Proses Pembelajaran Biologi Kelas XI Sekolah Menengah Atas Negeri 3 Kerinci

(BIology Learning Process Class XI State Senior High School 3 Kerinci)

Authors

  • Nanang Nofriadi UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi
  • Abd. Rohim UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi

DOI:

https://doi.org/10.22437/bio.v8i2.17728

Abstract

The ineffectiveness of the learning process is part of the problems experienced by the world of education, to optimize it so that it is in accordance with the goals set, the government has set a standard process contained in the Minister of National Education Regulation No. 41 of 2007. This study aims to see the quality of biology learning in class XI high school ( SMA) Negeri 3 Kerinci consists of a Learning Process Plan (RPP), implementation and assessment of learning achievement. Methods The research uses a mixed method that combines quantitative and qualitative approaches. Data were taken by means of observation, interviews, documentation, IPKG 2008. The data analysis technique used was triangulation. The results of the study revealed that the Assessment of the Biology Learning Process Plan (RPP) Class XI SMA Negeri 3 Kerinci according to the 2008 GPA regarding the Learning Process Plan (RPP) reached a score of 3 (50 - 75 % implemented) in the Good category (76 - 90). Assessment of the Biology learning implementation process for Class XI SMA Negeri 3 Kerinci according to the 2008 GPA regarding the Implementation of the Learning Process In class XI A2 it was 2.82 (25-50% accomplished) in the Enough category (61 - 75). While the value of Learning Implementation in Class XI A4 is 2.71 (25-50% accomplished) in the Enough category (50 - 75). -50% done) with category Enough (61 - 75).

Key words: Learning, Biology, SMA

Abstrak

Kurang efektifnya proses belajar bagian dari persoalan yang dialami dunia pendidikan, untuk mengoptimalkan agar hal tersebut sesuai dengan tujuan yang ditetapkan, pemerintah telah menetapkan standar proses yang dimuat dalam Permendiknas No 41 tahun 2007. Penelitian ini bertujuan melihat kualitas pembelajaran Biologi kelas XI Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 3 Kerinci terdiri dari  Rencana Proses Pembelajaran (RPP), Pelaksanaan serta penilaian prestasi belajar. Metode Penelitian menggunakan mixed method yang menggabungkan pendekatan secara kuantitatif dan kualitatif. Data diambil dengan cara observasi, interview, dokumenasi, IPKG Tahun 2008. Teknik analisis data yang dipakai yaitu secara triangulasi. Hasil dari penelitian diketahui bahwa Penilaian Rencana Proses Pembelajaran (RPP) biologi Kelas XI SMA Negeri 3 Kerinci menurut IPKG tahun 2008 tentang  rencana Proses Pembelajaran (RPP) mencapai  nilai 3 (50 - 75 % terlaksana) dengan kategori Baik (76-90). Penilaian Proses Pelaksanaan pembelajaran Biologi Kelas XI SMA Negeri 3 Kerinci menurut IPKG tahun 2008 tentang Pelaksanaan Proses pembelajaran Pada kelas XI A2 adalah 2,82 (25-50% terlaksana) dengan kategori Cukup (61 - 75). Sedangkan nilai Pelaksanaan Pembelajaran di Kelas XI A4 adalah 2,71 (25-50 % terlaksana) dengan kategori Cukup (50 - 75)  Penilaian proses pembelajaran (evaluasi) biologi Kelas XI SMA Negeri 3 Kerinci menurut IPKG tahun 2008 tentang 2,90 (25-50% terlaksana) dengan kategori Cukup (61 - 75). 

Kata kunci: Pembelajaran, Biologi, SMA

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdullah. R. 2012. Pembelajaran Berbasis Pemamfaatan Sumber Belajar. Diktatika. Vol.1.

Ahmad, Z., Aquami, A., & Saiful, A. (2021). Evaluasi Pendidikan.

Faturrahman, M. 2017. Belajar dan Pembelajaran Modern. Yogyakarta : Diandra Kreatif.

Fitrianti, L. (2018). Prinsip kontinuitas dalam evaluasi proses pembelajaran. Al-Ishlah: Jurnal Pendidikan, 10(1), 89-102.

Kunandar. 2007. Guru Profesional Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) Dan Persiapan Menghadapi Sertifikasi Guru. Jakarta: Raja Grafindo.

Magdalena, I., Fauzi, H. N., & Putri, R. (2020). Pentingnya Evaluasi Dalam Pembelajaran Dan Akibat Memanipulasinya. BINTANG, 2(2), 244-257.

Maleong, L. 2006. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya

Penilaian Kinerja Guru. 2008. Direktorat Tenaga Kependikan. Departemen Pendidikan Nasioanl.. http//guru.org/uploads/file/instrument/ipkg 1.pdf di Akses Pada Tanggal 10 September 2012.

Riadi, A. (2017). Problematika sistem evaluasi pembelajaran. ITTIHAD, 15(27).

Rusmono. 2017. Strategi Pembelajaran dengan Problem Based Learning itu Perlu: untuk meningkatkan profesionalitas guru. Bogor : Penerbit Ghalia Indonesia

Sugyono. 2014. Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods), Edisi ke- 5. Bandung: Alfabeta.

Undang-Undang RI, 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional (SISDIKNAS ). Jakarta: Fokus Media

Downloads

Published

2022-06-13

How to Cite

Nofriadi, N., & Rohim, A. (2022). Proses Pembelajaran Biologi Kelas XI Sekolah Menengah Atas Negeri 3 Kerinci: (BIology Learning Process Class XI State Senior High School 3 Kerinci). BIODIK, 8(2), 103-111. https://doi.org/10.22437/bio.v8i2.17728

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)