yang mengacu pada kurikulum yang digunakan dalam rangka mencapai standar kompetensi dan kompetensi dasar yang telah ditentukan. Tujuan dari dilakukannya  penelitian ini yaitu untuk mendapatkan bahan ajar berbasis komik pada materi Pteridophyta pada mahasiswa Pendidikan Biologi yang valid, praktis dan efektif. Penelitian ini menggunakan metode  Research and  Development dengan desain ADDIE: Anlysis, Design, Develpment, Implementation and Evaluation. Penelitian ini dilaksankan di Jurusan Pendidikan Biologi Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri (UIN) Alauddin Makassar.Instumen yang digunakan berupa angket repson mahasiswa, dosen dan diagnostic test berupa pilihan ganda   Berdasarkan hasil penilaian validator, tingkat kevalidan bahan ajar berbasis komik materi pteridophyta berada pada kategori valid dengan nilai rata-rata total kevalidan  komik pembelajaran yaitu Va = 4.45 (4 ≤ Va < 5). Berdasarkan hasil penilaian respon mahasiswa maka tingkat kepraktisan bahan ajar berbasis komik materi pteridophyta berada pada kategori praktis dengan nilai rata-rata Va = 4.33 (4≤Va<5) dan nilai rata-rata total kevalidan angket respon  Dosen  terhadap  komik pembelajaran yaitu Va = 4.36 (4≤Va<5). Berdasarkan hasil tes belajar mahasiswa tingkat keefektifan bahan ajar berbasis komik materi pteridophyta berada pada kategori sangat baik dengan nilai rata-rata hasil mahasiswa yaitu 86.92.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ahmad, N. S. dan R. (2008). Media Pengajaran. Bandung: Penerbit Sinar Baru Algensindo.
Arikunto, S. (2013). Dasar-dasar evaluasi pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Arsyad, A. (2009). Media Pembelajaran. Jakarta: PT.Raja Grafindo Persada.
Arsyad, A. (2011). Media Pembelajaran. Jakarta: PT.Raja Grafindo Persada.
Astuti, N. W. (2012). Pengembangan Media Cerpen Biologi untuk SMA/MA Kelas X Semester Gasal Materi Pokok Virus. 368.
Bingimlas, K. A. (2009). Barriers to the successful integration of ICT in teaching and learning environments: A review of the literature. Eurasia Journal of Mathematics, Science and Technology Education, 5(3), 235–245. https://doi.org/10.12973/ejmste/75275
Fajriah, Z. L., & Anggereini, E. (2016). Pengembangan Edu Komik Sebagai Bahan Ajar Berbasis Pendidikan Karakter Pada Materi Interaksi Mahluk Hidup Dan Lingkungannya Di Sekolah Menengah Pertama. Biodik, 2(1).
Lestari, I. (2013). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Kompetensi (Sesuai dengan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan). Padang: Akademia Permata.
Listiyani, I. M., & Widayati, A. (2012). Pengembangan Komik Sebagai Media Pembelajaran Akuntansi Pada Kompetensi Dasar Persamaan Dasar Akuntansi Untuk Siswa Sma Kelas Xi. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 10(2), 80–94. https://doi.org/10.21831/jpai.v10i2.914
Maksum, A. (2012). Pengumpulan data. JURNAL Metode Pengumpulan Data, agustus, 107.
Pritandhari, M. (2016). Penerapan Komik Strip Sebagai Media Pembelajaran Mata Kuliah Manajemen Keuangan Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Metro. PROMOSI (Jurnal Pendidikan Ekonomi), 4(2), 1–7. https://doi.org/10.24127/ja.v4i2.631
Puspitorini, R., Prodjosantoso, A. K., Subali, B., & Jumadi, J. (2014). Penggunaan Media Komik Dalam Pembelajaran Ipa Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Kognitif Dan Afektif. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 3(3), 413–420. https://doi.org/10.21831/cp.v3i3.2385
Sadikin, A., Saudagar, F., & Muslim, F. (2018). Development of the Biology Textbook of Process Evaluation and Learning Outcome for Students in Biology Education, University of Jambi. BIODIK, 4(2), 83–94. https://doi.org/https://doi.org/10.22437/bio.v4i2.6120
Saputro, A. D. (2015). Aplikasi Komik sebagai Media Pembelajaran. M U A D D I B, 05(01), ISSN 2088-3390.
Sugiyono. (2006). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.
Syafa’ah, A. (2014). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Cerita Bergambar / Komik Materi Pokok Konsep Pembagian Dengan Pendekatan Inquiry Siswa Kelas III SDN Jatimulyo II Malang. Skripsi S1 Pendidikan. Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang.
Syaichudin, R. D. N. dan M. (2016). Pengembangan Media Komik Pembelajaran Matematika Untuk Meningkatkan Pemahaman Bentuk Soal Cerita Bab Pecahan Pada Siswa Kelas V SDN Ngembung.
Ubhiyati, A. A. dan N. (2007). Ilmu Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Downloads

Published

2020-06-04 — Updated on 2020-06-04

Versions

How to Cite

Syahriani, S., & Sofyan, S. (2020). Pengembangan Bahan Ajar berbasis Komik Materi Pteridophyta pada Mahasiswa Pendidikan Biologi UIN Alauddin Makassar: (The Development of Comic-based Teaching Materials on Pteridophyta for Biology Education Students at UIN Alauddin Makassar). BIODIK, 6(2), 118-132. https://doi.org/10.22437/bio.v6i2.8855

Issue

Section

Articles