Rekonstruksi Desain Kegiatan Laboratorium Berbasis ANCORB Pada Materi Hereditas

(Reconstruction Of ANCORB-Based Laboratory Activities Design on Heredity Materials)

Authors

  • Ari Kusnandar Maulana Universitas Pendidikan Indonesia
  • Bambang Supriatno Supriatno Universitas Pendidikan Indonesia
  • Sri Anggraeni Anggraeni Universitas Pendidikan Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.22437/bio.v7i2.12961

Abstract

Experiment method is suitable learning method for biology’s learning. Experiment method requires a guide in the form of student worksheets, so the experiment method can be implemented and in accordance with the objectives of learning. This research seeks to (1) obtain an overview concerning the suitability of practicum objectives stated in DKL with the basic competences stated in the curriculum, (2) obtain an overview concerning the suitability of practicum objectives with steps in DKL, (3) obtain an overview concerning the practicum objectives, concepts/principles, in DKL, (4) find out whether the steps in DKL guide students to perform knowledge construction. This research implemented descriptive qualitative method with ANCORB stages, consisting of (1) Analysis, (2) Trial, and (3) Reconstruction. The analysis was carried out by paying attention to conceptual, practical, and knowledge construction aspects. The research object consisted of 8 LKPDs on genetics buttons practicum sourced from various books made by teachers, selected through purposive sampling. The research results revealed that those LKPDs are not feasible to use, do not meet the ideal score, and do not meet the criteria stated on diagram fee.

Abstrak. Metode praktikum merupakan metode belajar yang sangat tepat untuk pembelajaran biologi. Dalam praktikum biologi diperlukan panduan berupa lembar kerja peserta didik agar praktikum dapat dilaksanakan dan sesuai dengan tujuan pembelajaran Tujuan dari penelitian ini adalah (1) memperoleh gambaran mengenai kesesuaian tujuan praktikum yang terdapat pada DKL dengan kompetensi dasar pada kurikulum, (2) mengetahui gambaran kesesuaian antara tujuan praktikum dengan langkah-langkah pada DKL, (3) mengetahui gambaran mengenai tujuan praktikum prinsip/konsep pada DKL, (4) untuk mengetahui apakah langkah-langkah pada DKL sudah dapat mengarahkan siswa terhadap kontruksi pengetahuan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan tahapan ANCORB, yaitu (1) Analisis, (2) Uji Coba, (3) Rekontruksi.  Analisis dilakukan dengan memperhatikan 3 aspek, yaitu aspek konseptual, aspek praktikal dan aspek kontruksi pengetahuan. Objek penelitian menggunakan 8 LKPD mengenai praktikum kancing genetika yang berasal dari berbagai buku dan yang dibuat oleh guru disekolah yang dipilih secara purposive sampling. Berdasarkan hasil analisis yang telah dilakukan terhadap 8 LKPD belum layak digunakan dan tidak memenuhi skor ideal dan belum memenuhi kriteria pada diagram fee.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abidin, Y. (2016). Desain Sistem Pembelajaran Dalam Konteks Kurikulum 2013 (3rd ed.). Refika Aditama.

Aisya, N. S. M., Saefudin, Supriatno, B., & Anggraeni, S. (2016). Penerapan Diagram Vee dalam Model Pembelajaran Inquiry Lab dan Group Investigation untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Kuantitatif Siswa Kelas VII pada Materi Pencemaran Lingkungan Application of Vee Diagram Learning Strategy Through Inquiry Lab and Gro. Proceeding Biology Education Conference, 13(1), 112–117.

Anderson, L. W., & Krathwohl, D. R. (2015). Pembelajaran, Pengajaran, dan Asesmen (1st ed.). Pustaka Pelajar.

Astika, E., Anggraeni, S., & Supriatno, B. (2020). Analisis Komponen Penyusun Desain Kegiatan Laboratorium Enzim Katalase. Biodik, 6(3), 343–356. https://doi.org/10.22437/bio.v6i3.9469

Deratama, D., Sri Anggraeni, & Bambang Supriatno. (2020). Analisis Komponen Penyusun Lembar Kerja Siswa Biologi SMA Pada Praktikum Uji Enzim Katalase. Biodik, 6(3), 299–309. https://doi.org/10.22437/bio.v6i3.9513

Hergenhahn, B. ., & Olson, M. (2012). Theories of Learning (7th ed.). Kencana Prenada Media Grup.

Holstermann, N., Grube, D., & Bögeholz, S. (2010). Hands-on Activities and Their Influence on Students’ Interest. Research in Science Education, 40(5), 743–757. https://doi.org/10.1007/s11165-009-9142-0

King, F. J., Goodson, L., & Rohani, F. (2017). Assessment & Evaluation: Higher Order Thinking Skills. Center for Advancement of Learning and Assessment, 18, 176. http://www.cala.fsu.edu/files/higher_order_thinking_skills.pdf

Kurniasih, W., Sri Anggraeni, & Bambang Supriatno. (2020). Alternatif Lembar Kerja Peserta Didik Materi Osmosis Berbasis ANCORB. Biodik, 6(3), 266–276. https://doi.org/10.22437/bio.v6i3.9451

Millar, R. (2004). The role of practical work in the teaching and learning of science. October.

Muriani, A. S. (2017). Genetika Dengan Media Kancing Menggunakan Model Numbered Head Together ( NHT ) Improving Student Learning Activities in Genetic Materials with a Buttons Media Using Numbered Head Together ( NHT ) Model. Jurnal Inovasi Pendidikan Sains, 8(1), 13–26.

Nadia, N., Supriatno, B., & Anggraeni, S. (2020). Analisis dan Rekonstruksi Komponen Penyusun Lembar Kerja Peserta Didik Struktur dan Fungsi Jaringan Tumbuhan. Biodik, 6(2), 82–94. https://doi.org/10.22437/bio.v6i2.9439

Novak, J. D., & Gowin, D. B. (1984). Learning How To Learn (21st ed.). Cambrigde University Press.

Putri, A. F. (2016). Pengembangan Lembar Kerja Siswa (Lks) Sebagai Bahan Ajar Siswa Kelas X Jasa Boga Smk Muhammadiyah 1 Moyudan Proposal Skripsi. Universitas Negeri Yogyakarya.

Rustaman, N. Y. (2017). Mewujudkan Sistem Pembelajaran Sains/Biologi Berorientasi Pengembangan Literasi Peserta Didik. Jurnal Universitas Muhamadiyah Malang, April, 1–8.

Slameto. (2015). Belajar dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi. Rineka Cipta.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kualitatif,Kuantitaif, dan R&D. Alfabeta.

Supriatno, B. (2013). Pengembangan program perkuliahan pengembangan praktikum biologi sekolah berbasis ANCORB untuk mengembangkan kemampuan merancang dan mengembangkan desain kegiatan laboratorium (Doctoral dissertation). Universitas Pendidikan Indonesia.

Supriatno, B. (2018). Praktikum untuk Membangun Kompetensi. Proceeding Biology Education Conference, 15(1), 1–18.

Tawil, M., & Liliasari. (2013). Berpikir Kompleks. Badan Penerbit Universitas Makasar.

Wahidah, N. S., Supriatno, B., & Anggraeni, S. (2018). Analisis Struktur dan Kemunculan Tingkat Kognitif pada Desain Kegiatan Laboratorium Materi Fotosintesis. Indonesian Journal of Biology Education, 7260(2), 70–76.

Downloads

Published

2020-06-25

How to Cite

Kusnandar Maulana, A., Supriatno, B. S., & Anggraeni, S. A. (2020). Rekonstruksi Desain Kegiatan Laboratorium Berbasis ANCORB Pada Materi Hereditas: (Reconstruction Of ANCORB-Based Laboratory Activities Design on Heredity Materials). BIODIK, 7(2), 216-226. https://doi.org/10.22437/bio.v7i2.12961

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)