Peningkatan Hasil Belajar Biologi Siswa dengan Model STAD Pada Konsep Jaringan Tumbuhan

(Improving Students' Biology Learning Outcomes with the STAD Model on the Concept of Plant Tissue)

Authors

  • Rahmi Fitri Yusri Universitas Sumatera Utara
  • Siti Nurhalijah Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Pricillia Humaira Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Putri Fatmaya Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Suci Novany Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Annisa Purba Universitas Islam Negeri Sumatera Utara

DOI:

https://doi.org/10.22437/biodik.v9i2.19807

Abstract

In a teaching and learning process, apart from the teacher, there are two very important elements, namely teaching methods and learning media. Learning has several models or learning approaches, one of which is cooperative learning. Cooperative learning is a learning approach that focuses on using small groups of students to work together and maximize learning conditions to achieve learning objectives. Student teams achievement division (STAD) learning is a type of cooperative learning that emphasizes interaction between students to motivate each other and help each other in mastering the material and achieving maximum achievement. This study aims to determine the improvement of students' biology learning outcomes with the stad type cooperative learning model on the concept of plant tissue. This research method is literature review. Literature review is a literature search and research by reading various books, journals, and other publications related to the research topic, to produce an article related to a particular topic. Based on the above discussion, it is concluded that the use of the STAD type cooperative learning model has a significant effect on improving student biology learning outcomes on the concept of plant tissue.

Key words: Education, Learning, Cooperative, and STAD

 

ABSTRAK

Proses belajar mengajar, selain guru ada dua unsur yang amat penting yaitu metode mengajar dan media pembelajaran. Pembelajaran memiliki beberapa model atau pendekatan pembelajaran, salah satunya adalah pembelajaran kooperatif. Pembelajaran kooperatif merupakan suatu pendekatan pembelajaran yang berfokus pada penggunaan kelompok kecil siswa untuk bekerja sama dan memaksimalkan kondisi belajar untuk mencapai tujuan belajar. Pembelajaran student teams achievement division (STAD) merupakan salah satu tipe pembelajaran kooperatif yang menekankan interaksi diantara siswa untuk saling memotivasi dan saling membantu dalam menguasai materi dan mencapai prestasi secara maksimal. Penelitian kali ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar biologi siswa dengan model pembelajaran kooperatif tipe stad pada konsep jaringan tumbuhan. Metode penelitian ini adalah literature review. Literature review  adalah suatu penelusuran dan penelitian kepustakaan dengan membaca  berbagai buku, jurnal, dan terbitan-terbitan lain yang berikaitan dengan  topik penelitian, untuk menghasilkan suatu tulisan yang berkenaan  dengan suatu topik tertentu. Berdasarkan pembahasan diatas, disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe STAD berpengaruh signifikan terhadap peningkatan hasil belajar biologi siswa pada konsep jaringan tumbuhan.

Kata kunci: Pendidikan, Pembelajaran, Koopertaif, STAD

Downloads

Download data is not yet available.

References

Kunandar. (2007). Guru Profesional : Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) dan Sukses dalam Sertifikasi Guru. Jakarta : Rajagrafindo Persada.

Marzali, A. (2016). Menulis Kajian Literatur: Jurnal Etnosia, 1(2): 27-36.

Nawawi, M., dan Jumriani, S. (2022). Pengaruh Penggunaan Media Pengajaran Visual Pada Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Terhadap Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Kelas XI SMA; Journal of Biology Education, 4(1): 13-23.

Nurhayati dan Sappe, W,L. (2012). Strategi Belajar Mengajar. Jurusan Biologi FMIPA UNM. Makassar.

Purwanto. (2009). Evaluasi Hasil Belajar, Yogyakarta. Pustaka Pelajar.

Riyadi, N., Meti, I., dan Bowo, S. (2015). Peningkatan Hasil Belajar Biologi dengan Penerapan Model Kooperatif Tipe STAD pada Siswa Kelas X-F SMA Negeri 1 Tangen Sragen Tahun Pelajaran 2013/2014. Surakarta. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret.

Rusman. (2018). Model-model Pembelajaran. Depok: Raja Grafimdo Persada.

Rustaman, N & Rustaman A. (2001) Keterampilan Bertanya dalam Pembelajaran IPA. Dalam Hand Out Bahan Pelatihan Guru-guru IPA SLTP Se Kota Bandung di PPG IPA. Depdiknas.

Sanjaya, Wina. (2012). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan.Jakarta: Kencana.

Sari, Y. (2019). Meningkatkan Hasil Belajar Biologi dengan menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievent Divisions (STAD) di Sekolah Menengah Atas Negeri 7 Batang Hari. Jambi. Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddin.

Slavin, Robert E. (2015). Cooperative Learning. Bandung. Nusa Media.

Soewarso. (1998). Menggunakan stretegi Komperatif Learning di dalam pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial: Edukasi.

Yulistyawati, E. (2014). Peningkatan Hasil Belajar Biologi Siswa dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD pada Konsep Jaringan Tumbuhan. Jakarta. Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah.

Zanuar. (2010). Simetri Lipat dan Simetri Putar. Tersedia di http://forum.upi.edu/. Diunduh pada tanggal 20 Meit 2014 pukul 13.00.

Downloads

Published

2023-08-23

How to Cite

Fitri Yusri, R., Siti Nurhalijah, S. N., Pricillia Humaira, P. H., Putri Fatmaya, P. F., Suci Novany, S. N., & Annisa Purba, A. P. (2023). Peningkatan Hasil Belajar Biologi Siswa dengan Model STAD Pada Konsep Jaringan Tumbuhan: (Improving Students’ Biology Learning Outcomes with the STAD Model on the Concept of Plant Tissue). BIODIK, 9(2), 35-41. https://doi.org/10.22437/biodik.v9i2.19807

Issue

Section

Articles