Penerapan PBL (Problem Based Learning) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Sistem Pernapasan Di SMAN Imelda Medan

(Application Of The PBL (Problem Based Learning) To Improve Student Learning Outcomes On The Respiratory System Material At Imelda Private High School Medan)

Authors

  • Armita Ningsih Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Dwi Sekar Andini Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Nur Aisyah Pulungan Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Syifa Ramadhani Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Rohani Universitas Islam Negeri Sumatera Utara

DOI:

https://doi.org/10.22437/biodik.v9i2.19717

Abstract

The problem-based learning model is based on a constructivist paradigm, which is very student-centred and focuses on the student learning process (student centered learning). It is expected that student learning outcomes can be improved by using the PBL (Problem Based Learning) model. This research is a study of classroom behaviour. This research was conducted in the 2022/2023 academic year in class XI of SMA Swasta MIPA Imelda Medan. The research subjects were 38 students of class XI MIPA, 29 females and 9 males. Based on the results of two cycles of classroom behaviour research, the quality of the learning process and student learning outcomes can be improved by using the PBL model on respiratory system material. This model can also be trialled on other materials to see its significance.

Key words: PBL Model, Learning Outcomes, and Respiratory System.

 

ABSTRAK

Model pembelajaran berbasis masalah berdasarkan paradigma konstruktivis, yang sangat berpusat pada siswa dan menitikberatkan pada proses belajar siswa (student centered learning). Diharapkan hasil belajar siswa dapat ditingkatkan dengan menggunakan model PBL (Problem Based Learning). Penelitian ini merupakan studi tentang perilaku kelas. Penelitian ini dilaksanakan pada tahun ajaran 2022/2023 di kelas XI SMA Swasta MIPA Imelda Medan. Subjek penelitian adalah 38 siswa kelas XI MIPA, 29  wanita dan 9 pria. Berdasarkan hasil penelitian perilaku kelas dua siklus, kualitas proses belajar dan hasil belajar siswa dapat ditingkatkan dengan menggunakan model PBL pada materi sistem pernapasan. Model ini dapat pula diujicobakan pada materi lain untuk melihat signifikansinya.

Kata kunci:  Model PBL, Hasil belajar, dan Sistem Pernapasan

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdurrohman, M. (2003).Pendidikan Anak Berkesulitan Belajar. Bandung: Sinar Baru.

Akcay, B. (2009). Problem-Based Learning in Science Education.Journal of Turkish Science Education, 6 (1), 26-36.

Aunurrahman.(2009). Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Azwar, S. (2007).Metode Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Buku.

BSNP.(2006). Petunjuk Teknis Pengembangan Silabus dan Contoh/Model Silabus SMA/MA. Jakarta: Depdiknas.

Dahar, R. W. (2011). Teori Teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Erlangga.

Dialog Socrates (DS) Terhadap Hasil Belajar Ditinjau Dari Kemampuan Memecahkan Masalah Kelas X. Jurnal Pendidikan Biologi, Volume 8, Nomor 2, Februari 2017. Hal: 45-51.

Harapit, S. (2018). Peranan problem based learning (pbl) terhadap kemampuan pemecahan masalah dan motivasi belajar peserta didik. Jurnal Pendidikan Tambusai, 2(2), 912-917.

Hariatik, Suciati, Sugiyarto. (2017). Pembelajaran Biologi Model Problem Based Learning (PBL) Disertai

Learning (PBL) pada Pembelajaran Biologi di SMA Negeri 14 Palembang.Jurnal PBL.

Nur, M. (2011).Model Pembelajaran Berdasarkan Masalah. Surabaya: Pusat Sains dan Matematika Sekolah Unesa.

Rustaman, N. (2005). Strategi Belajar Mengajar Biologi. Malang: Universitas Negeri Malang.

Sagala, S. (2011).Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Subyantoro.(2017). Penelitian Tindakan Kelas. Semarang: Farishma Indonesia.

Trianto.(2010). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Kencana.

Wena, M. (2009).Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer: Suatu Tinjauan Konseptual Operasional. Jakarta: Bumi Aksara.

Winataputra, U. S. (2008). Teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Universitas Terbuka.

Wrahatnolo, T. (2018). 21st centuries skill implication on educational system. In IOP Conference Series: Materials Science and Engineering (Vol. 296, No. 1, p. 012036). IOP Publishing.

Wulandari, R., D.J.Santri, dan D. Zen. (2014). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based

Downloads

Published

2023-08-23

How to Cite

Armita Ningsih, A. N., Andini, D. S. ., Nur Aisyah Pulungan, N. A. P., Ramadhani, S., & Rohani, R. (2023). Penerapan PBL (Problem Based Learning) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Sistem Pernapasan Di SMAN Imelda Medan: (Application Of The PBL (Problem Based Learning) To Improve Student Learning Outcomes On The Respiratory System Material At Imelda Private High School Medan). BIODIK, 9(2), 1-4. https://doi.org/10.22437/biodik.v9i2.19717

Issue

Section

Articles