Pengembangan E- Modul Pembelajaran Lingkungan Hidup Terintegrasi Nilai-Nilai Perilaku Pro Environmental dengan Aplikasi 3D Pageflip Profesional untuk Siswa SMA Sebagai Upaya Menjaga Lingkungan Hidup Berkelanjutan (Sustainable Environment)

Authors

  • Evita Anggereini Universitas Jambi

DOI:

https://doi.org/10.22437/bio.v3i2.5499

Abstract

sebagian besar masalah lingkungan yang disebabkan karena perilaku manusia dalam berinteraksi dengan lingkungan. Oleh Karena itu untuk memecahkan masalah lingkungan juga harus ditangani oleh tindakan. Transformasi perilaku yang berkaitan dengan hal ini yaitu bertanggung jawab, peduli dan melestarikan lingkungan. Perilaku ini disebut perilaku pro-lingkungan. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan buku pembelajaran lingkungan yang mengintegrasikan nilai-nilai perilaku pro lingkungan sebagai tatanan untuk menjaga lingkungan yang berkelanjutan. Penelitian ini adalah Penelitian dan Pengembangan. Model pengembangan didasarkan pada model ADDIE yang terdiri dari Analisis, Desain, Pengembangan, Implementasi dan Evaluasi. Validasi terdiri dari validasi media, materi validasi. Tanggapan siswa diambil menggunakan kuesioner. Hasil pengujian menunjukkan bahwa hasil validasi media memperoleh skor 71,59% (baik), validasi II memperoleh skor 93,18% (sangat baik). sedangkan hasil validasi materi memperoleh 70,59% (baik), validasi II, 87,50%. Respon siswa terhadap buku sebesar 76% (bagus) dan untuk desain buku sebesar 72,21% (bagus). Oleh karena itu, kesimpulan penelitian ini yaitu baik dan valid untuk digunakan pada siswa SMP dan SMA kota Jambi.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2017-12-01 — Updated on 2017-12-01

Versions

How to Cite

Anggereini, E. (2017). Pengembangan E- Modul Pembelajaran Lingkungan Hidup Terintegrasi Nilai-Nilai Perilaku Pro Environmental dengan Aplikasi 3D Pageflip Profesional untuk Siswa SMA Sebagai Upaya Menjaga Lingkungan Hidup Berkelanjutan (Sustainable Environment). BIODIK, 3(2), 81 - 91. https://doi.org/10.22437/bio.v3i2.5499

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>