Pengembangan E-modul Biologi Pada Materi Sistem Ekskresi Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik

(Development of Biology E-modules on Excretory System Material to Train Students' Critical Thinking Skills)

Authors

  • Silvana Mahmud Universitas Negeri Gorontalo
  • Elya Nusantari Universitas Negeri Gorontalo
  • Djuna Lamondo Universitas Negeri Gorontalo
  • Frida Maryati Yusuf Universitas Negeri Gorontalo
  • Mustamin Ibrahim Universitas Negeri Gorontalo
  • Nur Mustaqimah Universitas Negeri Gorontalo

DOI:

https://doi.org/10.22437/biodik.v11i1.40944

Abstract

This study aimed to discover and describe the development of e-modules in the biology of excretory system materials to enhance students' critical thinking skills. This study used the Research and Development (R&D) method with the ADDIE model tested on 20 students in grades XI-6 of SMA Negeri 2 Gorontalo. Based on the analysis, (1) the media validation test obtained 78% (Valid), the material 83% (Valid), and the questions 78.5% (Valid). (2) The practicality test, which consisted of teacher responses and student responses, obtained 86% (Very Practical) and 92.5% (Very Practical), respectively. (3) In terms of the student's critical thinking skills, 12 students were categorised as moderately capable (60%), N-Gain 0.67 (Moderate), and validation 67% (Effective). In conclusion, the excretory system material of the biology e-module to improve student's critical thinking skills was valid and practical to be used.

Abstrak.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan tentang Pengembangan E-Modul Biologi Materi sistem Ekskresi Untuk Melatih Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Research and Development (R&D) dengan model yang digunakan adalah model ADDIE dengan uji coba pada 20 peserta didik di kelas XI-6 SMA Negeri 2 Gorontalo. Hasil pada penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Uji validasi media berdasarkan presentase memperoleh nilai sebesar 78% (Valid), Uji validasi materi berdasarkan presentase memperoleh nilai sebesar 83% (Valid), dan Uji validasi soal berdasarkan presentase memperoleh nilai sebesar 78,5% (Valid). (2) Uji Kepraktisan terdiri dari Respon Guru dan Respon Peserta Didik. Uji Respon guru berdasarkan presentase memperoleh nilai sebesar 86% (Sangat Praktis), dan untuk Uji respon peserta didik berdasarkan presentase memperoleh nilai sebesar 92,5% (Sangat Praktis). (3) Keterampilan berpikir kritis peserta didik diperoleh hasil yang paling banyak adalah 12 peserta didik dikategorikan berkemampuan sedang sehingga diperoleh presentase sebesar 60%, berdasarkan skala N-Gain memperoleh nilai sebesar 0,67 (Sedang) persentase validasi atau 67% (Efektif). Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa E-Modul Biologi Materi sistem Ekskresi Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik  yang dikembangkan telah memenuhi kriteria valid dan praktis sehingga dapat atau layak digunakan pada pembelajaran biologi materi sistem ekskresi.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agnafia, D. N. (2019). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa dalam Pembelajaran Biologi. Flor¬ea: Jurnal Biologi dan Pembelajarannya, 6(1), 45. https://doi.org/10.25273/florea.v6il.4369

Aldiyah, E. (2021). Lembar Kerja Peserta didik (LKPD) Pengembangan sebagai Sarana Peningkatan Keterampilan Proses Pembelajaran IPA di SMP. TEACHING: Jurnal Inovasi Keguruan dan Ilmu Pendidikan, 1(1). 67-76.

Ibrahim, M. A., Latjompoh, M., Abdul, A., Ibrahim, M., Solang, M., & Akbar, M. N. (2023). Practicality of E-Modules Based on Problem-Based Learning (PBL) Learning Model on Digestive System Material. Jurnal Pembelajaran Dan Biologi Nukleus, 9(3), 615–624. https://doi.org/10.36987/jpbn.v9i3.4953

Indonesia. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Ilmu Pengetahuan Alam/Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.-- . Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, (2017). xviii, 270 hlm. : ilus. ; 25 cm.

Kembara, M. ., Rozak, R. ., & Hadian, V. . (2019). based Lectures to Improve Students’ 4C (Communication, Collaboration, Critical Thinking, and Creativity) Skills. In International Symposium on Social Sciences, Education, and Humanities, 22–26.

Khoirunnisa, F & Sabekti. A. W. (2020). Profil keterampilan berpikir kritis siswa pada materi ikatan kimia. Jurnal Pendidikan Kimia Indonesia, 4(1)

Lamondo, D., Hulukati, F., Akbar, M. N., Hasan, A. M., Dama, L., & Solang, M. (2024). Pengembangan Komik Digital Materi Sistem Ekskresi Pada Manusia Bagi Peserta Didik Kelas XI Di Sma Negeri 1 Suwawa. Jurnal Biogenerasi, 10(1).

Manurung, J., Haloho, B., & Napitu, U. (2023). Mengembangkan Bahan Ajar Dalam Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (Ips) di Sd. JUPE : Jurnal Pendidikan Mandala, 8(2), 676. https://doi.org/10.58258/jupe.v8i2.5596

Mustaqimah, N. (2023). Uji Validitas Video Animasi Sebagai Media Pembelajaran Biologi Pada Materi Sel Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Sma Negeri 3 Kota Gorontalo. 346–349.

Nufus, H., Susilawati, S., & Linda, R. (2020). Implementation of E-Module Stoiciometry Based on Kvisoft Flipbook Maker for Increasing Understanding Study Learning Concepts of Class X Senior High School. Journal of Educational Sciences. https://doi.org/10.31258/jes.4.2.p.261-272

Nusantari, E., Abdul, A., Damopolii, I., Alghafri, A. S. R., & Bakkar, B. S. (2021). Combination of Discovery Learning and Metacognitive Knowledge Strategy to Enhance Students' Critical Thinking Skills. European Journal of Educational Research, 10(4), 1781-1791.

Sari, A. P., Wahyuni, S., & Budiarso, A. S. (2022). Pengembangan_E_Modul_Berbasis_Blended_Le. 8(1), 10–18.

Septriyanti, I., & Oktariani, O. (2021). Analisis Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Menggunakan Open Ended Test pada Pembelajaran Daring Kimia (Doctoral dissertation, Universitas Islam Riau).

Sudaryanto, S., Widayati, W., & Amalia, R. (2020). Konsep Merdeka Belajar-Kampus Merdeka dan Aplikasinya dalam Pendidikan Bahasa (dan Sastra) Indonesia. Kode: Jurnal Bahasa, 9(2).

Sugianto, D., Abdullah, A. G., Elvyanti, S., & Muladi, Y. (2017). Modul Virtual: Multimedia Flipbook Dasar Teknik Digital. Innovation of Vocational Technology Education, 9(2), 101 116. https://doi.org/10.17509/invotec.v9i2.4860

Sugiyono. (2020). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Wulandari, Devy Diah, Putu Budi Adnyana, dan I Made Pasek Anton Santiasi (2020). “Penerapan E-modul Interaktif Terhadap Motivasi Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Biologi Kelas X.” Jurnal Pendidikan Biologi Undiksha 7, no. 2 : 66-80.

Yusuf, F. M. (2015). Peningkatan Kemampuan Kognitif Siswa SMA Negeri 2 Gorontalo Pada Mata Pelajaran Biologi Melalui Metode Pembelajaran Berbasis Proyek. Jurnal Biology Education, 4(1), 174–206.

Downloads

Published

2025-03-19

How to Cite

Mahmud, S., Nusantari, E., Lamondo , D., Yusuf, F. M., Ibrahim, M., & Mustaqimah , N. (2025). Pengembangan E-modul Biologi Pada Materi Sistem Ekskresi Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik: (Development of Biology E-modules on Excretory System Material to Train Students’ Critical Thinking Skills). BIODIK, 11(1), 146–157. https://doi.org/10.22437/biodik.v11i1.40944

Most read articles by the same author(s)