This is an outdated version published on 2019-06-24. Read the most recent version.

Upaya Meningkatkan Penguasaan Konsep Melalui Model Problem Based Learning pada Materi Protista Kelas X di SMA Muhammadiyah Sekayu

DOI:

https://doi.org/10.22437/bio.v5i1.6392

Keywords:

Penguasaan Konsep, Problem Based Learning

Abstract

This study aims to improve the mastery of concepts in protist material in class X SMA Muhammadiyah Sekayu through the application of Problem Based Learning (PBL) models. The sample of research was grade X high school students of Muhammadiyah Sekayu, consisting of 13 students: 6 female and 7 male students. It is classroom action research with three cycles. The stages carried out in the study were (1) planning, (2) implementation, (3) observation, (4) reflection. The achievement indicator is 75% in classical scale. The results showed that the the mastery of students’ concepts in classical are 0% in the first cycle, 30% in the second cycle, and 75% in the third cycle. Thus it can be concluded that the application of the PBL model can improve the mastery of students’ concepts in the protist material in class X SMA Muhammadiyah Sekayu.  

Keywords: Concept Mastery, Problem Based Learning

Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk memperbaiki penguasaan konsep pada materi Protista di kelas X SMA Muhammadiyah Sekayu melalui penerapan model Problem Based Learning (PBL). Subjek penelitian adalah siswa kelas X SMA Muhammadiyah Sekayu yang berjumlah 13 siswa, terdiri dari 6 siswa perempuan dan 7 siswa laki-laki. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan tiga siklus. Tahapan yang dilaksanakan dalam penelitian meliputi (1) Perencanaan; (2) Pelaksanaan; (3) Pengamatan; (4) Refleksi. Capaian indikator keberhasilan penelitian adalah perolehan nilai hasil tes penguasaan konsep secara klasikal 75%. Hasil penguasaan konsep siswa secara klasikal yaitu 0% pada siklus pertama, 30% pada siklus kedua, dan 75% pada siklus ketiga. Dengan demikian dapat disimpulkan adanya penerapan model PBL dapat meningkatkan penguasaan konsep siswa pada materi Protista di kelas X SMA Muhammadiyah Sekayu.

Kata Kunci: Penguasaan Konsep, Problem Based Learning

Downloads

Download data is not yet available.

References

Afcariano, M. (2008). Penerapan Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Siswa pada Mata Pelajaran Biologi. Jurnal Pendidikan Inovatif, 3 (2): 65-68.
Agustin, V. N.. (2013). Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Problem Based Learning (PBL). Journal of Elementary Education, 2 (1): 36-44.
Delismar, D., Asyhar, R., & Hariyadi, B. (2013). Peningkatan kreativitas dan keterampilan proses sains siswa melalui penerapan model Group Investigation. EDUSAINS, 2(1).
Gultom, M. (2018). Pengaruh Pendekatan Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Kemempuan Berpikir Kritis Di Mts Negeri RantauprapaT. Jurnal Pembelajaran dan Biologi Nukleus, 4(2), 1-5.
Hasmunarti, H., Bahri, A., & Idris, I. S. (2019). Analisis Kebutuhan Pengembangan Blended Learning Terintegrasi Strategi PBLRQA (Problem-Based Learning and Reading, Questioning & Answering) pada Pembelajaran Biologi. Biology Teaching and Learning, 1(2).
Istikharah, R. dan Zulkifli S.. (2017). Pengembangan Lembar Kegiatan Peserta Didik (LKPD) Kelas X SMA/MA pada Materi Pokok Protista Berbasis Pendekatan Ilmiah. Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains, 12 (1): 1-6.
Marwoto. (2015). Strategi Guru Sejarah dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa pada Materi Pelajaran Sejarah di SMAN 10 Pekan Baru. Jurnal Ilmu-ilmu Sejarah, Budaya dan Sosial, 26-31.
Noviar, D., dan Dwi R. H.. (2015). Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) Berbasis Scientific Approach terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas X Di SMA N 2 Banguntapan T.A 2014/2015. Jurnal Bioedukasi, 8 (2): 42-47.
Octovi, C., Sajidan, dan Baskoro A. P.. (2015). Pembelajaran Biologi dengan Model Berbasis Group Discovery Learning (GDL) pada Materi Protista. Jurnal Inkuiri, 4 (3):29-38.
Rusman. (2012). Model-model Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Sadikin, A. (2017). Pengaruh penerapan strategi pembelajaran Rotating Trio Exchange terhadap hasil belajar mata kuliah Dasar-Dasar dan Proses Pembelajaran Biologi. BIODIK, 3(2), 73-80.
Saharsa, U., Qaddafi, M., & Baharuddin, B. (2018). Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Video Based Laboratory Terhadap Peningkatan Pemahaman Konsep Fisika. Jurnal Pendidikan Fisika, 6(2), 57-64.
Stahl, G., Sharplin, E., & Kehrwald, B. (2018). Real-Time Coaching and Pre-Service Teacher Education. Australia: Springer. https://doi.org/10.1007/978-981-10-6397-8
Sadikin, A., Saudagar, F., & Muslim, F. (2018). Development of the Biology Textbook of Process Evaluation and Learning Outcome for Students in Biology Education, University of Jambi. BIODIK, 4(2), 83-94
Stenberg, K., Karlsson, L., & Pitkaniemi, H. (2014). European Journal of Teacher Education Beginning student teachers ’ teacher identities based on their practical theories. European Journal of Teacher Education, 34(2), 204–219.
Sadikin, A., Aina, M., & Hakim, N. (2016). Penerapan asesmen berbasis portofolio dan jurnal belajar untuk meningkatkan kemampuan metakognitif dan motivasi belajar mahasiswa pada mata kuliah Perencanaan Pengajaran Biologi. BIODIK, 2(2), 50-61.
Satutik Rahayu, N. L. dan I. G. M. (2018). Development Teaching Basic Skill’s VCD Media to Improve Teaching Skills in Subjects Micro Teaching. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Teknologi, 4(2), 247–252. https://doi.org/10.29303/jpft.v4i2.837
Sadikin, A. (2018). The Implementation of Learning Journal to Improve University Students’ Motivation in Basic and Process of Learning Biology Subject. Bioeducation Journal, 2(1), 70-75.
Sari, L. S. P.. (2014). Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematika Siswa Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Pendidikan Matematika, 3 (3): 143-150.
Tyasning, D. M., Haryono, dan Nanik D. H.. (2012). Penerapan Model Pembelajaran TGT (Teams Games Tournaments) Dilengkapi LKS untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Materi Minyak Bumi pada Siswa Kelas X-4 SMA Batik 1 Surakarta Tahun Pelajaran 2011/2012. Jurnal Pendidikan Kimia, 1 (1): 26-33.
Utomo, T., Dwi W., dan Slamet H.. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning) terhadap Pemahaman Konsep dan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa (Siswa Kelas VIII Semester Gasal SMPN 1 Sumbermalang Kabupaten Situbondo Tahun Ajaran 2012/2013). Jurnal Edukasi Unej, 1 (1): 5-9.
Yana, D., Hajidan, dan Intan S.. (2016). Pemberian Reward and Punishment Sebagai Upaya Meningkatkan Prestasi Siswa Kelas V di SDN 15 Lhoksemawe. Jurnal Ilmiah Pendidikan Sekolah Dasar Guru FKIP Unsyiah, 1 (2): 11-18.
Wiwik, W., & Rambitan, V. M. (2018). Problem Analysis in the Development Needs of the Problem Based Learning and Discovery Learning Integrated Learning Model Tools Biology Concept Improvement of Students at SMA Negeri 1 Samarinda. BIODIK, 4(1), 26-35.
Zulfaidhah, Evie Palenewen, A. Hardoko (2018). Needs Analysis in the Problem Based Learning (PBL) Model Tools and Problems Regarding 7th Grade Students’ Science Learning Outcome at SMPN 2 Bongan. BIODIK, 4(1), 162-172.

Downloads

Published

2019-06-24

Versions

How to Cite

Upaya Meningkatkan Penguasaan Konsep Melalui Model Problem Based Learning pada Materi Protista Kelas X di SMA Muhammadiyah Sekayu. (2019). BIODIK, 5(1), 59-67. https://doi.org/10.22437/bio.v5i1.6392

Issue

Section

Articles