Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Microsite Materi Perubahan Dan Pelestarian Lingkungan Hidup (Penelitian Di SMA Negeri 1 Paguyaman)

(Development of Microsite-Based Learning Media Materials Change And Preservation of The Environment (Research In SMA Negeri 1 Paguyaman))

Authors

  • Darwin Ibrahim Universitas Negeri Gorontalo
  • Chairunnisah J. Lamangantjo Universitas Negeri Gorontalo
  • Mustamin Ibrahim Universitas Negeri Gorontalo
  • Masra Latjompoh Universitas Negeri Gorontalo
  • Dewi Wahyuni K. Baderan Universitas Negeri Gorontalo
  • Herinda Mardin Universitas Negeri Gorontalo

DOI:

https://doi.org/10.22437/biodik.v11i1.41071

Abstract

This study aims to describe 1). Validity of microsite learning media. 2). The practicality of microsite learning media, and 3) analyzing student learning outcomes. The research used a limited test on 20 respondents in class X.E in the even semester of SMA Negeri 1 Paguyaman for the 2024/2025 school year. The type of development research uses the ADDIE model. The results of the research showed that the validity of the media was 92.41% (very valid), the validity of the material was 89.47% (very valid), and the validity of the questions was 91.42% (very valid). The practicality test consisted of a teacher response of 95.5% (very practical) and a student response of 92.76% (very practical). The student learning outcome test was obtained from the results of the pretest and posttest evaluation, which was then analyzed using N-Gain, obtaining an average score of 0.41 (moderate). Based on the results of the description of all the percentage values, it shows that "the development of microsite-based learning media for research on environmental change and conservation at SMA Negeri 1 Paguyaman" has met the criteria for being suitable for use in learning biology of environmental change and conservation materials.

Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan 1). Validitas media pembelajaran  microsite. 2). Kepraktisan media pembelajaran microsite, dan 3) menganalisis hasil belajar peserta didik. Penelitian menggunakan uji terbatas pada 20 responden kelas X.E semester genap SMA Negeri 1 Paguyaman tahun ajaran 2024/2025. Jenis penelitian pengembangan menggunakan model ADDIE. Hasil penelitian, validitas media  92,41% (sangat valid), validitas materi 89,47% (sangat valid) dan validitas soal 91,42% (sangat valid). Uji kepraktisan terdiri dari respon guru 95,5% (sangat praktis), dan respon siswa 92,76% (sangat praktis). Tes hasil belajar siswa diperoleh dari hasil evaluasi pretest dan postest yang kemudian dianalisis menggunakan N-Gain, memperoleh nilai rata-rata 0,41 (sedang). Berdasarkan hasil uraian seluruh nilai presentase tersebut, maka menunjukkan bahwa “pengembangan media pembelajaran berbasis microsite materi perubahan dan pelestarian lingkungan hidup penelitian di SMA Negeri 1 Paguyaman” telah memenuhi kriteria layak digunakan pada pembelajaran biologi materi perubahan dan pelestarian lingkungan hidup.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adi, S. P. B., Atiqoh., & Karyono, H. 2023. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Microsite Pada Pembelajaran Pemesanan Dan Perhitungan Tarif Penerbangan SMK Usaha Perjalanan Wisata. Jurnal Pendidikan: Riset dan Konseptual. 7(4), 652-672

Adudu, M. F., Saleh, T. S., Mooduto, S. R., & Baderan, D. W. K. 2022. Alih Fungsi Lahan Sebagai Ancaman Kelestarian Hutan Dulamayo Utara, Kecamatan Telaga Biru, Kabupaten Gorontalo, Provinsi Gorontalo. Prosiding Seminar Nasional Kesehatan (221-232). Gunung Djati Converence Series.

Aidah, S. 2019. Pemanfaatan E-Learning Sebagai Media Pembelajaran Di Stia Al Gazali Barru (Suatu Studi Terhadap Pemanfaatan Model E-Learning Berbasis Software Claroline). Meraja Journal. 2(1), 1-12.

Arifiyanto, A., Utari, P., & Rahmanto, A. N. 2019. Platform Microsite: Konvergensi Media Publikasi Kementerian Keuangan RI di Era Literasi Digital. Jurnal Ilmu Komunik asi. 8(2), 46–56.

Arsyad, A. 2006. Media Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

aS.id. 2024. PT Aidi Digital Global. Diakses 23 Mei 2024 pada The Best and Shortest URL name for your campaign tool - s.id

Ayuningtyas, I., & Minarti, I. B. 2021. Analisis Gaya Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X Di Sma Institut Indonesia Semarang. Jurnal Ilmiah Edukasia. 1 (1), 41-51.

bS.id. 2024. PT Aidi Digital Global. Diakses 23 Mei 2024 pada The Shortest URL Name for your Microsite - s.id

Cindy Arifiyani, F., & Pramaditya, H. (2023). Peningkatan efektivitas pemasaran pada usaha retail melalui digitalisasi katalog dengan microsite Increasing marketing effectiveness in retail businesses through digitizing catalogs with microsites. In Journal of Information System and Application Development (Vol. 1)

Ibrahim, S. 2016. Pelestarian Lingkungan Hidup dalam Perspektif Al-Qur’an. Jurnal Ilmiah AL-Jauhari (JIAJ). 1(1), 109-132.

Ichsan J. R., Suraji, M. A. P., Muslimah, F. A. R. R., Miftadiro, W. A., & Agustin, N. A. F. ( 2021). Media Audio Visual dalam Pembelajaran di Sekolah Dasar. SNHRP. 3, 183-188.

Ichsan, N., Lamondo, D., & Latjompoh, M. 2022. Development Of Electronic Teaching Materials Based On Enriched Virtual Model On Human Respiratory System Materials To Improve Student's Cognitive Ability. Jurnal Pelita Pendidikan. 10 (3), 59-65.

Janji, S., Kusumaningsi, W., Ginting, BR, R. 2024. Pengembangan Microsite Untuk Meningkatkan Kualitas Supervisi Akademik Pada Guru Paud Kecamatanan Ungaran Barat. Journal on Education. 06(03), 17776-17789

Kaltsum, H. U. (2017). Pemanfaatan Alat Peraga Edukatif sebagai Media Pembelajaran Bahasa Inggris Sekolah Dasar. Urecol : University Research Colloquium, 19-24.

Karim, S., Kandowangko, N. Y., & Lamangantjo, C. 2022. Efektivitas Perangkat Pembelajaran Berbasis Etno-Stem Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kreatif Peserta Didik. Jurna Pendidikan Biologil Bioedukasi. 13(2), 134-142

Kartika D., Uno, W, D., Dama, L., Ibrahim, M., Solang, M., & Hasan, A, M. 2021. Development of Interactive E-Books Oriented Towards Science Literacy Skills on Immune System Material. Jurnal Pembelajaran Dan Biologi Nukleus. 9(3), 643-658

Latif, D., Yusuf , M. F., & Dama, L. 2022. Uji Validitas Pengembangan Perangkat Pembelajaran Menggunakan Model Pemb elajaran Problem Solving Materi Pewarisan Sifat Untuk Melatih Keterampilan Berpikir Kritis. Jambura Edu Biosfer Journal. 4(2), 94-100

Latif, D., Yusuf, F. M., & Dama, L. 2022. Uji Validitas Pengembangan Perangkat Pembelajaran Menggunakan Model Pembelajaran Problem Solving Materi Pewarisan Sifat Untuk Melatih Keterampilan Berpikir Kritis. Jambura Edu Biosfer Journal. 4(2), 94-100.

Mardin, H., Uno, A, H., Despianti, S, R., Lakutu, D, N. 2022. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Website Bagi Guru SD IT Qurratu ‘Ayun Kota Gorontalo. Jurnal Pendidikan dan Pengabdian Masyarakat. 5 (3), 220-224

Masaguni A.N., Lamanganjto C.J., & Katili N. 2023. Pengembangan Modul Pembelajaran IPA Berbasis Project Based Learning Pada Materi Zat Aditif Dan Zat Adiktif. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA. 9(1),1-8

Muryono, S. 2022. Microsite-based career guidance to enhance career exploration of junior high school student: a pilot study. Jurnal Neo Konseling. 4(4), 41-46

Mustakimah, N., Dama, L., Usman, N. F., Akbar, M. N., & Nurrijal. 2023. Pengembangan Media Flashcard Dengan Panduan Belajar Sambil Bermain Menggunakan Microsite Untuk Pembelajaran Biologi Materi Klasifikasi Makhluk Hidup. Jurnal Ilmiah Kependidikan. 17(1), 376-384

Oktavia, M., Prasasty, A. T., & Isroyati. 2019. Uji Normalitas Gain Untuk Pemantapan Dan Modul Dengan One Group Pre and Post Test. Simposium Nasional Ilmiah (596–601).

Pratiwi, H. S. E. 2023. Meningkatkan Kemampuan Kognitif Melalui Media Powerpoint. Dewantara Seminar Nasional Pendidikan. 2(1).

Rosyada, D., Suryani, B. F., & Faturohman, I. 2023. Pengembangan Media Interaktif Berbasis S.Id Berbantuan Canva Pada Pembelajaran Materi Siklus Air Kelas V Siswa Sekolah Dasar. Jurnal of Elementary Education. 6(2), 355-361.

Safira, A. D., Sarifah, I., & Sekaringtyas, T. 2021. Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Web Articulate Storyline Pada Pembelajaran IPA Di Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Kependididkan. 2(2), 237-253.

Sapriyah. 2019. Media Pembelajaran dalam Proses Belajar Mengajar. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP.2(1),470–477.

Sari, A. P. 2022. Pengembangan Media Pembelajaran Biologi Berbasis Website Dengan Bantuan Aplikasi Canva Pada mteri Sistem Imun Kelas XI IPA SMAN 1 Batipuh. Skripsi. Batusangkar: Universitas Islam Negeri Mahmud Yunus Batusangkar.

Sidik, B. 2006. Pemrograman Website dengan PHP. Bandung: Informatika Bandung.

Sudjana, Rivai, N., & Ahmad. 2009. Media Pengajaran. Bandung: Sinar Baru Algesindo.

Sugiyono, P. 2015. Metode penelitian kombinasi (mixed methods). Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alvabeta.

Sukmana Y, L. W., Adr., Tegeh M., & Martina K. 2018. Pengembangan Media Strip Comic Dengan Model Addie Pada Mata Pelajaran Ipa Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas V Di Sd Negeri 1 Sari Mekar. Jurnal Edutech. 6(2), 245-255.

Taufik A. 2019. Analisis Karakteristik Peserta Didik. Article Histori. 16(1) 1-13

Widiyati, S., Rochman, N. S., & Zubedi. 2009. Biologi-Studi dan Pengajaran. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional. 288-290.

Yasin, I., & Shaskya, Q. I. 2020. Sistem Media Pembelajaran Ips Dalam Jaringan Pada Siswa Mts Guppi Natar Sebagai Penunjang Proses Pembelajaran. Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi. 1(1), 31-38.

Yazid, K. 2016. Validitas Buku Saku Materi Ekologi untuk Siswa Kelas X SMA. BioEdu Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi. 5(3), 390-396.

Downloads

Published

2025-03-17

How to Cite

Ibrahim, D., Lamangantjo, C. J., Ibrahim, M., Latjompoh, M., Baderan, D. W. K., & Mardin, H. (2025). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Microsite Materi Perubahan Dan Pelestarian Lingkungan Hidup (Penelitian Di SMA Negeri 1 Paguyaman): (Development of Microsite-Based Learning Media Materials Change And Preservation of The Environment (Research In SMA Negeri 1 Paguyaman)). BIODIK, 11(1), 127–136. https://doi.org/10.22437/biodik.v11i1.41071

Most read articles by the same author(s)