Learning Cycle 7E Terintegrasi Potensi Lokal Ekosistem Mangrove Untuk Meningkatkan Berpikir Kritis Peserta Didik

(Learning Cycle 7E integrates the local potential of mangrove ecosystem to improve students' critical thinking)

Authors

  • Tri Yanti Sulistriaji Ningrum Universitas Wiraraja
  • Habibi Habibi Universitas Wiraraja
  • Lutfiana Fazat Azizah Universitas Wiraraja

DOI:

https://doi.org/10.22437/biodik.v9i4.20538

Abstract

Meaningful Biological teaching and learning can make students critically recognize themselves and their environment. The local potential of the community needs to be introduced to students, for example in Kalianget District, Sumenep Regency, one of the local potentials is the mangrove ecosystem and salt ponds. Local potential can be integrated into learning through student work sheet (LKPD). This study aimed to determine the validity and effectiveness of Learning Cycle 7E integrated with the local potential of the mangrove ecosystem in improving students' critical thinking. The type of research was 4D model development research, namely the define, design, and development stages without the dissemination stage. The trial design used a pretest-posttest control group design. As the result of research, the product validity is very feasible with 98%score. Product readability is easy to read with 81% score. The result of the gain score indicate an increase in learning in the experimental class by 0.85 (high) compared to the control class by 0.51 (medium). The effectiveness of the product is very effective in increasing students' critical thinking by obtaining a Sig (2-tailed) value of less than 0.05 using the independent sample t-test test which proved that there is a difference in critical thinking between the experimental class and the control class. The practicality of the product is very practical with 97% score.

Key words: Learning Cycle 7E, Local Potential, Critical Thinking, 4D Model

Abstrak. Pembelajaran IPA yang bermakna dapat membuat peserta didik secara kritis dapat mengenali diri dan lingkungannya. Potensi lokal perlu diperkenalkan kepada peserta didik, misalnya di Kecamatan Kalianget Kabupaten Sumenep salah satu potensi lokalnya adalah ekosistem mangrove dan tambak garam. Potensi lokal dapat diintegrasikan ke dalam pembelajaran melalui LKPD. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan LKPD Learning Cycle 7E terintegrasi potensi lokal ekosistem mangrove dalam meningkatkan berpikir kritis peserta didik. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan model 4D yaitu tahap define, design, development tanpa tahap disseminate. Adapun desain uji cobanya menggunakan pretest-postest control group design dilakukan pada 22 peserta didik kelas VIII di SMPN 2 Kalianget, Sumenep. Hasil penelitian untuk validitas produk adalah sangat layak dengan memperoleh skor 98%. Keterbacaan produk adalah mudah dibaca dengan mendapatkan skor 81%. Hasil gain score menunjukkan adanya peningkatan pembelajaran di kelas eksperimen sebesar 0,85 (tinggi) dibandingkan kelas kontrol sebesar 0,51 (sedang). Efektivitas produk adalah sangat efektif meningkatkan berpikir kritis peserta didik dengan memperoleh nilai Sig(2-tailled) kurang dari 0,05 menggunakan uji independent sample t-test yang membuktikan terdapat perbedaan berpikir kritis antara kelas eksperimen dan kelas kontrol, serta kepraktisan produk adalah sangat praktis dengan skor 97%.

Kata kunci: Learning Cycle 7E, Potensi Lokal, Berpikir Kritis, Model 4D

Downloads

Download data is not yet available.

References

Afriansyah, E. A., Herman, T., Turmudi, T., & Dahlan, J. A. (2020). Mendesain Soal Berbasis Masalah untuk Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Calon Guru. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(2), 239–250. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v9i2.649

Akcay, H., & Yager, R. E. (2016). Students Learning to Use the Skills Used by Practicing Scientists. EURASIA Journal of Mathematics, Science and Technology Education, 12(3). https://doi.org/10.12973/eurasia.2015.1395a

Alwi, I. (2015). Kriteria Empirik dalam Menentukan Ukuran Sampel Pada Pengujian Hipotesis Statistika dan Analisis Butir. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 2(2). https://doi.org/10.30998/formatif.v2i2.95

Anisa, A. (2017). Meningkatkan keterampilan berpikir kritis peserta didik melalui pembelajaran IPA berbasis potensi lokal Jepara. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 3(1), 1. https://doi.org/10.21831/jipi.v3i1.8607

Anita, A., Agustina, R., & ES, Y. R. (2022). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (Lkpd) Berbasis Inkuiri Terbimbing Berbantu Alat Peraga Pada Materi Peluang. EMTEKA: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 98–108. https://doi.org/10.24127/emteka.v3i1.1429

Astuti, S., Danial, M., & Anwar, M. (2018). Pengembangan Lkpd Berbasis Pbl (Problem Based Learning) Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik Pada Materi Kesetimbangan Kimia. Chemistry Education Review (CER), 1, 90. https://doi.org/10.26858/cer.v0i1.5614

Balela, G. S. A., Kaspul, K., & Arsyad, M. (2021). Kepraktisan Lembar Kerja Peserta Didik Konsep Sistem Peredaran Darah Biologi SMA Berbasis Keterampilan Berpikir Kritis. Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 4(1), 180–188. https://doi.org/10.30605/jsgp.4.1.2021.556

Banjarani, T., Nuzullah Putri, A., Eka, N., & Hindrasti, K. (2020). Validitas Lembar Kerja Peserta Didik (Lkpd) Berbasis Problem Based Learning Pada Materi Sistem Ekskresi Untuk Siswa Kelas VIII SMP. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sains Indonesia (JPPSI), 3(2), 130–139. https://doi.org/10.23887/JPPSI.V3I2.28577

Begum, R., & Liton, H. . (2018). Needs and demands of 21st century learning skills: A reflective approach. International Journal of English Language, Literature and Translation Studies, 5(1), 222–232.

Bokimnasi, E. S., Uki, N. M., & Bire, M. O. H. (2021). Penerapan model pembelajaran group investigation terhadap aktivitas dan prestasi belajar siswa materi sistem ekskresi pada manusia. Bioma : Jurnal Ilmiah Biologi, 10(1), 102–112. https://doi.org/10.26877/bioma.v10i1.6674

Desty Sugiharti, S., Supriadi, N., & Andriani, S. (2019). Efektivitas Model Learning Cycle 7e Berbantuan E-Modul Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Smp. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 8(1). https://doi.org/10.24127/ajpm.v8i1.1573

Dharmayanti, P., Zulyusri, Z., Farma, S. A., & Ristiono, R. (2019). The Development of Student Worksheet Based on Contextual Approach about Protist for Senior High School Grade X. Jurnal Atrium Pendidikan Biologi, 4(1), 189. https://doi.org/10.24036/apb.v4i1.5500

Ermita, E. (2021). Make a-match: Sebuah Metode untuk Meningkatkan Keaktifan Siswa. Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 4(2), 429–436. https://doi.org/10.30605/jsgp.4.2.2021.1286

Fakhruddin, Z., Amzah, A., & Nurchalis, N. F. (2019). Technology-Based Teaching Material Development Training for Pre-Service Teachers to Improve Students’ Learning Outcomes. NOBEL: Journal of Literature and Language Teaching, 10(1), 87–102. https://doi.org/10.15642/NOBEL.2019.10.1.87-102

Firdaus, M., & Wilujeng, I. (2018). Pengembangan LKPD inkuiri terbimbing untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar peserta didik. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 4(1), 26–40. https://doi.org/10.21831/jipi.v4i1.5574

Habibi, H. (2016). Pengembangan Strategi Pembelajaran IPA Kontekstual Berbasis Ekosistem Mangrove. LENSA (Lentera Sains): Jurnal Pendidikan IPA, 6(2), 69–75. https://doi.org/https://doi.org/10.24929/lensa.v6i2.288

Habibi, H., Suryadarma, I. G. P., & Wilujeng, I. (2021). Madurese Fishing Community Cultural Perception of Coastal Litter. The Qualitative Report. https://doi.org/10.46743/2160-3715/2021.4539

Halim, L., & Mokhtar, L. E. (2015). Critical Thinking Process in Science Learning. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Sains, 1–4.

Hartanto, T. J. (2018). Pembelajaran IPA pada Konsep Kalor yang Berorientasi Doing Science. Jurnal Fisika Indonesia, 21(2), 12. https://doi.org/10.22146/jfi.42201

Hatimah, I. (2006). Pengelolaan Pembelajaran Berbasis Potensi Lokal di PKBM. Jurnal Mimbar Pendidikan, 1(1), 39–46.

Hulu, G., & Dwiningsih, K. (2021). Validitas LKPD Berbasis Blended Learning Berbantuan Multimedia Interaktif Untuk Melatihkan Visual Spasial Materi Ikatan KOVALEN. UNESA Journal of Chemical Education, 10(1), 56–65. https://doi.org/10.26740/ujced.v10n1.p56-65

Kustianingsih. (2021). Pengembangan LKPD Beriorientasi Learning Cycle 7E untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik Pada Materi Kesetimbangan Kimia. Journal of Chemical Education, 10(1), 140–148. https://doi.org/https://doi.org/10.26740/ujced.v10n2.p140-148

Malinda, R. A. S. . (2020). Pengembangan LKS Pendekatan SETS Pada Pembelajaran Connected IPA Terpadu Untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains. Universitas Wiraraja.

Megananda, A. S. M., Wiratma, I. G. L., & Sastrawidana, I. D. K. (2018). Uji Kepraktisan Lembar Kerja Siswa Yang Menggunakan Pendekatan Saintifik. Jurnal Pendidikan Kimia Undiksha, 2(1), 40. https://doi.org/10.23887/jjpk.v2i1.21178

Meltzer, D. E. (2002). The relationship between mathematics preparation and conceptual learning gains in physics: A possible “hidden variable†in diagnostic pretest scores. American Journal of Physics, 70(12), 1259–1268. https://doi.org/10.1119/1.1514215

Nugraha, W. S. (2018). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Dan Penguasaan Konsep Ipa Siswa Sd Dengan Menggunakan Model Problem Based Learning. EduHumaniora | Jurnal Pendidikan Dasar Kampus Cibiru, 10(2), 115. https://doi.org/10.17509/eh.v10i2.11907

Pangesti, K. ., Yulianti, D., & Sugianto. (2017). Bahan Ajar Berbasis STEM (Science, Technology, Engineering, and Mathematics) untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep Siswa SMA. Unnes Physics Education Journal, 6(3), 53–58. https://doi.org/https://doi.org/10.15294/upej.v6i3.19270

Paul, R. (2019). The Miniature Guide to Critical Thinking Concepts And Tools. Performance + Instruction, 34(6), 14–17. https://doi.org/10.1002/pfi.4170340606

Pradana, S. D. S., Parno, P., & Handayanto, S. K. (2017). Pengembangan tes kemampuan berpikir kritis pada materi Optik Geometri untuk mahasiswa Fisika. Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan, 21(1), 51–64. https://doi.org/10.21831/pep.v21i1.13139

Prihastari, E. B., & Widyaningrum, R. (2021). Integrasi Budaya Lokal Dalam Pengembangan LKPD Untuk Mewujudkan Gerakan Literasi Sekolah. MENDIDIK: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Pengajaran, 7(1), 43–49. https://doi.org/10.30653/003.202171.155

Putra, C. M., Koto, I., & Winarni, E. W. (2022). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berorientasi Pendekatan Kontekstual Pada Materi Penyesuaian Diri Makhluk Hidup Terhadap Lingkungannya Untuk Kelas VI. Jurnal Kajian Pendidikan Dasar (Kapedas), 1(1), 1–12. https://doi.org/10.33369/kapedas.v1i1.21059

Qari’ah, A., Habibi, H., & Yudiati, R. (1970). EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN PEMAKNAAN PADA PELAJARAN IPA TERHADAP CHARACTER BUILDING SISWA Mtsn TERATE PANDIAN SUMENEP. LENSA (Lentera Sains): Jurnal Pendidikan IPA, 6(1). https://doi.org/10.24929/lensa.v6i1.253

Rachmawati, Y., Maizora, S., & Maulidiya, D. (2019). Validitas Lembar Kerja Peserta Didik (Lkpd) Berbasis Discovery Learning Pada Materi Bangun Datar Segiempat Di Kelas Vii Smp Negeri 1 Bengkulu Tengah. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS), 3(2), 162–171. https://doi.org/https://doi.org/10.33369/jp2ms

Samsudin, A., Kelana, J. B., & Muftianti, A. (2019). Utilization Of Internet-Based Learning Media In Enhancing Science Literacy Capabilities of PGSD Students. PrimaryEdu - Journal of Primary Education, 3(2), 91. https://doi.org/10.22460/pej.v3i2.1284

Sanjaya, W. E., & Ratnasari, E. (2021). Profil dan Kelayakan Teoretis LKPD “Sistem Pencernaan†berbasis Problem Based Learning untuk Melatih Keterampilan Berpikir Kritis. Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi (BioEdu), 10(2), 403–411. https://doi.org/10.26740/bioedu.v10n2.p403-411

Schunk, D. H., & DiBenedetto, M. K. (2020). Motivation and social cognitive theory. Contemporary Educational Psychology, 60, 101832. https://doi.org/10.1016/J.CEDPSYCH.2019.101832

Siribunnam, R., & Tayraukham, S. (2009). Effects of 7-E, KWL and Conventional Instruction on Analytical Thinking,Learning Achievement and Attitudes toward Chemistry Learning. Journal of Social Sciences, 5(4), 279–282. https://doi.org/10.3844/jssp.2009.279.282

Sunarti, Rina, B., & Safitri, A. (2016). Pengembangan Media Berbasis Wordpress Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Lensa: Jurnal Kependidikan Fisika, 4(1), 46–49. https://doi.org/10.33394/J-LKF.V4I1.836

Thiagarajaan, S., Semmel, D. S., & Semmel, M. (1974). Instructional Development for Training Teachers of Exceptional Children, A Sourcebook. Indiana University.

Trianto. (2014). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif, Progresif, dan Kontekstual Konsep, Landasan, dan Implementasinya pada Kurikulum 2013 (Kurikulum Tematik Integratif/ KTI). Kencana.

Utami, D. N., & Aznam, N. (2020). Pengembangan LKPD IPA “Pesona Pantai Parangtris†berbasis learning cycle 7E beserta efeknya terhadap critical thinking. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 6(1). https://doi.org/10.21831/jipi.v6i1.30404

Wardani, I. K., & Widiana, G. T. (2018). Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Saintifik Berbasis Keterampilan Berpikir Kritis untuk Siswa Kelas V SD/MI di Kabupaten Jombang. Jurnal Bidang Pendidikan Dasar, 2(1), 40. https://doi.org/10.21067/jbpd.v2i1.2192

Wibowo, N. (2016). Upaya Peningkatan Keaktifan Siswa Melalui Pembelajaran Berdasarkan Gaya Belajar Di SMK Negeri 1 Saptosari. Elinvo (Electronics, Informatics, and Vocational Education), 1(2), 128–139. https://doi.org/10.21831/elinvo.v1i2.10621

Wilson, A. R. . (2017). t-Test, Independent Samples. In The SAGE Encyclopedia of Communication Research Methods. SAGE Publications, Inc. https://doi.org/10.4135/9781483381411.n636

Wilujeng, I. (2016). Pengintegrasian Potensi Lokal dalam Pembelajaran IPA Alternatif Peningkatan Daya Saing Global. Prosiding Seminar Nasional IPA VII, 680–688.

Downloads

Published

2023-12-29

How to Cite

Ningrum, T. Y. S., Habibi, H., & Azizah, L. F. (2023). Learning Cycle 7E Terintegrasi Potensi Lokal Ekosistem Mangrove Untuk Meningkatkan Berpikir Kritis Peserta Didik: (Learning Cycle 7E integrates the local potential of mangrove ecosystem to improve students’ critical thinking) . BIODIK, 9(4), 68-79. https://doi.org/10.22437/biodik.v9i4.20538