Pembinaan Olimpiade Matematika Bagi Peserta Didik SD Negeri 002 Samarinda Utara

Authors

  • Nurdin Arifin Program Studi PGSD, Universitas Widya Gama Mahakam Samarinda

DOI:

https://doi.org/10.22437/jkam.v4i1.9829

Abstract

Pembinaan olimpiade matematika bagi peserta didik Sekolah Dasar Negeri 002 Samarinda Utara yang dilaksanakan dalam upaya meningkatkan kemampuan peserta didik dalam menghadapi soal-soal olimpiade. Sekolah tersebut haruslah dipersiapkan bibit unggul sedini mungkin agar peserta didik siap ketika mendekati perlombaan olimpiade, bukannya belajar mendekati pelaksanaan olimpiade. Hal tersebut yang menjadikan pengabdi untuk melaksanakan kegiatan pembinaan olimpiade matematika. Pada proses pelaksanaan pembinaan olimpiade terdapat tiga tahap yakni tahap pretest¸perlakuan (treatment), dan post test. Metode yang digunakan pada tahap pembinaan yakni ceramah, diskusi, dan presentasi. Hasil yang diperoleh pada pembinaan olimpiade memberikan peningkatan nilai rata-rata skor pretest ke post test sebesar 38,85. Meningkatnya skor tersebut merupakan usaha yang dilakukan peserta didik dan menjadi indikator meningkatnya kemampuan peserta didik dalam memahami dam menyelesaikan soal-soal olimpiade yang diberikan, sehingga nantinya adanya calon jawara olimpiade matematika sejak sekolah dasar.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2020-06-30

How to Cite

Arifin, N. (2020). Pembinaan Olimpiade Matematika Bagi Peserta Didik SD Negeri 002 Samarinda Utara. Jurnal Karya Abdi Masyarakat, 4(1), 126-131. https://doi.org/10.22437/jkam.v4i1.9829

Most read articles by the same author(s)