Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning dipadukan Model Peer Tutoring Terhadap Hasil Belajar Biologi Peserta Didik

(The Effect of Discovery Learning Model Integrated With The Peer Tutoring Model on Student Biology Learning Outcomes)

Authors

  • Marlin Makdalena Lalin STKIP Gotong Royong Masohi-Maluku Tengah
  • Umar Namakule STKIP Gotong Royong Masohi-Maluku Tengah
  • Sovian S Elly STKIP Gotong Royong Masohi-Maluku Tengah

DOI:

https://doi.org/10.22437/bio.v7i3.13543

Abstract

Based on observations from a biology teacher at SMA Negeri 17 Central Maluku. The data obtained that the results of learning biology are still partly below the average, based on the results of observations it turns out that teaching and learning activities look boring and most students do not pay attention to the teacher's explanation and are cool to talk with their classmates. The purpose of this study was to determine the effect of discovery learning learning models combined with peer tutoring methods on student learning outcomes in class XI SMA Negeri 17 Maluku Tengah. This research is a quasi-experimental research. The sample in this study amounted to 52 students consisting of 26 students in class XI1 as the experimental class and 26 students in class XI3 as the control class. The results of the study show that there is an influence of the discovery learning model combined with the peer tutoring method on student learning outcomes at SMA Negeri 17 Maluku Tengah.

Abstrak. Berdasarkan hasil observasi dari salah seorang guru biologi di SMA Negeri 17 Maluku Tengah. Diperoleh data bahwa hasil belajar biologi yaitu masih sebagian dibawah rata-rata, berdasarkan hasil observasi ternyata kegiatan belajar mengajar terlihat membosankan dan sebagaian besar siswa tidak memperhatikan penjelasanan guru serta asik berbincang-bincang dengan teman sebangkunya. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran discovery  Learning dipadukan metode peer tutoring terhadap hasil belajar siswa kelas XI SMA Negeri 17 Maluku Tengah. Penelitian yang dilakukan merupakan penelitian eksperimen semu. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 52 siswa yang terdiri dari 26 siswa kelas XI1  sebagai kelas eksperimen dan 26 siswa kelas XI3  sebagai kelas kontrol. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat pengaruh model discovery Learning dipadukan metode peer tutoring terhadap hasil belajar siswa di SMA Negeri 17 Maluku Tengah.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arikunto, Suharsimi. (2018). Dasar-dasar evaluasi pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Agung Wicaksono, (2013). Persepsi Siswa Terhadap Penggunaaan Metode Tutor Sebaya Dalam Pembelajaran Seni Musik Di SMP Negeri 1 Larangan Brebes. Semarang : Universitas Negeri Semarang.

A.M. Sardiman. (2005). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta : Raja Grafindo Persada.

Abdulah , Sani. (2013). Inovasi Pembelajaran. Jakarta : Bumi Aksara.

Budiningsih, Asri. (2005). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Blog Pendidikan Biologi. (2009). Ranah Penelitian Kognitif, Afektif, dan Psikomotor.

Depediknas, (2003). UU No.20 tahun 2003, tentang Sistem Pendidikan Nasional, Jakarta:Depdiknas.

Djamarah & Zain. (2006). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta:Rineka Cipta.

Depaz , I. & Moni, R.W. (2008). Using Peer Teaching to Support Co-operative Learning in Undergraduate Pharmocology. Retrived From www.bioscience.headacademy.ac.uk/journal/vol 11/beej-11-

Enggar, Mawarni. dkk.(2014). Penereapan Peer Tutoring Dilengkapi Animasi Macromedia Flash Dan Handout Untuk Meningkatkan Motivasi Berprestasi Dan Prestasi Belajar Siswa Kelas XI IPA 4 SMAN 6 Surakarta.

Herianto, Dedi. (2010). Efektifitas Model Pembelajaran Tutor Sebaya Terhadap Hasil Belajar Siswa dalam Belajar Microsoft Excel di Kelas VIII SMP Dua Mei Banjaran.

Hosnan. (2014). Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21. Bogor : Ghalia Indonesia.

Isjoni. (2014). Cooperative Learning mengembangkan kemampuan belajar berkrlompok. Bandung: Alfabeta. Ibrahim

Kurniasi, Sani. (2014). “Strategi-strategi pembelajaran†Alfabeta: Bandung : 64.

Kurniasih dan Sani, (2014). Implementasi Kurikulum 2013 Konsep & Penerapan. Surabaya : Kata Pena.

Nana Sudjana. (2005). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar, Bandung: PT. Remaja Rosdikarya.

Nana Sudjana (2010). Dasar-dasa Proses Belajar, Sinar Baru Bandung Cerdas Berhitung BSE-Nor Fajriyah, Defi Triratnawati (2010:149) Gemar Belajar Marematika, Buchori Jumadi (2011:114).

Pusat Bahasa Departemen Pendidikan Nasional, Kamus Bahasa Indonesia, Tim Perumus, Jakarta, (2008) : 150.

Suciati, dkk. (2007). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta:Unversitas Terbuka.

Suratinah Tirtonegoro. (2001). Penelitian Hasil Belajar Mengajar. Surabaya:Usaha Nasional.

Syaful Bahri Djamarah. (1996). Startegi Belajar Mengajar, (Jakarta: Rineka Cipta).

Suprihatiningrum , jamil.(2013). Strategi Pembelajaran Teori dan Aplikasi. AR-Ruzz Media. Yogyakarta.

Talakua,C., & Sesca Elly,S (2020). Pengaruh Penggunaan MediaPembelajaran Biologi Berbasis Mobile Learning terhadap minat dan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa SMA Kota Masohi. Biodik, 6 (1), 46-57.

Trianto. (2013). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif, Progresif, Konsep, Landasan, dan Implementasinya Pada Kurikulum Tingkat satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta : Kencana Prenada Media Group.

Widoyoko Eko (2009). Evaluasi Program Pembelajaran. Pustaka Pelajar.

Wenno, I. H. (2008). Startegi Belajar-Mengajar SAINS berbasis kontekstual. Yogyakarta : inti media.

Wenno, I. H. (2010). Design Penelitian Pendidikan dan Teknik Analisis Data. Yogyakarta: Grafika Indah.

Downloads

Published

2021-09-26 — Updated on 2021-09-26

Versions

How to Cite

Lalin, M. M., Namakule, U., & Elly, S. S. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning dipadukan Model Peer Tutoring Terhadap Hasil Belajar Biologi Peserta Didik: (The Effect of Discovery Learning Model Integrated With The Peer Tutoring Model on Student Biology Learning Outcomes). BIODIK, 7(3), 73-83. https://doi.org/10.22437/bio.v7i3.13543