Pembelajaran Process Oriented Guided Inquiry Learning (POGIL) diintegrasikan Discovery Learning untuk meningkatkan kemampuan berpikir analisis peserta didik

(Process Oriented Guided Inquiry Learning (POGIL) integrated with Discovery Learning to improve students' analytical thinking skills)

Authors

  • Calvin Talakua STKIP Gotong Royong Masohi-Maluku Tengah
  • Marlen Sahureka STKIP Gotong Royong Masohi-Maluku Tengah

DOI:

https://doi.org/10.22437/bio.v7i2.13056

Abstract

This research was conducted based on the results of initial observations through interviews with Biology subject teachers for class X at Trana Christian High School, it was found that the implementation of the 2013 curriculum in schools had not been going well, because teachers often used lecture methods, and discussions in the learning process . This affects the analytical thinking ability of students. The purpose of this study was to determine the analytical thinking ability of students of class X MIA Christian High School Trana through Process Oriented Guided Inquiry Learning (POGIL) and Discovery Learning on the Classification of Living Things. This type of research is descriptive qualitative research, with the research subjects are all students of class X MIA Christian High School Trana, totaling 23 people. Data collection techniques used in this study were observation sheets, tests, questionnaires, and documentation.The results showed that the analytical thinking skills of 23 students of class X MIA Christian High School Trana through the integration of POGIL learning and Discovery Learning obtained an average total score presentation of 80% of students in the good category, and 20% in the fairly good category.

Abstrak. Penelitian ini dilakukan berdasarkan hasil observasi awal melalui wawancara dengan guru mata pelajaran Biologi kelas X di SMA Kristen Trana diketahui bahwa, penerapan kurikulum 2013 di sekolah belum berjalan dengan baik, dikarenakan guru sering menggunakan metode ceramah, dan diskusi dalam proses pembelajaran. Hal ini berpengaruh pada kemampuan berpikir analisis  peserta didik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan berpikir analisis peserta didik kelas X MIA SMA Kristen Trana melalui pembelajaran Process Oriented Guided Inquiry Learning (POGIL) dan Discovery Learning pada materi Klasifikasi Makhluk Hidup. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualititatif, dengan subjek penelitian adalah seluruh  peserta didik kelas X MIA SMA Kristen Trana yang berjumlah 23 orang. Teknik pengumpulan  data yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi, tes, penyebaran angket, dan dokumentasi. Hasil Penelitian menunjukan bahwa kemampuan berpikir analisis dari 23 peserta didik kelas X MIA SMA Kristen Trana melalui integrasi pembelajaran POGIL dan Discovery Learning memperoleh rata-rata presentasi  skor total peserta didik 80% dengan kategori baik,  dan 20% berada pada kategori cukup baik.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Barthlow, M. J. 2015. The Effectiveness of Process Oriented Guided Inquiry Learning to Reduce Alternate Conceptions in Secondary Chemistry. (Disertasi) Liberty University.

Budiningsih (2015), Model Discovery LearningJakarta : Pustaka mandiri

De Gale,S., L.N. Boisselle.2015.The Effect of POGIL on Academic Performance anda Academic Confidence. The University of the West Indies. Science Education International. Vol 26, Issue I, 56-

Hamdayana, J. 2016. Model dan Metode Pembelajaran Kreatif dan Berkarakter. Ghalia Indonesia, Bogor.

Hanson, D. 2016. Instructor’s guide to processoriented-guided-inquiry learning. Lisle IL, Pacific Crest.

http : // Journal.Linnes.ac.id/sju/index.php/chemined.

Hanson, D. 2016. Instructor’s guide to processoriented-guided-inquiry learning. Lisle IL, Pacific Crest.

Kadri, Muhammad dan Rahmawati, Meika. (2015). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Pokok Suhu danKalor. Jurnal Ikatan Alumni Fisika Universitas Negeri Medan, 1 (1), 24611247

Kemendikbud.2016 Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan tentang Implementasi kurikulum.

Maharani. Y.B & hardini , I. I. A.2018 Penerapan Model Pembelajaran Discovery berbantuan benda konkret untuk meningkatkan hasil belajar IPA jurnal mitra pendidikan, 1 ( 5 ), 245-561

Maulidiawati, Soprodjo.2014.Keektifan Pembelajaran Kooperatif dengan Process Oriented Guided Inquiry pada hasil Belajar.Chemisy in Education 3 (2)

Moog, R. S. & Spencer N.J. 2015. In Process Oriented Guided Inquiry Learning (POGIL). ACS Symposium Series. American Chemical Society, Washington DC.

Mulyasa. 2013. Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.

Normaya, K. 2015. Kemampuan Berpikir Kritis dalam Pembelajaran Matematika dengan Menggunakan Model JUCAMA di Sekolah Menengah Pertama. Edu-Mat Jurnal Pendidikan Matematika. 3(1), 92—104. Retrieved from http://ppjp.unlam.ac.id/journal/index.php/edumat/article/view/634/542.

Sen,S.Yilmaz,A. 2015.The Effcts of Process Oriented Guided Inquiry Enviroment on student,Self Regulated Learning Skills.Problems of Education in the 21st Century.Volume 66

Sani . 2017. Pembelajaran Saintifik untuk Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta : PT Bumi Aksara.

Taufina. 2017.Sumber Belajar Penunjang PLPG 2017. Jakarta : Kementrian Pendidikan Dan Kebudayaan Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan

Taslim . 2016 Konsep dan Implementasi Kurikulum di Sekolah Dasar (Yogyakarta argSakarsa).

Widiawati, Ika. 2018. Upaya Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Siswa Melalui Strategi Pembelajaran POGIL pada Materi Laju Reaksi Di Kelas XI SMA Negeri 36 Jakarta (Skripsi). Universitas Negeri Jakarta, Jakarta.

Yuliati, L. (2013). Efektivitas Bahan Ajar IPA Terpadu terhadap Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa SMP. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, 9(1), 55—57. DOI: http://dx.doi.org/10.15294/jpfi.v9i1.2580.

Downloads

Published

2021-06-15 — Updated on 2020-06-15

Versions

How to Cite

Talakua, C., & Sahureka, M. . (2020). Pembelajaran Process Oriented Guided Inquiry Learning (POGIL) diintegrasikan Discovery Learning untuk meningkatkan kemampuan berpikir analisis peserta didik: (Process Oriented Guided Inquiry Learning (POGIL) integrated with Discovery Learning to improve students’ analytical thinking skills). BIODIK, 7(2), 196-204. https://doi.org/10.22437/bio.v7i2.13056 (Original work published June 15, 2021)

Issue

Section

Articles