Pengaruh Project Based Learning Menggunakan Canva Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Pada Materi Ekosistem

(The Influence of Project Based Learning Using Canva on Students' Creative Thinking Ability on Ecosystem Material)

Authors

  • Eka Swajaya Putri Universitas Muhammadiyah Bengkulu
  • Mariana Ade Cahaya Universitas Muhammadiyah Bengkulu

DOI:

https://doi.org/10.22437/biodik.v10i4.35610

Abstract

This research aims to determine the influence of the Implementation of Project Based Learning (PJBL) Using Canva on Students' Creative Thinking Ability on Ecosystem Material. This research was conducted at SMA Muhammadiyah 4 Bengkulu City in January – February 2024, with the population being all class X SMA Muhammadiyah 4 Bengkulu City and the samples were class X regular (Experimental Class) and X talent (Control Class). Samples were taken using the Purposive Sampling technique using a Quasi-Experimental research design with a Non-Randomized Control Group Pretest– Posttest Design. With the data collection technique through a test in the form of questions in essay form totaling 8 questions. Before being given treatment, the experimental class obtained a pretest score of 64.31 and the control class 44.38. After being given treatment in the experimental class using PJBL using Canva the average value was 79.44 in the experimental class and  65.47 in the control class. Data on students' creative thinking abilities was obtained from calculating prerequisite tests, namely in the form of normality tests and homogeneity tests. After the prerequisite tests have been carried out, then the data analysis results are tested using the T-Test, namely the independent samples t-test with a sig result (2-tailed) 0.000 < 0.05, because the sig value is smaller than 0.05, it is said that Project Based Learning (PJBL) is implemented. ) Using Canva has a significant effect in improving the creative thinking abilities of class X students at SMA Muhammadiyah 4 Bengkulu City.

Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk  mengetahui adanya pengaruh pada Penerapan Project Based Learning (PJBL) Menggunakan Canva Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa pada Materi Ekosistem. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Muhammadiyah 4 Kota Bengkulu pada bulan Januari – Februari 2024, populasi penelitian ini seluruh kelas X SMA Muhammadiyah 4 Kota Bengkulu dan sampel yaitu kelas X reguler (Kelas Eksperimen) dan X talent (Kelas Kontrol). Sampel diambil dengan menggunakan teknik Purposive Sampling dengan menggunakan desain penelitian Quasi Eksperimen ( Eksperimen Semu) dengan Non Randomize Control Group Pretest - Posttest Design.Teknik pengambilan data melalui tes yang berupa soal dalam bentuk Essay berjumlah 8 soal. Sebelum diberikan perlakuan kelas eksperimen memperoleh nilai pretest sebesar 64.31 dan kelas kontrol 44.38. setelah diberikan perlakuan pada kelas eksperimen dengan menggunakan PJBL menggunakan canva nilai rata-ratanya sebesar 79.44 pada kelas eksperimen dan 65.47 pada kelas kontrol. Data kemampuan berpikir kreatif siswa didapatkan dari perhitungan uji prasyarat yaitu berupa uji normalitas dan uji homogenitas. Setelah dilakukan uji prasyarat, kemudian dilakukan pengujian hasil analisis data menggunakan Uji-T yaitu uji independent samples t-test dengan hasil sig (2-tailed) 0.000 < 0.05, karena nilai sig lebih kecil dari 0.05 maka dikatakan bahwa penerapan Project Based Learning (PJBL) Menggunakan Canvaberpengaruh signifikan terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa kelas X SMA Muhammadiyah 4 Kota Bengkulu.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abduh, M., & Istiqomah, A. (2021). Analisis Muatan Hots dan Kecakapan Abad 21 pada Buku Siswa Kelas V Tema Ekosistem di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), 2069–2081. Retrieved from https://jbasic.org/index.php/basicedu/article/view/1124

Fitriyah, A., Ramadhani, S. D., & Madura, U. I. (2021). Pengaruh pembelajaran STEAM berbasis PjBL (Project-Based Learning) terhadap keterampilan berpikir kreatif dan berpikir kritis. Jurnal Inspiratif Pendidikan, X(2019), 209–226.

Habibah, et all; 2023. Penerapan Project Based Learning (PJBL) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas XII IPA 1 SMA Negeri 2 Percut Sei Tuan Pada Materi Gen. Biodik: Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi 09 (01). 46-51 file:///C:/Users/user/Downloads/19187-Article%20Text-69912-1-10-20230403%20(1).pdf

Hadi, S., & Novaliyosi. (2019). TIMSS Indonesia (Trends in international mathematics and science study). Prosiding Seminar Nasional & Call For Papers.

Handayani, A., & Koeswanti, H. D. (2021). Meta-Analisis Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif. Jurnal Basicedu, 5(3), 1349–1355.https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i3.924

Harlis, H., Sulistiyoning Budiarti, R., & Mataniari, R. (2022). Upaya Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Melalui Model Project-based Learning Pada Mata Kuliah Taksonomi Monera dan Protista: (Enhancing Creative Thinking through Project-based Learning Model in Monera and Protista Course). BIODIK, 8(4), 215-223. https://doi.org/10.22437/bio.v8i4.2051

Luthpi, et all; (2020). Analisis Keterampilan Proses Sains Calon Guru Biologi Terhadap HOTS. Biodik: Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi 6 (1), 35-45. https://www.academia.edu/download/70490438/5272.pdf

Mentari et al., (2023). Peningkatan Hasil Belajar IPA Melalui Model Problem Based Learning Berbantu Media Canva pada Siswa Kelas V SDN Pandean lamper 03, 05 (04). : http://jonedu.org/index.php/joe

Mokambu, F. (2022). Pengaruh model project based learning terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa pada pembelajaran ipa di kelas V SDN 4 Talaga Jaya. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Dasar, (November), 56–62

Mutawally, A. F. (2021). Pengembangan Model Project Based Learning Dalam Pembelajaran Sejarah. Universitas Pendidikan Indonesia, 1–6. Retrieved from https://osf.io/xyhve/

Purnomo, H., & Ilyas, Y. (2019). Tutorial Pembelajaran Berbasis Proyek. Yogyakarta: Ke-Media.

Putri, Y. A., & Zulyusri. (2022). Meta-Analisis Pengaruh Model Project Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa pada Pembelajaran Biologi. Biomedica: Journal of Biology Education, 4, 1–11. Retrieved from http://journal.walisongo.ac.id/index.php/bioeduca

Putri, Y. S., & Alberida, H. (2022). Keterampilan Berpikir Kreatif Peserta Didik Kelas X Tahun Ajaran 2021/2022 di SMAN 1 Pariaman : (Creative Thinking Skills Class X Students for the 2021/2022 Academic Year at SMAN 1 Pariaman). BIODIK, 8(2), 112-117. https://doi.org/10.22437/bio.v8i2.17356

Safitri, D. ., Suraida, S., Safita, R., Syefrinando, B., & Mainingsih, M. . (2022). Pengembangan Video Tutorial Sebagai Penuntun Praktikum Bioteknologi Untuk Siswa Sekolah Menengah Atas : (The Development of Videos Tutorial as a Biotechnology Practicum Guide for High School Students). BIODIK, 9(1), 183-197. https://doi.org/10.22437/bio.v9i1.20047

Sani, R. A. (2013). Inovasi Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Sari, D. Y., & Rahma, A. (2019). Meningkatkan Pemahaman Orang Tua dalam Menstimulasi Perkembangan Anak dengan Pendekatan Steam Melalui Program Home Visit. Jurnal Tunas Siliwangi, 5(2), 93–105.

Sugandi, M. K., & Rasyid, A. (2019). Pengembangan Multimedia Adobe Flash Pembelajaran Biologi Melalui Project Based Learning Untuk Meningkatkan Kreativitas Siswa Pada Konsep Ekosistem: Developing of Adobe Flash Multimedia Learning Biology Through Project Based Learning to Increase Student Creativity in Ecosystem Concepts. BIODIK, 5(3), 181-196. https://doi.org/10.22437/bio.v5i3.7869

Surya, A. P., Relmasira, S. C., & Hardini, A. T. A. (2018). Penerapan model pembelajaran project based learning (PjBL) untuk meningkatkan hasil belajar dan kreatifitas siswa kelas III SD Negeri Sidorejo Lor 01 Salatiga. Jurnal Pesona Dasar.

Tanjung, R. E., & Faiza, D. (2019). Canva Sebagai Media Pembelajaran Pada Mata Pelajaran Dasar Listrik Dan Elektronika. Voteteknika (Vocational Teknik Elektronika Dan Informatika), 7(2), 79.https://doi.org/10.24036/voteteknika.v7i2.104261

Tanjung, R. E., & Faiza, D. (2019). Canva Sebagai Media Pembelajaran Pada Mata Pelajaran Dasar Listrik Dan Elektronika. Voteteknika (Vocational Teknik Elektronika Dan Informatika), 7(2), 79.https://doi.org/10.24036/voteteknika.v7i2.104261

Taufiqurrahman, T., & Junaidi, J. (2021). Pembelajaran berbasis Proyek (Project based Learning) untuk mengembangkan keterampilan abad 21. International Journal of Educational Resources, 2(2), 225–241. Retrieved from http://ejournal.ijshs.org/index.php/incare/article/view/2

Zaharah Mangudur silitonga, (2023). Meningkatkan Kreativitas Peserta Didik Melalui Model Pembelajaran Berbasis Proyek (Project Based Learning) di SMP Negeri 22 Kota Jambi. Biodik: Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi 09 (03). 139-150 file:///C:/Users/user/Downloads/28659-Article%20Text-82947-1-10-20231010

Downloads

Published

2024-12-30

How to Cite

Putri, E. S., & Cahaya, M. A. (2024). Pengaruh Project Based Learning Menggunakan Canva Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Pada Materi Ekosistem: (The Influence of Project Based Learning Using Canva on Students’ Creative Thinking Ability on Ecosystem Material). BIODIK, 10(4), 703-713. https://doi.org/10.22437/biodik.v10i4.35610