Pengaruh Model Pembelajaran SIMAS ERIC terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa pada Materi Sistem Reproduksi
(The Effect of the SIMAS ERIC Learning Model toward Students' Critical Thinking Skills on Reproduction System Material)
DOI:
https://doi.org/10.22437/biodik.v10i4.36463Abstract
The use of inappropriate learning models can result in students who tend to think textually, leading to suboptimal development of critical thinking skills. One effort to address this issue is through the use of innovative constructivist-based learning models that emphasize student-centered learning, such as the SIMAS ERIC learning model. This study aims to determine the effect of the SIMAS ERIC learning model on students' critical thinking skills in the reproductive system material. The study uses a quantitative approach with a quasi-experimental method of the nonequivalent control group design type. The research was conducted at SMA Negeri 2 Magelang, with the research subjects being two classes, namely class XI-F1.1 as the experimental class and class XI-F1.2 as the control class, using a purposive sampling technique. The instruments used in this study were essay test sheets and observation sheets. The data collected from students' pre-test and post-test results, as well as observation sheets, were then analyzed descriptively and inferentially. The hypothesis test used was the Mann-Whitney U non-parametric statistical test. The results showed that the average post-test score of critical thinking skills in the experimental class was 81.89, while in the control class, it was 72.44. From the Mann-Whitney U test analysis on critical thinking skills data, a significance value of 0.000 was obtained, or a significance value < 0.05, which means H0 is rejected and H1 is accepted. From these results, it can be concluded that there is a significant effect of the SIMAS ERIC learning model on students' critical thinking skills in the reproductive system material.
Abstrak. Penggunaan model pembelajaran yang kurang tepat berakibat siswa yang cenderung berpikir secara tekstual dan berakibat pada kurang optimalnya keterampilan berpikir kritis siswa. Salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah dengan penggunaan model pembelajaran inovatif berbasis konstruktivis yang menekankan pembelajaran terpusat pada siswa seperti model pembelajaran SIMAS ERIC. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran SIMAS ERIC terhadap keterampilan berpikir kritis siswa pada materi sistem reproduksi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode kuasi eksperimen jenis nonequivalent control group design. Penelitian ini berlokasi di SMA Negeri 2 Magelang dengan subjek penelitian menggunakan dua kelas, yaitu kelas XI-F1.1 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI-F1.2 sebagai kelas kontrol dengan teknik pengambilan sampel yaitu purposive sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa lembar tes essay dan lembar observasi. Data yang dikumpulkan dari hasil pre-test dan post-test siswa serta lembar observasi kemudian dianalisis secara deskriptif dan inferensial. Uji hipotesis yang digunakan adalah uji statistik non-parametrik Mann Whitney U. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata nilai post-test keterampilan berpikir kritis kelas eksperimen sebesar 81,89 sedangkan pada kelas kontrol sebesar 72,44. Dari hasil analisis uji Mann Whitney U pada data keterampilan berpikir kritis diperoleh nilai signifikansi sebesar 0,000 atau nilai signifikansi < 0,05 maka H0 ditolak dan H1 diterima. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh signifikan model pembelajaran SIMAS ERIC terhadap keterampilan berpikir kritis siswa pada materi sistem reproduksi.
Downloads
References
Agustina, E. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Skimming Mind Mapping Questioning Exploring Writing Communicating (Simas Eric) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Geografi. Journal of Social and Political Science Society, 1(1), 1-8.
Alisia, G. (2019). Pengaruh Pendekatan Pembelajaran Stem terhadap Self Efficacy dan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik pada Materi Fisika di SMAN 1 Padang Cermin (Doctoral dissertation, UIN Raden Intan Lampung).
Azmiyah, A., Amanah, T. R., Putra, E., Nelwati, S., & Misra, M. (2024). P Pembelajaran PAI pada Kurikulum Merdeka di SMPN 1 Nan Sabaris Padang Pariaman. Journal of Education Research, 5(1), 346-352.
Budiyanti, K., Zaim, M., & Thahar, H. E. (2023). Teori-Teori Pendidikan dan Pengaruhnya Terhadap Pembelajaran Bahasa Abad ke-21. Journal of Education Research, 4(4), 2471-2479.
Darmawan, E. (2015). Pengembangan Model Pembelajaran Simas Eric (Skimming, Mind Mapping, Questioning, Exploring, Writing, Commnucating) Menggunakan Learning Develomment Cycle. Prosiding Seminar Nasional Biologi Universitas Muhammadiyah Malang.
Darmawan, E., Zubaidah, S., Ristanto, R. H., Zamzami, M. R. A., & Wahono, B. (2020). SIMAS ERIC Learning Model (SELM): Enhance Student Metacognitive Skill Based on the Academic Level. International Journal of Instruction, 13(4), 623-642.
Darmawan, Ericka. (2022). The Well-Formed Mind: Model Pembelajaran Simas Eric. Sleman: Deepublish.
Darnella, R., Syarifah, S., & Afriansyah, D. (2020). Penerapan Metode Concept Mapping (Peta Konsep) dan Pengaruhnya terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Materi Sistem Gerak di MAN 1 Palembang. Jurnal Intelektualita: Keislaman, Sosial dan Sains, 9(1), 73-86.
Handayani, E. (2021). Analisis Proses Berpikir Kritis Matematis Dan Kecerdasan Logis Matematis Ditinjau Dari Gaya Kognitif (Doctoral Dissertation, Universitas Siliwangi).
Janah, S. R., Suyitno, H., & Rosyida, I. (2019, February). Pentingnya Literasi Matematika dan Berpikir Kritis Matematis dalam Menghadapi Abad Ke-21. In PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika (Vol. 2, pp. 905-910).
Kurniawan, T., Rokhmat, J., & Ardhuha, J. (2015). Perbedaan Hasil Belajar Melalui Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Berbantuan Komik Fisika Dengan Pembelajaran Konvensional Pada Siswa Kelas VIII SMPN 1 Labuapi Tahun Ajaran 2013/2014. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, 1(2), 123-128.
Kusumawati, I. T., Soebagyo, J., & Nuriadin, I. (2022). Studi Kepustakaan Kemampuan Berpikir Kritis Dengan Penerapan Model PBL pada Pendekatan Teori Konstruktivisme. JURNAL MathEdu (Mathematic Education Journal), 5(1), 13-18.
Lafiani, P. Y., Irawan, B., & Oprasmani, E. (2022). Kemampuan Komunikasi Sains Siswa Dalam Mendiskusikan Hasil Kegiatan Suatu Masalah atau Peristiwa pada Pembelajaran Biologi di SMA Negeri 3 Tanjungpinang. Student Online Journal (SOJ) UMRAH-Keguruan dan Ilmu Pendidikan, 3(1), 547-552.
Rahim, A. (2023). Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Melalui Pembelajaran Kritis. JSE Journal Sains and Education, 1(3), 80-87.
Rahmanudin, I. (2023). Pendidikan Sains dan Teknologi Berbasis Teori Konektivisme dalam Mengembangkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Dar el-Ilmi: Jurnal Studi Keagamaan, Pendidikan dan Humaniora, 10(1), 85-102.
Rohmah, M. (2022). Efektivitas Model Pembelajaran Reading, Questioning and Answering (RQA) terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Materi Sistem Pencernaan (Doctoral dissertation, IAIN Kudus).
Salsabila, W., Istiana, R., & Munandar, R. R. (2024). Pengembangan E-Modul Berbasis Guided Inquiry Terintegrasi Nilai Keislaman pada Materi Sistem Reproduksi untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah. Jurnal BIOEDUIN, 14(1), 38-49.
Sobri, M., Nursaptini, N., & Novitasari, S. (2020). Mewujudkan Kemandirian Belajar Melalui Pembelajaran Berbasis Daring Diperguruan Tinggi Pada Era Industri 4.0. Jurnal Pendidikan Glasser, 4(1), 64-71.
Sunismi, S., Fathani, A. H., & Baidawi, M. (2020). Efektivitas Kemampuan Berpikir Kritis Melalui Model Collaborative Learning Dengan Media Blog Pada Mata Kuliah Kalkulus II. Pi: Mathematics Education Journal, 3(1), 47-58.
Surata, I. K., Sudiana, I. M., & Sudirgayasa, I. G. (2020). Meta-Analisis Media Pembelajaran Pada Pembelajaran Biologi. Journal of Education Technology, 4(1), 22-27.
Tjereni, A., Amin, A. M., & Juniartin, J. (2024). Pengaruh Model Pembelajaran WE-ARe Terintegrasi Metode Diskusi terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Kelas XI IPA SMAN 2 Halmahera Barat. Spizaetus: Jurnal Biologi dan Pendidikan Biologi, 5(2), 263-274.
Zubaidah, S. (2010). Berpikir Kritis: Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi yang dapat Dikembangkan Melalui Pembelajaran Sains. In Makalah Seminar Nasional Sains dengan Tema Optimalisasi Sains untuk memberdayakan Manusia. Pascasarjana Unesa, 16(1), 1-14.
Zubaidah, S., & UM, J. (2017). Pembelajaran Kontekstual Berbasis Pemecahan Masalah Untuk Mengembangkan Kemampuan Berpikir Kritis. In Makalah disampaikan pada Seminar Nasional dengan tema Inovasi Pembelajaran Berbasis pemecahan Masalah dalam Pembelajaran Biologi di Universitas Muhammadiyah Makasar, Makasar (Vol. 6).
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Ervina Rinka Oktarifada, Ericka Darmawan, Serafica Btari Christiyani Kusumaningrum
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Copyright Notice
Authors who publish with Biodik : Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi agree to the following terms:
- For all articles published in Biodik : Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi, copyright is retained by the authors and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International Licensethat allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).