This is an outdated version published on 2019-06-24. Read the most recent version.

Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) Berbantuan Aplikasi Moodle untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif Peserta Didik di SMA Negeri Titian Teras Jambi

DOI:

https://doi.org/10.22437/bio.v5i1.6393

Keywords:

Hasil Belajar, aplikasi Moodle, Numbered Heads Together (NHT).

Abstract

The ability of students to understand the biological material conveyed by the teacher is certainly different from each other, therefore we need the right learning model and media to be used in the learning process. The discussion method commonly used by teachers has not been able to improve learning outcomes to the fullest. This is evidenced by the low participation of students in group discussions. Discussion is dominated by only certain students. This affects the cognitive learning outcomes of participants, it can be seen that the results of the correct answers to the questions about Genetic Material at the first try out of UN and USBN in 2018 were 40.28%, the second try out was 64.18% and USBN 2018 was 40.12%. still far below the KKM for 3.3 KD, which is 75. One solution that can be done immediately is through PTK, by implementing NHT type cooperative learning assisted by the Moodle application to improve cognitif learning achievement of students. The research instrument used was a test with multiple choice questions in two cycles. The results of the first cycle test showed an increase in classical completeness from the pre-action results which was 20.83%, increasing to 70.83%. In cycle 2 classical completeness increased to 78.26% and has reached the limit specified in the Action Success Index of 75%.

Keywords: Learning Achievement, aplikasi Moodle, Numbered Heads Together (NHT).

Abstrak. Kemampuan peserta didik dalam memahami materi biologi yang disampaikan oleh guru tentu berbeda satu sama lain, oleh karena itu dibutuhkan model dan media pembelajaran          yang tepat untuk digunakan dalam proses pembelajaran. Metode diskusi yang biasa digunakan guru belum mampu meningkatkan hasil belajar secara maksimal. Hal ini dibuktikan dengan rendahnya partisipasi peserta didik dalam melakukan diskusi kelompok. Diskusi didominasi oleh peserta didik tertentu saja. Hal ini berimbas kepada hasil belajar kognitif peserta,terlihat bahwa hasil jawaban benar pada soal tentang Materi Genetik pada try out pertama UN dan USBN tahun 2018 sebesar 40,28%, try out kedua  sebesar  64,18% dan USBN 2018 sebesar 40,12% masih jauh dibawah KKM untuk KD 3.3 yakni 75. Salah satu solusi yang dapat dilakukan segera adalah melalui PTK, dengan menerapkan pembelajaran kooperatif tipe NHT berbantuan aplikasi Moodle untuk meningkat hasil belajar kognitif peserta didik. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes dengan bentuk soal pilihan ganda, dilakukan dalam 2 siklus. Hasil tes siklus 1 menunjukkan adanya peningkatan ketuntasan klasikal dari hasil pratindakan yakni 20,83% meningkat menjadi 70,83%. Pada siklus 2 ketuntasan klasikal meningkat menjadi 78,26% dan telah mencapai batas yang ditentukan dalam Indeks Keberhasilan Tindakan yakni 75%.

Kata Kunci: Hasil Belajar, aplikasi Moodle, Numbered Heads Together (NHT).

Downloads

Download data is not yet available.

References

Afandi, M. (2013). Model dan Metode Pembelajaran di Sekolah. Unissula Press: Semarang.

Aina, M., & Sadikin, A. (2015). Profil Berpikir Kreatif Mahasiswa Tipe Phlegmatis dalam Pemecahan Masalah pada Mata Kuliah Dasar dan Proses Pembelajaran Biologi. Jurnal Penelitian Universitas Jambi: Seri Humaniora, 17(1).

Anggraeini, R., Rini, R., & Sugiman, S. (2018). Perbandingan Hasil Belajar Menggunakan Model Pembelajaran Numbered Head Together Dengan Group Investigation. Jurnal Pedagogi, 8(8).

Amri, E.(2014). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT(Numbered Heads
Together) Berbantuan Komputer untuk Meningkatkan Keterampilan Sosial dan Hasil
Belajar Siswa. Tesis: UniversitasBengkulu, Bengkulu

Arifin, Z. (2016). Evaluasi Pembelajaran. Remaja Rosdakarya: Bandung.

Irawan, R., & Surjono, H. D. (2018). Pengembangan e-learning berbasis moodle dalam peningkatkan pemahaman lagu pada pembelajaran bahasa inggris. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 5(1), 1-11.

Iskandar, A. P., & Leonard, L. (2018). Model pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) dengan strategi pembelajaran tugas dan paksa. In Seminar Nasional dan Diskusi Panel Multidisiplin Hasil Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat 2018 (Vol. 1, No. 1).

Isjoni. (2013). Pembelajaran Kooperatif; Meningkatkan Kecerdasan Komunikasi Antar Peserta
Didik. Pustaka Pelajar: Yogyakarta

Iswanto, H. (2007). Pemanfaatan Multimedia Power Point untuk Meningkatkan Motivasi
dan Hasil Belajar Siswa Pada Konsep Sistem Saraf di SMP Roudlotus Saidiyyah
Semarang. Htttpslib.unnes.ac.id121512098.pdf Diakses pada tanggal 13 Januari
2019 pukul: 10.30 WIB

Khasanah, A. N., Wahyuni, E. T., & Astuti, A. P. (2017). Upaya Peningkatan Prestasi Belajar Siswa Menggunakan Model Pembelajaran NHT (Numbered Heads Together). In Prosiding Seminar Nasional & Internasional.

Malik, A. (2018). Fungsi Komunikasi Antara Guru dan Siswa dalam Meningkatkan Kualitas
Pendidikan. Diakses 26 Oktober 2018 dari httpsejournal.undip.ac.id.

Muhaimin, M., Habibi, A., Mukminin, A., Saudagar, F., Pratama, R., Wahyuni, S., Sadikin.A, & Indrayana, B. (2019). A Sequential Explanatory Investigation of TPACK: Indonesian Science Teachers' Survey and Perspective. Journal of Technology and Science Education, 9(3), 269-281.

Omika, H.A. (2017). Pengembangan Soal Computer Based Test (CBT) Berbasis Software
Moodle Pada Pembelajaran Sosiologi SMA Kelas XI.Tesis: Universitas Jambi, Jambi

Prastiti, W. (2016). Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together
(NHT) Pada Materi Gerak Parabola dan GerakMelingkar Melalui Kegiatan Lesson
Study. Jurnal Pendidikan Fisika Vol. IV No. 1

Perdana, I. P. M., Adi, I. P. P., Wijaya, I. M. K., Ked, S., & Kes, M. (2018). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together Terhadap Hasil Belajar Teknik Dasar Passing Bola Voli. Jurnal Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan Undiksha, 8(2).
Priyayi, D.F. Keliat, N.R. Hastuti, S.P. (2018). Masalah Dalam Pembelajaran Biologi Sekolah
Menengah Atas di Salatiga dan Kabupaten Semarang. Didaktika Biologi: Jurnal Penelitian
Pendidikan Biologi 2 (2).

Sadikin, A. (2017). Pengaruh penerapan strategi pembelajaran Rotating Trio Exchange terhadap hasil belajar mata kuliah Dasar-Dasar dan Proses Pembelajaran Biologi. BIODIK, 3(2), 73-80.

Slavin, R.E. (2016). Cooperative Learning: Teori, Riset, Praktek. Terjemahan oleh: N. Yusron.
Nusa Media: Bandung.

Stahl, G., Sharplin, E., & Kehrwald, B. (2018). Real-Time Coaching and Pre-Service Teacher Education. Australia: Springer. https://doi.org/10.1007/978-981-10-6397-8

Sadikin, A., Aina, M., & Hakim, N. (2016). Penerapan asesmen berbasis portofolio dan jurnal belajar untuk meningkatkan kemampuan metakognitif dan motivasi belajar mahasiswa pada mata kuliah Perencanaan Pengajaran Biologi. BIODIK, 2(2), 50-61.

Subana. (2015). Statistik Pendidikan. Pustaka Setia: Bandung.

Tan, O.-S., Liu, W.-C., & Low, E.-L. (Eds.). (2017). Teacher Education in the 21st Century Singapore’s Evolution and Innovation. Singapore. https://doi.org/10.1007/978-981-10-3386-5
Wahyuningsih, D. Murwani, S. (2015). Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Biologi Melalui Implementasi Model Numbered Head Together Pada Siswa Kelas XI SMA Negeri 2 Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains Tahun III No. 1

Yuliana, L. R., Susanti, R., & Bintari, S. H. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Sistem Ekskresi. Journal of Biology Education, 7(2), 209-215.

Downloads

Published

2019-06-24

Versions

How to Cite

Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) Berbantuan Aplikasi Moodle untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif Peserta Didik di SMA Negeri Titian Teras Jambi. (2019). BIODIK, 5(1), 68-80. https://doi.org/10.22437/bio.v5i1.6393

Issue

Section

Articles